alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Ketat Sampai Akhir, 5 Tim Liga 1 Berjuang Lolos dari Jerat Degradasi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0558e9c1d77091648b4568/ketat-sampai-akhir-5-tim-liga-1-berjuang-lolos-dari-jerat-degradasi

Ketat Sampai Akhir, 5 Tim Liga 1 Berjuang Lolos dari Jerat Degradasi

Ketat Sampai Akhir, 5 Tim Liga 1 Berjuang Lolos dari Jerat Degradasi

Kompetisi Go-jek Liga 1 2018 akan segera berakhir. Menariknya, jelang berakhirnya kompetisi, tim penentuan juara akan ditentukan di pertandingan terakhir, yakni di pekan ke-34. Tidak hanya penentuan tim juara, teka-teki yang juga tidak kalah seru adalah penentuan siapa tiga tim yang akan terdegradasi ke Liga 2.

Dari 18 tim kontestan Liga 1, tiga tim di posisi terbawah di klasemen, yakni posisi 18, 17, dan 16, akan terdegradasi. Menariknya, ada lima tim yang kini terancam degradasi dan harus berjuang untuk tetap bertahan di Liga 1. Siapa saja?


1. PS Tira tak beranjak dari dasar klasemen usai dikalahkan Arema
Ketat Sampai Akhir, 5 Tim Liga 1 Berjuang Lolos dari Jerat Degradasi
Harapan PS Tira untuk bertahan di Liga 1 pada musim depan, kini menipis. Itu setelah PS Tira menyia-nyiakan kesempatan mengeruk poin saat menjamu Arema FC di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, pada Minggu (2/12/2018) sore kemarin. PS Tira takluk 0-1 dari Arema lewat gol Konate Makan di menit ke-72. 

Kekalahan ini membuat PS Tira tidak beranjak dari dasar klasemen (posisi 18) Liga 1 dengan 36 poin dari 32 pertandingan. Meski begitu, PS Tira masih berpeluang selamat bila mampu mengoptimalkan dua pertandingan tersisa.

Hanya saja, keduanya akan dilakukan di luar kandang. Tim asuhan Nil Maizar ini akan menghadapi tuan rumah PSMS Medan pada 5 Desember 2018 dan menghadapi Borneo FC di pertandingan terakhir pada 9 Desember 2018. Tentu saja itu akan berat bagi Abduh Lestaluhu dkk. Namun, semua masih mungkin terjadi.


2. PSMS Medan mendapatkan energi baru usai menang telak atas Persebaya
Ketat Sampai Akhir, 5 Tim Liga 1 Berjuang Lolos dari Jerat Degradasi
Kemenangan telak, 4-0 atas Persebaya, Sabtu (1/12/2018) seolah membuat PSMS Medan mendapatkan energi baru dalam upaya lolos dari jeratan degradasi. Memang, PSMS belum keluar dari zona degradasi. Tim berjuluk Ayam Kinantan ini masih berada di posisi 17 (dua dari bawah) dengan 37 poin dari 32 pertandingan. 

Namun, PSMS masih punya peluang untuk keluar dari zona degradasi.  Sebab, mereka masih memiliki  dua pertandingan tersisa. Yang paling krusial adalah saat menjamu PS Tira di Stadion Teladan pada 5 Desember. Jika kembali mampu meraih kemenangan, peluang PSMS untuk bertahan di Liga 1 akan semakin besar.

Ya, laga melawan PS Tira akan menjadi kesempatan terbaik bagi tim asuhan Peter James Butler ini untuk menambah poin. Sebab, di laga terakhir, mereka akan away ke PSM Makassar. Meski peluang mencuri poin tetap ada, tetapi dengan PSM harus menang bila ingin menjaga peluang juara, akan cukup berat bagi PSMS mendapatkan poin di Makassar. 


3. Perseru tentukan nasib saat hadapi Persipura di pertandingan terakhir
Ketat Sampai Akhir, 5 Tim Liga 1 Berjuang Lolos dari Jerat Degradasi
Perseru Serui meraih kemenangan penting, 2-0 atas Madura United pada pertandingan pekan ke-33, Sabtu (1/12/2018). Kemenangan itu membuat Perseru kini mengoleksi 39 poin.

Namun, Perseru belum aman dari ancaman degradasi. Sebab, mereka masih berada di posisi 16 yang merupakan batas zona degradasi. Bila PS Tira dan PSMS masih memiliki sisa dua pertandingan, Perseru tinggal memainkan satu pertandingan.

Ya, penentuan nasib Perseru apakah bisa bertahan di Liga 1 ataukah terdegradasi ke Liga 2 di musim depan, akan tersaji di pertandingan terakhir. Perseru akan menghadapi tim sesama Papua, Persipura di Jayapura pada 8 Desember 2018 mendatang. Andai bisa menang, masih ada peluang bagi Perseru untuk bertahan di Liga 1.


4. Mitra Kukar hadapi Persija di pertandingan terakhir
Ketat Sampai Akhir, 5 Tim Liga 1 Berjuang Lolos dari Jerat Degradasi
Tim asal Kalimantan Timur, Mitra Kukar FC juga belum aman dari ancaman degradasi. Memang, posisi Mitra Kukar di klasemen tidak masuk dalam zona degradasi. Tim yang kini dilatih Rahmad Darmawan ini ada di posisi 15 alias satu strip di atas "zona merah" dalam klasemen Liga 1. Hanya saja, dengan mengoleksi 39 poin, Mitra Kukar masih rentan tergeser oleh tim di bawahnya.

Adalah kekalahan 1-3 dari Sriwijaya FC di Palembang pada Jumat, 30 November 2018 lalu yang membuat Mitra Kukar masih belum aman dari ancaman terdegradasi ke Liga 2 di musim depan.

Apalagi, di pertandingan terakhir pada 8 Desember 2018, Mitra Kukar harus menghadapi pertandingan berat. Bila ingin bertahan di Liga 1, Bayu Pradana dan kawan-kawan harus menang saat  away menghadapi tuan rumah Persija yang sangat butuh kemenangan untuk menjadi juara Liga 1. 


5. Sriwijaya FC juga belum aman, bakal habis-habisan saat hadapi Arema di laga terakhir
Ketat Sampai Akhir, 5 Tim Liga 1 Berjuang Lolos dari Jerat Degradasi
Tim juara Liga Indonesia dua kali (2007 dan 2012), Sriwijaya FC menjalani kompetisi terjal di Liga 1 musim ini. Hingga pekan ke-33 atau ketika Liga 1 tinggal menyisakan satu pertandingan, Sriwijaya FC masih ada di posisi 14 dengan koleksi 39 poin. 

Dibandingkan empat tim lainnya di peringkat bawah , posisi Sriwijaya FC memang lebih menguntungkan. Namun, posisi Sriwijaya FC belum aman dari ancaman degradasi. Sebab, jarak poin dengan empat tim di bawahnya sangat mepet sehingga Sriwijaya FC masih rentan tergusur ke zona degradasi. 

Bila ingin memastikan bertahan di Liga 1 pada musim depan, Alberto Goncalves dan kawan-kawan tidak boleh kalah saat menghadapi tuan rumah Arema FC di Malang pada 7 Desember 2018. Bila menang atas Arema, Sriwijaya FC yang kini dilatih Angel Alfredo Vera akan dipastikan tetap berada di Liga 1.

"Pertandingan melawan Arema adalah hidup dan mati untuk kami. Jadi kami harus dapat memaksimal pertandingan itu dengan sebaik-baiknya," ucap Beto, striker Sriwijaya FC seperti dikutip dari Twitter.com/Liga1Match.

Menarik ditunggu, dari lima tim tersebut, siapa nantinya dua tim yang masih selamat alias bertahan di Liga 1 dan siapa tiga tim yang akhirnya terdegradasi ke Liga 2. 


Sumber : https://www.idntimes.com/sport/socce...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Ketat Sampai Akhir, 5 Tim Liga 1 Berjuang Lolos dari Jerat Degradasi Siapa yang akan Degradasi dari Liga 1 2018?

- Ketat Sampai Akhir, 5 Tim Liga 1 Berjuang Lolos dari Jerat Degradasi Berbagi Poin dengan Persela, Pelatih Persib: "It's OK!"

- Ketat Sampai Akhir, 5 Tim Liga 1 Berjuang Lolos dari Jerat Degradasi Dilibas PSMS 4-0, Pelatih Persebaya Sebut Timnya Lambat Panas

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di