alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Bagaimana Cara Memperbaiki Magnetic Clutch AC Mobil Bermasalah?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c05e8efdcd770713f8b4567/bagaimana-cara-memperbaiki-magnetic-clutch-ac-mobil-bermasalah

Bagaimana Cara Memperbaiki Magnetic Clutch AC Mobil Bermasalah?

Bagaimana Cara Memperbaiki Magnetic Clutch AC Mobil Bermasalah?


Kebiasaan Buruk Pemilik Mobil yang Bisa Merusak Magnetic Clutch AC Mobil?
Segera Service Rutin Magnetic Clutch AC Mobil Bermasalah


Hai #SahabatRotary

Mobil memiliki sebuah rangkaian komponen yang memiliki fungsi untuk menyejukkan ruangan kabin kendaraan yang sering dikenal dengan AC mobil. Namun tak hanya sebagai penyejuk, AC mobil juga memiliki peranan dalam mengontrol temperatur, sirkulasi udara, kelembapan, dan bisa juga membersihkan udara.
AC mobil terdiri dari beberapa komponen yang terpisah menjadi beberapa kelompok yaitu komponen utama, komponen pendukung, dan komponen kelistrikan. Banyak sekali komponen yang terdapat pada setiap kelompok tersebut dan salah satunya adalah Magnetic Clutch yang termasuk dalam komponen pendukung.
Magnetic Clutch yang sering disebut dengan kopling kompresor memiliki fungsi untuk memutus dan menghubungkan kompresor dengan penggeraknya (putaran mesin).

Kebiasaan Buruk Pemilik Mobil yang Bisa Merusak Magnetic Clutch AC Mobil?
Sudah bukan rahasia lagi jika perawatan AC mobil sering sekali diabaikan karena pemilik mobil hanya berfokus pada bodi mobil agar selalu bersih dan mesin mobil yang memiliki performa bagus. Hal ini tentu saja merupakan kebiasaan yang salah karena AC mobil juga membutuhkan perhatian penuh agar bisa tetap berfungsi dengan baik sehingga kabin mobil tetap sejuk dan perjalanan menjadi lebih menyenangkan.
Namun kebiasaan buruk tersebut jarang sekali disadari sehingga ada saja masalah yang bisa terjadi pada komponen-komponen AC mobil, termasuk Magnetic Clutch. Ketika jarang sekali atau bahkan tidak melakukan service maka Magnetic Clutch bisa aus, berkarat, atau bahkan yang paling fatal adalah Magnetic Clutch rusak. Jika sudah begini maka bisa dipastikan AC mobil tidak akan berfungsi dengan baik.


Apa Saja Masalah yang Bisa Terjadi Pada Magnetic Clutch AC Mobil Karena Kebiasaan Buruk itu?
Masalah yang bisa terjadi pada Magnetic Clutch AC mobil karena kebiasaan buruk sangat beragam, salah satunya adalah AC mobil yang tiba-tiba menjadi tidak dingin. Masalah ini biasa terjadi jika Magnetic Clutch rusak yang membuat kompresor tidak berputar sehingga freon tidak akan terpompa ke seluruh sistem AC mobil.


Selain itu, masalah lain yang bisa timbul adalah AC mobil kadang panas dan kadang dingin. Jika keluhan tersebut yang terjadi maka bisa saja karena Magnetic Clutch memiliki kondisi yang lemah.
Tak hanya itu saja, masih ada dampak lain yang bisa terjadi yaitu adanya bunyi berisik pada AC mobil ketika menyala. Masalah ini bisa memiliki penyebab yang beragam namun salah satunya adalah karena Magnetic Clutch yang sudah berkarat.


Ada juga keluhan yang berupa AC mobil tetap terasa dingin namun diiringi dengan adanya suara kasar. Masalah ini bisa terjadi karena pada Magnetic Clutch terjadi pergesekan permukaan antara magnet pulley dengan pelat Center Piece yang salah satu permukaan dari komponen tersebut sudah tidak rata.

Segera Service Rutin Magnetic Clutch AC Mobil Bermasalah
Bisa diperhatikan jika Magnetic Clutch bisa memiliki berbagai dampak pada kebiasaan buruk yang dilakukan oleh pemilik mobil. Untuk menghindari terjadinya dampak tersebut, segera service rutin Magnetic Clutch AC mobil bermasalah agar tidak merusak komponen AC mobil yang lainnya.


Dengan membiasakan diri untuk melakukan service secara rutin maka kerusakan pada Magnetic Clutch atau komponen yang lainnya bisa segera diketahui sehingga kerusakan yang terjadi tidak bertambah parah dan biaya perbaikan yang dikeluarkan tidak bertambah banyak.


Itulah sedikit ulasan tentang bagaimana cara memperbaiki Magnetic Clutch AC mobil bermasalah.
Semoga bermanfaat.


Senang berbagi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di