alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
Salah Kaprah Bikers Ketika Hadapi Hujan di Jalan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c052787c1d770e43e8b4569/salah-kaprah-bikers-ketika-hadapi-hujan-di-jalan

Salah Kaprah Bikers Ketika Hadapi Hujan di Jalan

Hati-hati Gan, Grasak-grusuk Bisa Berujung Celaka

Salah Kaprah Bikers Ketika Hadapi Hujan di Jalan

Saat hujan turun mendadak, 5 menit pertama biasanya terjadi kekisruhan di jalan raya. Begitu juga Ane gan 😁, ya kali ngantor pake baju atau celana basah. Pastinya otak akan menginstruksikan kita buat berteduh, baik untuk menunggu hingga reda atau sekedar menggubakan peralatan pelindung air hujan.

Nah, pas kondisi ini, perilaku biker biasanya berbeda-beda, ada yang tetap waspada ada yang grasak-grusuk. Tapi penting untuk diingat Gan, keselamatan adalah utama, jadi tetap waspada.

Patut diinget juga, kalau hujannya langsung deras, dalam waktu tak sampai 5 menit kondisi jalan akan licin karena basah. Jadi, usahakan tetap waspada, baik stabilitas kita dan juga pengguna jalan lain.

Selain itu ada hal yang patut diperhatikan juga Gan. Beberapa hal sempet Ane inget-inget dari seminar perihal keselamatan berkendara.

Salah Kaprah Bikers Ketika Hadapi Hujan di Jalan

Selain waspada yang Ane sebutin di atas ada hal lain yang kerap dilakukan padahal itu aktivitas yang salah kaprah. Waspada yang dimaksud termasuk menghilangkan kebiasaan buruk saat berkendara di bawah guyuran hujan lebat.

Contohnya adalah membuntuti mobil, dengan dalih menjadi tameng dari hujan. Instruktur bilang berkendara membuntuti mobil sama saja mencari celaka.

Kenapa begitu? Karena dengan membuntuti mobil, otomatis jarak pandang akan makin terbatas. Parahnya lagi, saat ada lubang di jalan, pengendara motor tidak akan punya waktu cukup untuk bereaksi dan menghindar.

"Kalau ada lubang tidak kelihatan, mobil bisa melewatinya dari kolong (karena ada jarak roda kanan dan kiri), tetapi motor yang mengikuti di tengah tidak punya waktu untuk mengelak. Ini bahaya. Ingat, berkendara aman juga harus pakai logika," kata Instruktur (maaf Ane lupa namanya).

Salah Kaprah Bikers Ketika Hadapi Hujan di Jalan

Kesalahan lain yang kerap dilakukan biker pas hujan adalah melepas sepatu dan memilih nyeker dengan alasan supaya gak basah. Nah inilah kelakuan fatal dan berpotensi bahaya. Menggunakan pelindung kaki yang proper adalah wajib hukumnya buat biker.

Nah kalo Agan gaknmau sepatunya basah ada baiknya bawa sepatu khusus untuk hujan. Menggunakan plastik untuk melapisi sepatu juga kurang tepat karena bisa bikin licin. Lagian sekarang ufah ada juga pelindung sepatu khusus untuk air yang safety loh Gan.

Masa iya Agan lebih sayang ama sepatu dibanding kaki dan kesehatan? Semoga kita termasuk golongan waras yang selalu berpikur panjang ya Gan...
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di