alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Mahasiswa Unhan Harus Berkomitmen Wujudkan Pertahanan Negara Tangguh
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c05cdde54c07a4d7c8b4568/mahasiswa-unhan-harus-berkomitmen-wujudkan-pertahanan-negara-tangguh

Mahasiswa Unhan Harus Berkomitmen Wujudkan Pertahanan Negara Tangguh

Mahasiswa Unhan Harus Berkomitmen Wujudkan Pertahanan Negara Tangguh

JPP, BOGOR - Mahasiswa Universitas Pertahanan (UNHAN) Indonesia sebagai kader-kader pemimpin sekaligus sebagai pemikir strategis pertahanan negara di masa mendatang diharapkan dapat memahami secara jelas hakekat ancaman, strategi diplomasi pertahanan, dan pentingnya penanaman kesadaran bela negara.

Selain itu, mahasiswa UNHAN juga perlu memahami kebijakan tata kelola pertahanan negara yang efektif dan profesional untuk menghindari timbulnya perbedaan persepsi.

Demikian disampaikan Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu saat memberikan pembekalan kepada mahasiswa UNHAN Indonesia di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (3/12/2018).

Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat, yaitu “Kebijakan Diplomasi Pertahanan Negara Sebagai Bagian Integral dari Strategi Pertahanan Negara dalam Menghadapi Ancaman Terhadap Keutuhan NKRI”.

Dihadapan 240 mahasiswa UNHAN Indonesia, Menhan Ryamizard juga berharap pembekalan ini dapat memperbesar kesamaan pandang serta membangkitkan pemikiran dan komitmen bersama dalam mewujudkan pertahanan negara yang tangguh.

Salah satu implementasi konkret pendekatan soft power Menhan Ryamizard dalam mendukung strategi pertahanan negara adalah melalui pendekatan diplomasi pertahanan negara yang ditujukan untuk mewujudkan kawasan dan dunia yang aman, damai, dan sejahtera.

"Dalam konteks strategi diplomasi pertahanan, Kemhan mengadopsi pendekatan diplomasi pertahanan empat poros, yaitu dengan menjaga kesimbangan hubungan dengan Amerika Serikat, Rusia, Tiongkok, dan ASEAN," jelasnya.

Hubungan tersebut, kata Menhan Ryamizard, sangat strategis mengingat semakin tingginya kesamaan cara pandang di dalam upaya untuk mewujudkan kepentingan nasional masing-masing negara ditengah kompleksitas dinamika lingkungan strategis kawasan yang semakin berkembang.

Lebih lanjut Menhan Ryamizard mengatakan bahwa Indonesia juga memandang perlunya negara-negara dari seluruh kawasan di belahan dunia manapun untuk bersama-sama membesarkan persamaan dan juga bersama-sama mengecilkan perbedaan yang selama ini dapat mengganggu hubungan persaudaraan.

"Sehingga hal ini akan lebih memperkuat persatuan dan kerja sama antarnegara dan antarkawasan demi mewujudkan cita-cita mulia bersama untuk membangun dunia yang lebih aman, damai, dan sejahtera," tandasnya. (han)


Sumber : https://jpp.go.id/polkam/hankam/3280...negara-tangguh

---

Kumpulan Berita Terkait POLKAM :

- Mahasiswa Unhan Harus Berkomitmen Wujudkan Pertahanan Negara Tangguh Menko Polhukam: Persatuan Kunci Memenangkan Persaingan Global

- Mahasiswa Unhan Harus Berkomitmen Wujudkan Pertahanan Negara Tangguh Sinergi dengan BUMN Karya, Krakatau Steel Pasok Kebutuhan Infrastruktur Negara

- Mahasiswa Unhan Harus Berkomitmen Wujudkan Pertahanan Negara Tangguh PUPR Serahterimakan Aset Rusus dan Rusun Senilai 266 Miliar

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di