alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Berhentilah Membenci Apapun
5 stars - based on 20 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c05edf7dbd770d0458b4567/berhentilah-membenci-apapun

Berhentilah Membenci Apapun

Berhentilah Membenci Apapun

Quote:


Menurut saya, tidak ada alasan untuk membenci sesuatu hari ini. Bahkan terhadap hal-hal yang menyimpang berat sekalipun. Mengapa? Karena kebencian yang saya ekspresikan tidak akan merubah apapun. Kebencian yang saya tanam, saya rasakan, atau bahkan saya ekspresikan hanya akan menyakiti hati saya. Ketika saya membenci seseorang, maka yang nampak pada orang tersebut hanyalah kejelekannya, keburukannya. Padahal, apakah semua tentang dia buruk?

Berhentilah Membenci Apapun

Kebencian, akan membuat saya bersikap tidak adil dan objektif kepada individu yang saya benci. Jika saya benci Jokowi, mungkin saya akan percaya bahwa dia adalah orang yang anti Islam, padahal tidak. Jokowi tidak pernah melarang umat Islam ibadah, Jokowi tidak membatasi jumlah kunjungan orang ke masjid. Dan seterusnya. Ketika saya benci Prabowo, mungkin saya akan percaya bahwa dia tidak bisa Sholat. Kenyataannya, apakah benar Prabowo tidak bisa sholat? Sholat itu domain Tuhan, bukan manusia. Apakah yang menuduh sudah bisa Sholat iru benar-benar bisa Sholat?

Inilah bahayanya kebencian. Logika dan nalar menjadi mati. Apa yang muncul? Ilmu pokoknya. Pokoknya yang dibenci itu salah, pokoknya yang dibenci itu tidak benar, pokoknya yang dibenci itu buruk. Hati isinya hanya mencari dan terus mencari keburukan. Dampak dan manfaatnya apa bagi diri sendiri? Pikiran negatif, dan manfaatnya tidak ada. Memangnya kebencian akan membuat orang yang dibenci berkurang nikmatnya? Tidak! Diri sendiri yang susah. Lha yang dibenci kok bahagia-bahagia saja!

Berhentilah Membenci Apapun

Ada lagi jenis kebencian lain, benci kepada tindakannya. Awalnya saya juga membenci kebiasaan maling dan korupsi. Tapi setelah saya mencoba memahami mengapa itu bisa terjadi, nampaknya saya harus berhenti untuk membenci mereka-mereka pelaku kejahatan, apapun bentuknya. Lho dasarnya apa? Dasarnya, "Bahwa semua yang terjadi di atas bumi ini adalah atas kehendak Tuhan. Tanpa izin Tuhan, apa pun, termasuk korupsi tidak akan terjadi."

Jika semua putih, bagaimana kita akan menilainya? Ada parameter baik, ya karena ada sesuatu yang buruk. Hari ini, dia yang mendapat peran dari Tuhan untuk berjalan di sisi hitam, sebagai pelaku koruptor. Namun, adakah yang bisa menjamin, kita akan bebas dari peran itu? Peran sebagai koruptor? Ingat, esensi korupsi itu kan mencuri. Pelakunya maling. Apakah kita tidak pernah mencuri apapun? Saya kira tidak ada orang yang tidak pernah mencuri. Hanya saja tidak dibuka saja sama Tuhan, jadi aman, tidak ter-ekspose ke publik.

Berhentilah Membenci Apapun

Yang paling aneh adalah kebencian kepada objek yang haram. Babi misalnya. Bagi saya makan babi itu haram karena ada larangannya. Tapi apakah saya harus membenci babi? Apakah salah kalau saya jalan beriringan dengan babi? Kan tidak. Toh babi juga ciptaan Tuhan kok. Masak interaksi dengan ciptaan Tuhan salah. Menjadi salah, kalau babi itu saya sembelih, lalu saya makan, itu yang tidak boleh.

Well, agak berat ya? Tapi cobalah untuk tidak membenci apapun di dunia ini, lalu rasakan bagaimana hidup mu setelah tidak membenci. Saya sudah mencoba, dan terus terang hidup menjadi lebih adem. Mau dihina dina, mau diapakan, silahkan. Mungkin itu yang membuat dia bahagia. Alhamdulillah, ternyata saya bisa menjadi faktor bahagia bagi orang lain. Dengan tidak membenci, saya bisa melihat dari banyak sudut pandang yang bermanfaat untuk mengambil keputusan yang harus diambil agar hidup lebih baik. Salam Damai.



Merdeka!

Sumber Referensi : sini, Pemikiran Sendiri
Sumber Gambar : sini, sini, sini, sini
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 10
benar om. ada waktu untuk kita "cuek" terhadap sesuatu
aku benci kalo lagi bokek....emoticon-sad
benci vs cinta sama2 masuk di pikiran dan hati, cuma beda sisi aja
emoticon-Leh Uga
Tapi ga benci korupsi bukan berarti maklum kan om ? emoticon-Big Grin
biar imbang, gmn kalo Berhentilah menyukai apapun!? emoticon-Embarrassment

rasa2nya ga salah2 bgt kok membenci sesuatu emoticon-Embarrassment

yg salah mungkin reaksi dari rasa benci itu emoticon-Embarrassment

misal benci sama sifat korup, kan bisa menjadikan pribadi yg ga korup emoticon-Embarrassment
kalo misal harus berhenti membenci korup, apa brarti harus menyukainya? emoticon-Embarrassment
bukannya menyukai korup malah lebih bahaya? emoticon-Embarrassment
atau berdiri di tengah2? emoticon-Embarrassment

mungkin bagusnya Berhentilah menjadi pembenci! emoticon-Embarrassment
Benci bikin hati ga tenang gan
Quote:

Bukan cuek, hanya mencoba memahami saja... emoticon-Big Grin
Quote:

Kerja om, biar ga bokek... emoticon-Big Grin
Quote:

Dan sisi iu kadang bersinggungan om... emoticon-Big Grin
Quote:

Tidak maklum om, tetap harus dipidana seberat-beratnya... emoticon-Big Grin
Quote:

Hehehehe... Tidak benci korupsi, bukan berarti harus korupsi om... emoticon-Big Grin Tapi mencoba melihat dari sisi yang agak berbeda tentang korupsi... emoticon-Big Grin
Quote:

Tulll... emoticon-Big Grin
Balasan post londo.046
Quote:


oke ponakan...emoticon-surprised
benci itu penyakit hati .. terlalu benci bisa jadi sakit hati

saia benci jombloh
bodo amat saya benci koruptor emoticon-Blue Guy Bata (L)
ane benci sama preman rass tukang parkir masa salah? secara kerja aja males"an. benci atau cinta itu dilihat dulu konteksnya seperti apa
benci jadi cinta
saia benci ama tukang cabul yg kabur ke arap nohh...
Salam damai
ntabs Gan... dapet 1 pelajaran lagi hari ini... emoticon-Shakehand2emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up
Diubah oleh efextiga
gk baik buat kesehatan hati.. emoticon-Malu
Quote:

Sakit itu ga enak... emoticon-Big Grin
Quote:

Ente bukannya jomblo juga om??? emoticon-Big Grin
Quote:

Jangan om, siapa tahu nanti jadi koruptor juga... emoticon-Big Grin
Quote:

Ya silahkan saja om... Kalau sudah bencj, parkirnya gratis ya??? emoticon-Big Grin
Quote:

Banyak kasus kayak gini... emoticon-Big Grin
Quote:

Dia bukan kabur om, cuma pindah domisili... emoticon-Big Grin
Quote:

Damai itu indah... emoticon-Big Grin
Quote:

Syukurlah... emoticon-Big Grin
Quote:

Setuju mba... emoticon-Big Grin
Quote:


amin emoticon-Nyepi
Berarti TS gak benci sama Waria atau LGBT dunk emoticon-Betty
Halaman 1 dari 10


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di