alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
KPK Cium Ada Aliran Dana di Proyek Meikarta untuk Ubah Tata Ruang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c053d3f902cfe21678b456a/kpk-cium-ada-aliran-dana-di-proyek-meikarta-untuk-ubah-tata-ruang

KPK Cium Ada Aliran Dana di Proyek Meikarta untuk Ubah Tata Ruang

KPK Cium Ada Aliran Dana di Proyek Meikarta untuk Ubah Tata Ruang

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (3/11) memeriksa anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Waras Wasisto. Dalam pemanggilan kali ini, penyidik mencecar Waras dengan pertanyaan terkait adanya dugaan aliran dana untuk melakukan perubahan tata ruang di Kabupaten Bekasi. Menurut juru bicara KPK, Febri Diansyah, Waras diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi. 

"Kami menduga saksi mengetahui upaya pihak-pihak tertentu untuk mendorong perubahan aturan tata ruang di DPRD Bekasi. Jadi, pengetahuan itu yang kami dalami dan bukan kapasitas yang bersangkutan untuk menyusun Raperda Jawa Barat," ujar Febri di gedung KPK malam ini. 

Lembaga antirasuah menemukan indikasi perizinan proyek Meikarta memang sudah bermasalah sejak awal. Lalu, apa faktor yang mendorong KPK memiliki pemikiran demikian? 


1. KPK menduga pembangunan proyek Meikarta tidak memungkinkan dilakukan di lokasi saat ini
KPK Cium Ada Aliran Dana di Proyek Meikarta untuk Ubah Tata Ruang
Menurut juru bicara KPK, Febri Diansyah, salah satu faktor yang menunjukkan adanya permasalahan di dalam proyek pembangunan Meikarta yakni mereka menemukan bukti area seluas ratusan hektar itu tidak mungkin dibangun proyek pemukiman. Saat ini, kata Febri, ada indikasi pelanggaran hukum tata ruang di sana. 

"Oleh sebab itu, kami mendalami dugaan pihak tertentu yang mencoba mengurus perubahan tata ruang ini melalui penyusunan peraturan daerah di Bekasi yang tentu harus melibatkan DPRD setempat," ujar mantan aktivis antikorupsi itu. 


2. Wakil Ketua DPRD Bekasi mangkir saat dipanggil KPK
KPK Cium Ada Aliran Dana di Proyek Meikarta untuk Ubah Tata Ruang
Selain memeriksa anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Waras Wasisto, KPK juga memanggil Wakil Ketua DPRD, Jejen Sayuti. Namun, dalam pemanggilan hari ini, Jejen mangkir dengan alasan baru menerima surat panggilan. Ia pun meminta agar KPK menjadwalkan ulang pemeriksaannya. 

"Tadi yang bersangkutan menghubungi KPK dan meminta penjadwalan ulang. Saksi (mengaku) baru menerima surat panggilan," ujar Febri. 

Sebagai gantinya, maka penyidik KPK akan memanggil kembali Jejen pada Rabu esok. Selain Jejen, ada pula saksi lain yang tidak hadir yakni staf Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kabupaten Bekasi, Ida Basuki. Sebelumnya, Ida telah diperiksa pada Jumat pekan lalu. 


3. KPK berhasil menemukan adanya praktik backdate dalam pengurusan izin proyek Meikarta
KPK Cium Ada Aliran Dana di Proyek Meikarta untuk Ubah Tata Ruang
Informasi penting lainnya yang sudah dikantongi oleh KPK yakni adanya praktik backdate atau penanggalan mundur dalam proyek Meikarta. Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan telah mengetahui siapa saja yang melakukan praktik itu. Sayangnya, ia tidak bisa mengungkap identitas pelaku yang melakukan praktik backdate. 

"Siapa saja pihak yang melakukan tentu saja sudah diketahui. Penyidik tengah mendalami bukti-buktinya," ujar Febri pada (12/10) lalu. 

Sebelumnya, KPK telah mengantongi bukti kuat adanya praktik backdate dalam dokumen proyek Meikarta. 

Dokumen yang dimaksud adalah sejumlah berkas rekomendasi yang menjadi syarat penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), perizinan lingkungan, pemadam kebakaran dan lain-lain. KPK menduga penanggalan dalam dokumen itu dibuat mundur alias tidak sesuai dengan tanggal penerbitan dokumen. 


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- KPK Cium Ada Aliran Dana di Proyek Meikarta untuk Ubah Tata Ruang Sudah Jadi Napi, Suami Inneke Koesherawati Akan Kembali Disidang

- KPK Cium Ada Aliran Dana di Proyek Meikarta untuk Ubah Tata Ruang Kasus Terornya Belum Terungkap, Novel Baswedan Sempat Merasa Putus Asa

- KPK Cium Ada Aliran Dana di Proyek Meikarta untuk Ubah Tata Ruang 600 Hari Berlalu, Wadah Pegawai Tetap Tagih TGPF Kasus Novel ke Jokowi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di