alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemkot Jakarta Utara Mulai Tanam Eceng Gondok di Kali Penghubung
1 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0510e962088106148b458b/pemkot-jakarta-utara-mulai-tanam-eceng-gondok-di-kali-penghubung

Pemkot Jakarta Utara Mulai Tanam Eceng Gondok di Kali Penghubung

Pemkot Jakarta Utara Mulai Tanam Eceng Gondok di Kali Penghubung

Jakarta - Pemerintah Kota Jakarta Utara menguji coba penanaman eceng gondok di kali penghubung wilayah Sunter, Jakarta Utara. Uji coba dilakukan demi memastikan manfaat eceng gondok dalam mengatasi kali yang kotor dan bau. 

"Persoalan salah satu sungai di Jakarta kan tidak jernih dan banyak partikel, nah sekarang kita uji coba dulu di kali penghubung Bisma, Sunter, Tanjung Priok," ujar Kasatpel UPK Badan Air Jakarta Utara, Lambas Sigalingging di lokasi, Senin (3/12/2018).

Baca juga: Akan Ditanami Eceng Gondok, Limbah ke Kali Sentiong Harus Disetop


Lambas sebelumnya berencana akan melakukan penanaman eceng gondok di Kali Sentiong termasuk Kali Item. Namun, dirinya harus menguji coba terlebih dahulu untuk mengetahui pemanfaatan eceng gondok terhadap kali yang kotor. 



"Rencana kita menanam eceng gondok ini karena kita ada literatur, penelitian yang menyatakan bahwa eceng gondok ini adalah salah satu tanaman yang mempunyai fungsi sangat bagus untuk menyerap partikel air atau juga untuk menjernihkan air," ucapnya

Baca juga: Eceng Gondok di Kali Sentiong


Pemilihan kali penghubung, Sunter ini sebagai uji coba karena karakteristiknya disebut sama dengan Kali Sentiong. Lalu juga, kali penghubung memiliki ukuran yang pendek sehingga tidak memakan waktu lama dalam proses uji coba dan dapat segera mengetahui hasilnya. 

"Iya sama, tidak ada bedanya dengan Kali Sentiong. Ini kan panjangnya cuma 700 meter. Kita coba dulu kita di kali yang pendek ini sehingga lebih efektif hasilnya," tutur Lambas. 

Di kali penghubung ini petugas UPK Badan Air menanam eceng gondok di dalam kolom berukuran panjang 50 meter yang sudah dibatasi dengan pelampung oranye. Ada dua kolom untuk uji coba dengan diberi jarak 300 meter.

Kemudian bibit eceng gondok diambil dari Kali Penjaringan dan Cilincing dengan ukuran sekitar 20 cm. Setelah itu sampel air akan diambil secara periodik setiap 3 bulan sekali. 


Nah nanti secara periodik akan kita minta diuji lab bagaimana perkembangan air ini nantinya. Kita harapkan selama tiga bulan sekali itu akan diujikan. Nanti bisa kita lihat perbedaan sampel yang sebelum dengan setelah penanaman eceng gondok," tutur Lambas. 

Baca juga: Setelah Waring, Kali Sentiong Bakal Ditanami Eceng Gondok


Sebelumnya usulan ini muncul dari pengalaman di waduk Pegangsaan Dua. Eceng gondok membawa perubahan terhadap warna air.

"Jadi ternyata akar eceng gondok ini sangat kuat mengangkat partikel (polutan) itu. Itu fakta kita lihat. Nah, mungkin kalau ini kita pelihara di sana (Kali Sentiong), bisa kayak begini, dia nyerap. Kan Kali Sentiong terkenal item, ya," jelas Lambas ketika dihubungi, Kamis (29/11). (eva/gbr)

https://m.detik.com/news/berita/d-43...ali-penghubung
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Pemerintah Kota Jakarta Utara menguji coba penanaman eceng gondok di kali penghubung wilayah Sunter, Jakarta Utara. Uji coba dilakukan demi memastikan manfaat eceng gondok dalam mengatasi kali yang kotor dan bau. 
Anies bukannya bentuk tim ahli ya? aspaan itu judulnya?
Urusan orang buang sampah ke kali aj belum kelar eh ditambah eceng gondol yang berpotensi bikin dangkal sungai

Sampah + eceng gondok kombinasi yahud bikin sungai jd daratan emoticon-Big Grin
Diubah oleh ruuuruuu
Seingat ane , dulu di danau Sunter yg satu lg
Bukan yg ada area sport nya

Dulu banyak eceng gondok dan bau banget,

Apa dulu mrk gak ngecek?

Kok ini malah mau di taruh eceng gondok
Orang cerdas, Beda sama si Gubernur mako mulut jamban emoticon-Cool

Pemkot Jakarta Utara Mulai Tanam Eceng Gondok di Kali Penghubung


Selain sebagai penjernih air,,, ternyata eceng gondok memiliki nilai jual yang menjanjikan, Inilah sebabnya Pak anies memilih menanam eceng gondok dijkarta... emoticon-Cool


Nastak Cebong jangan iri ya... emoticon-Cool

Kebiasaan kaum kapir jualan ga pernah kreatif,, klo ga jual plastik,,, paling jd Kang Tepu emoticon-Cool
Diubah oleh galer2124
mana nih meme super "suka-suka gw bang..."emoticon-Leh Uga
Boleh dicoba emoticon-Malu
dikampung enceng di babat i,,eehhh di dki di idupin....emoticon-Big Grin bikin bau sama nambah sampah taneman...emoticon-Big Grin
Mayan proyek.. semua dapat jatah
kita tunggu evaluasinya
semoga aja hasilnya bagus
beli berapa juta wan
Ane sih kasian sama yang bersihin tuh eceng gondok, ilangnya lama bener dah
gabener coba coba emoticon-Leh Uga
kalau musim penghujan gini sih gak ngaruh ntar musim kering karena si enceng sangat kuat menguapkan air maka air sunga bakalan berkurang dan malah jadi tambah kencang baunya, ngurangi polutan sih iya.
kerjaan neliti ngapa gak nanya LIPI sama IPB?
salah2 ente ditanyain BPK keringetan lho..
Semoga tidak menyesal.
Padahal di pedesaan, kali2 dibersihin dari enceng gondok karena bisa menyumbat aliran kali, dan ikan2 mati kekurangan oksigen.
bakal mampet tu kali
Balasan post galer2124
Lo ngarti nggak arti kata limbah.
Tuh enceng gondok jadi limbah karena emang dibuang saat petani bersihin kali dan irigasi.

Jadi enceng gondoknya bukan dari hasil nanem.
yang penting ada penyerapan anggaranemoticon-Big Grin
Kayaknya dimana mana dibersihin tuh eceng malah ini difelihara...
emoticon-Cape d...
Ato ane yg kudet ya ?

hulahi hulahi hihihi.... dulu aja dah
Ngoahaha
emoticon-Wkwkwk
emoticon-Imlek
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di