alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Menlu AS: Tak Ada Bukti MBS Perintahkan Pembunuhan Khashoggi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c058fc6dbd770fb358b4567/menlu-as-tak-ada-bukti-mbs-perintahkan-pembunuhan-khashoggi

Menlu AS: Tak Ada Bukti MBS Perintahkan Pembunuhan Khashoggi

WASHINGTON - Menteri Luar Negeri (menlu) Amerika Serikat (AS) Michael Pompeo mengatakan tidak ada bukti langsung yang menyatakan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman (MBS) memerintahkan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Dia memperingatkan agar jangan mencoba merusak ikatan Washington-Riyadh. Pompeo berbicara kepada wartawan setelah dia dan Menteri Pertahanan James Norman Mattis mengatakan kepada Senat di balik pintu tertutup bahwa melemahnya hubungan AS-Saudi atas pembunuhan itu akan merugikan keamanan nasional.

"Tidak ada laporan langsung yang menghubungkan Putra Mahkota dengan perintah untuk membunuh Jamal Khashoggi," kata Pompeo, yang dilansir Reuters, Kamis (29/11/2018).

Jurnalis Arab Saudi pengkritik kerajaan itu dibunuh di Konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober 2018. Jaksa Penuntut Umum Saudi mengakui Khashoggi terbunuh oleh "operasi nakal" yang melibatkan sekitar 15 orang di konsulat. Lima tersangka utama akan dituntut hukuman mati.

Pompeo dan Mattis menjelaskan kepada Senat di balik pintu tertutup tentang kasus pembunuhan Khashoggi dan perang di Yaman.

"Pembunuhan pada Oktober terhadap warga negara Arab Saudi, Jamal Khashoggi di Turki, telah mengeraskan Capitol Hill dan tumpukan media. Namun merendahkan hubungan AS-Saudi akan menjadi kesalahan besar bagi keamanan nasional AS dan sekutu-sekutunya," tulis Pompeo dalam pernyataan yang dirilis sesaat sebelum briefing tertutup.

Presiden Donald Trump telah menolak penilaian CIA yang bocor ke media. Penilaian itu menyebutkan bahwa MBS memerintahkan pembunuhan Khashoggi.

Trump pada pekan lalu bersumpah bahwa AS akan tetap menjadi "mitra setia" Arab Saudi. Dia mengatakan tidak jelas apakah MBS tahu tentang rencana untuk membunuh Khashoggi atau tidak.

Komentar-komentar Trump itu membuat marah anggota Kongres AS, termasuk beberapa sekutu politiknya di Partai Republik yang menuntut penyelidikan atas dugaan keterlibatan Putra Mahkota Saudi dalam kasus pembunuhan Khashoggi.

Senator Republik Bob Corker mengatakan bahwa Putra Mahkota Saudi bertanggung jawab atas kematian Khashoggi.

"Kami memiliki masalah di sini. Kami memahami bahwa Arab Saudi adalah sekutu, semacam negara semi penting," kata Corker, yang menjabat sebagai ketua Komite Hubungan Luar Negeri Senat.

"Kami juga memiliki Putra Mahkota yang tidak terkendali," ujarnya.

Senator Demokrat Bob Menendez mengatakan Washington pada dasarnya mengatakan kepada sekutunya; "Anda bisa membunuh dengan terbebas dari hukuman."

"Sungguh memalukan bahwa kami bersedia mengalihkan pandangan kami dari pembunuhan semacam itu karena kami memiliki 'kepentingan'," katanya.
(mas)

https://international.sindonews.com/read/1358479/42/menlu-as-tak-ada-bukti-mbs-perintahkan-pembunuhan-khashoggi-1543434025
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Orangnilah kawan terbaek umat Islam.
Make Arabia great again!!!
Tumben nih barat dan sekutunya (turki dan saud) kagak kompak emoticon-Leh Uga
Dan turkipun kecewa

emoticon-Ngakak
Balasan post .Uchiha.Itachi.
Quote:


kayaknya beda kepentingan,
tapi paling2 juga deal2 dibelakang sama turki.

SA masih sibuk sama Yaman dan musuhi Qatar, kayaknya gak mampu kalo nambah turki

eh Iran juga
all hail mbs bertahta emoticon-Ngakak
duit emg mengalahkan segalanya emoticon-Big Grin
bukan tak ada bukti tapi tak mau dikasih bukti
Balasan post k4ktus
Quote:


Oh, bukan macamtu kawan!
King MbS tak ade rasa takut pada orang manapun. emoticon-Mad (S)

Enemi SA tu bukan Turkibul or Erdogan tapi IM/MB (yg pro-Iran, Liberal democratsi). emoticon-Mad (S)
Pasal Khashoggi tu kan mahu ditampakan ke orang tulah dan duniya. Apa yg dapat korang perbuat hai orang rendah!? emoticon-Cool

Semesta ni kan tak paham macamman MbS tu. Beliau ialah Omar ibn-Khattab zamani!
Hidup raja. emoticon-Selamat
Mampus bidah, matilah pengemis kubur, terkutuklah atheis-sosialis, jayalah Islam! emoticon-Mad (S)


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di