alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Kekerasan terhadap perempuan dan ketimpangan gender
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c057885925233df3c8b4572/kekerasan-terhadap-perempuan-dan-ketimpangan-gender

Kekerasan terhadap perempuan dan ketimpangan gender

Kekerasan terhadap perempuan dan ketimpangan gender
Hasil riset Badan Pusat Statistik menunjukkan nilai Indeks Ketimpangan Gender nasional tahun 2017 sebesar 0,445. Artinya, ada kesenjangan gender yang signifikan dalam pembangunan manusia.
Komisi Nasional Antikekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) bersama dengan Komnas HAM dan Organisasi Perempuan Perserikatan Bangsa Bangsa (UN Women) mengampanyekan setop kekerasan terhadap perempuan selama 16 hari sejak 25 November hingga 10 Desember 2018.

Kekerasan ini kerap muncul akibat ketimpangan gender yang masih terjadi di berbagai sektor, seperti hak mendapatkan fasilitas kesehatan, pendidikan, politik, dan pekerjaan.

Hasil riset Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan nilai Indeks Ketimpangan Gender nasional tahun 2017 sebesar 0,445. Artinya, ada kesenjangan gender yang signifikan dalam pembangunan manusia.

Misalnya, di sektor pemenuhan hak terhadap fasilitas kesehatan dan reproduksi. Seperempat perempuan Indonesia menikah muda dan sudah bersalin saat umurnya belum genap kepala dua. Sebanyak 18,7 persen perempuan bersalin tanpa bantuan fasilitas kesehatan yang bisa membahayakan dirinya dan juga sang bayi.

Selain itu, akses terhadap pendidikan juga masih timpang. Sebanyak 38,1 persen laki-laki berusia 25 tahun ke atas mengenyam pendidikan minimal SMA, sementara perempuan hanya 31,6 persen.

Tak cukup di situ, 5 dari 10 perempuan Indonesia yang bekerja sementara laki-laki lebih dari separuh populasi.

Deputi Perlindungan Hak Perempuan Kementerian PPPA Vennetia R Dannes menyebutkan anggapan perempuan sebagai pekerja domestik menjadi penghambat untuk berpartisipasi di bidang ekonomi dan tenaga kerja, seperti dilaporkan Republika.com.

Terlebih, hak-hak tenaga kerja perempuan masih belum terlindungi seperti cuti saat haid, hamil, dan melahirkan.

Kesenjangan juga muncul di ranah politik. Hanya 2 dari 10 anggota parlemen adalah perempuan sementara sisanya laki-laki. Padahal, perempuan punya hak yang sama untuk menyuarakan aspirasinya dan ikut membangun bangsa.

Perlu kesadaran berbagai pihak di beragam level, mulai dari ranah domestik hingga negara untuk menganggap perempuan mempunyai hak yang sama untuk berpartisipasi dalam pembangunan manusia. Kalau haknya sudah setara dan terpenuhi, maka perempuan punya posisi tawar yang sama dan bisa melawan kekerasan.
Kekerasan terhadap perempuan dan ketimpangan gender


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...mpangan-gender

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kekerasan terhadap perempuan dan ketimpangan gender Naiknya harga beras tak berpengaruh besar pada inflasi

- Kekerasan terhadap perempuan dan ketimpangan gender 75 buronan napi dari Lapas Lambaro masuk DPO

- Kekerasan terhadap perempuan dan ketimpangan gender Masa tenang perang dagang AS-Tiongkok

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di