alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Naturalisasi Jadi Upaya Pemprov DKI Kembalikan Ekosistem Sungai Jakarta
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0512d71cbfaa9b148b4577/naturalisasi-jadi-upaya-pemprov-dki-kembalikan-ekosistem-sungai-jakarta

Naturalisasi Jadi Upaya Pemprov DKI Kembalikan Ekosistem Sungai Jakarta

Naturalisasi Jadi Upaya Pemprov DKI Kembalikan Ekosistem Sungai Jakarta
Jakarta – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan penanganan banjir di Ibu Kota tidak hanya bergantung pada proyek normalisasi sungai. Namun juga dapat dilakukan dengan naturalisasi sungai.

Ia menyebutkan, Singapura, Tokyo dan Sydney telah menginspirasinya untuk menerapkan konsep naturalisasi pada sungai, waduk, situ dan embung di Jakarta. Sebab, saat ini pembangunan kota-kota megapolitan di dunia sudah bergerak ke arah green city. Dan, naturalisasi termasuk salah satu didalamnya.

“Sekarang seluruh dunia sedang bergerak menuju kota hijau. Coba lihat Tokyo dan Singapura. Mereka tidak lagi memiliki lahan, namun naturalisasi tetap bisa berjalan di sana,” kata Anies.

Melalui naturalisasi maka ekosistem di sungai akan terbangun. Sehingga air bisa terserap, memperlambat arus, dan mempertahankan ekosistem hijau di sekitar sungai. Hal tersebut tak bisa terwujud jika yang dilakukan adalah betonisasi terhadap badan sungai seperti yang terjadi selama ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta, Teguh Hendarwan mengatakan naturalisasi merupakan cara mengelola kali, saluran, waduk, situ dan embung melalui konsep pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan tetap memperhatikan kapasitas tampungan, serta fungsi konservasi.

“Konsep dari naturalisasi adalah untuk bisa menampung kuantitas dan kualitas air yang cukup. Dan sungai, waduk, situ dan embung menjadi tempat berkembangnya flora dan fauna. Menjaga keaslian sungai dan waduk,” kata Teguh.

Naturalisasi dilakukan dengan melihat dari kapasitas sungai atau waduk itu sendiri. Bila kapasitas sungai atau waduk untuk pengendalian banjir terpenuhi, maka bisa dilakukan naturalisasi. Juga harus melihat lahan yang tersedia untuk naturalisasi agar tidak bersinggungan dengan warga setempat.

Nantinya, dalam naturalisasi, akan dilakukan penanaman pohon dan tanaman aquaponic. Pohon yang akan ditanam sejenis trembesi, pulai, flamboyan dan eucaliptus. Untuk tanaman aquaponic adalah papirus, lotus, airis dan apu.

http://www.beritasatu.com/megapolita...i-jakarta.html

Ada yg punya foto naturalisasi ala anies gan?

Program Normalisasi Sungai di Jakarta Berlanjut




Naturalisasi Jadi Upaya Pemprov DKI Kembalikan Ekosistem Sungai Jakarta
Jakarta - Dalam penanganan banjir di Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap akan melanjutkan program normalisasi sungai.

Hal itu terlihat dari program anggaran Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta dalam Kebijakan Umum Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) DKI 2019.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tersebut mengalokasikan anggaran pengadaan tanah sungai atau saluran sebesar Rp 500 miliar.

Usulan anggaran tersebut disampaikan untuk pembiayaan pembebasan lahan di daerah bantaran sungai. Seperti di Sungai Ciliwung yang sempat berhenti sejak tahun 2017.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan bahwa normalisasi sungai tetap menjadi salah upaya pengentasan banjir ibu kota. "Sehingga harus tetap dilakukan. Di antaranya dengan betonisasi atau sheetpile sungai atau pembuatan turap sungai dan saluran air yang ada di Jakarta," katanya.

Waduk dan embung

Tidak hanya itu, normalisasi juga dilakukan terhadap 14 sarana pengendali banjir yakni waduk, embung dan situ. Sebanyak 241 alat berat disebar di beberapa lokasi.

Di antaranya Waduk Cimanggis, Embung Aselih, Embung Jalan Cendrawasih, Waduk Pekayon, Waduk Pondok Rangon, Embung Jalan Sejuk, Waduk Cilangkap Giri Kencana, Waduk Jagakarsa, Waduk Jakan Kaja, Kalibaru Timur, Waduk Kampung Rambutan, Waduk Babek TNI, Embung Kelurahan Semper Barat dan Embung Jalan Cilincing Kesatrian.

Lebih lanjut orang nomor satu ini ingin meluruskan, publik jangan menyamakan antisipasi musim hujan hanya bisa dilakukan dengan betonisasi (normalisasi sungai). "Itu dua hal yang berbeda,"� katanya.

Untuk pembebasan lahan yang terkena program normalisasi sungai masih terus berjalan. Diiringi dengan pengerukan sungai juga terus berjalan. "Kita jalan terus. Mudah-mudahan tidak ada masalah nantinya," tuturnya.

Sepanjang tahun 2013-2017, normalisasi Sungai Ciliwung telah dilakukan sepanjang 16,388 kilometer dari panjang sungai yang harus dinormalisasi 33,69 kilometer.

Pembebasan Lahan

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta, Teguh Hendarwan mengatakan alasan proses normalisasi Ciliwung tertunda, dikarenakan pembebasan lahan membutuhkan proses panjang.

Di antaranya, warga yang terkena proyek normalisasi harus direlokasi dulu ke rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) dan ada juga yang harus melalui proses ganti rugi terlebih dahulu.

Diungkapkannya, dalam APBD DKI 2018, Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta mendapat alokasi dana yang cukup besar untuk pembebasan lahan.

Rinciannya, Rp 400 miliar untuk pembebasan lahan guna normalisasi waduk, Rp 900 miliar untuk pembebasan lahan guna normalisasi kali, serta di APBD Perubahan 2018 juga mendapat tambahan Rp 450 miliar untuk pembebasan lahan.



http://www.beritasatu.com/megapolita...berlanjut.html

Di beton jg emoticon-Big Grin
Diubah oleh albetbengal
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Naturalisasi?

Sungai di LN dibawa ke Indo? emoticon-Bingung
Back to nature emoticon-Malu
hmmmm...
mo naturalisasi mo normalisasi
monggo
sik penting segera dikerjakan
nggak cuman omang omong aja
monggo silaken
Surabaya mah kalah sama jakarta emoticon-Cool







emoticon-Mewek
Ya baguslah
naturalisasi bisa dilakukan dgn syarat sudah tidak ada yg buang sampah atau limbah ke sungai langsung
trus tiap banjir langsung lenyap ekosistemnya

super sekali emoticon-Big Grin
Naturalisasi Jadi Upaya Pemprov DKI Kembalikan Ekosistem Sungai Jakarta
Yayaya

Gusur tho ?
NORMALISASIA/ NATURALISASI

emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka


TOLONG JANGAN MENGGUSUR YAAA, ITU JANJI KAMPANYE LHO
emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Hmmmm...ga ngerti Saya... emoticon-Cape deeehh
tinggal nunggu berita gusuran warga bantaran sungai liar.
Naturalisasi lagi? NGAPAIN!!?? Cristian Gonzales, Irfan Bachdim, Gavin Kwan Adsit... Masih kurang?
Quote:


Bangkeeeeemoticon-Hammer

Samaan, afuuuuuu

Eh ralat, Gavin Kwan asli Indo bukan Naturalisasi


nambah sapa lagi?

Beto udah
Lilipaly udah
Bachdim udah
Gonzalea udah
Ah elah

























emoticon-Ngacir
Diubah oleh kakidal27


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di