alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dengarlah Jerit Peternak yang Terjepit!
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c04fe6e12e257b0148b4570/dengarlah-jerit-peternak-yang-terjepit

Dengarlah Jerit Peternak yang Terjepit!

Spoiler for Terjepit :


Ada fenomena yang terjadi pada ayam-ayam kita. Bila diperhatikan, belakangan ini kaki ayam kita semakin pucat. Warna ceker ayam tidak sekuning biasanya.

Menurut beberapa peternak tradisional, pucatnya ceker ayam itu bukan berarti si ayam sakit. Apalagi si ayam ketakutan hingga pucat pasi. Alasan sebenarnya adalah karena kurangnya jagung dalam bahan pakan ayam kita.

Fenomena ayam kaki pucat itu mulai bisa terlihat dalam rentang waktu satu-dua bulan terakhir. Itu terjadi seiring dengan makin mahalnya harga jagung di pasaran. Yakni sekitar Rp 6000 per kg, jauh di atas harga patokan pemerintah yang di kisaran Rp 4000 per kg.

Akibat jagung yang mahal tadi, para peternak rakyat mencampur lebih banyak gandum dalam pakan ayamnya. Sehingga warna kuning di kaki ayam, jadi lebih pucat.

Kenyataan itu diungkapkan Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional (Gopan) yang merasakan kualitas pakan ternak setiap waktu semakin memburuk. Bahkan, kandungan kualitas jagung di pakan ternak menurun, yang dari 50 persen menjadi 25 persen. Setali tiga uang, asosiasi pabrik pakan juga menyatakan yang sama. (link sumber: indopos)

Hal itu berakibat pada produktivitas ayam yang dipelihara peternak. Selain warna ceker yang makin pucat, pertumbuhan ayam mereka jadi lebih lambat.

Kondisi ini semakin sulit karena peternak tidak diizinkan menjual ayam dengan tinggi. Sebab, peternak akan ditekan oleh Satgas Pangan saat itu juga. Bila harga dinaikkan karena jagung juga mahal, peternak disikat. Bila harga tidak dinaikkan, peternak akan menderita kerugian. Di sinilah jerit para peternak yang terjepit keadaan.

Masalah yang pangkal soalnya berasal dari jagung yang langka dan mahal ini sebenarnya sudah sampai di telinga pemerintah. Para peternak berteriak karena di satu sisi pemerintah mengklaim produksi jagung nasional pada tahun ini surplus hingga hampir 13 juta ton. Oleh karena itu, pemerintah tidak mengeluarkan ijin impor jagung. Tapi di sisi lain, peternak kesulitan memperoleh jagung untuk bahan pakan.

Klaim surplus jagung terdengar seperti omong kosong di telinga peternak. Karena kenyataannya, tidak ada jagung yang bisa ditemukan di pasaran. Kalaupun ada, harganya setinggi langit.

Klaim surplus makin terdengar sebagai pepesan kosong ketika akhirnya Kementerian Pertanian (Kementan) mengajukan impor jagung sebanyak 100 ribu ton di akhir Oktober kemarin.

Sayangnya hingga saat ini, belum ada penambahan stok jagung yang bisa dibeli peternak kecil dengan harga murah. Bila Kementan sejak jauh-jauh hari menghindari klaim surplus produksi, mungkin saja impor bisa segera dilakukan dan stok jagung bisa lebih cepat dikucurkan. Sehingga ayam kita tidak terlanjur pucat seperti sekarang.

Spoiler for ayam sakit:
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Harganya naik turun.. gw sih yg beli masa bodo selama pecel ayam masih 15rb pake nasi uduk sama tempe..
tapi ntah buat yg jual atau peternak pusing kgk harga kaya saham ihsg naik turun sementara pakannya naik trus..
kalo impor,
entar petani yang teriak .. emoticon-Big Grin
sabar.
lah kan oposisi maunya AYAM MURAH kan ?
oposisi juga yang teriak2 kalo kita impor jagung kan ?
Jadi kulit pucat karena gak makan jagung ?

Kabar baik buat mereka yg mengidam2 kulit bak pualam layaknya gen unggul berhotpen ..

Siapa tahu kagak butek n buluk lagi ..

Diet jagung ..
Mentan mental abs ini nih . . Ckckc ..
Quote:
yg untuk pecel ayam itu ayam kecil 8ons...1 kg..itu ayam harganya kadang agak murah harga CN.. kadang ayam afkir bs jg masuk..

bukannya udah swasembada jagung???
ini jagung diumpetin siapa? spekulan? cukong?
Dengarlah cebong yg menguik
Harus nya harga ayam sudah naik, normal klo di pedagang pasar kisaran 30rb-35rb/kg
Beli di gw 1kw 29rb/kg emoticon-Big Grin ayam broiler.





....emoticon-Ngacir
Diubah oleh mibmobz
Peternak harus dibiasakan hidup keras
Begitulah sabda ayahanda kita Bapak Prabowo

Dengarlah Jerit Peternak yang Terjepit!




×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di