alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Pemberontakan Andi Azis
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c04f73e94786882468b4569/pemberontakan-andi-azis

Pemberontakan Andi Azis

PEMBERONTAKAN ANDI AZIS

Pemberontakan Andi Azis

Oleh Muchlish Choeruddin, dan Didi Sopyan Sutardi.
Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 1 Subang.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Hallo guys, wah sudah lama ya dari postingan pertama saya post di kaskus saya nggk post lagi.
Dalam artikel kedua ini saya akan membuat artikel tentang pemberontakan Andi Azis. Sebelum kita masuk kedalam pembahasan yang lebih lanjut perlu diketahui pemberontakan Andi Azis adalah proses disintegrasi bangsa yang dilakukan oleh Andi Azis, seorang mantan perwira KNIL yang berusaha untuk mempertahankan keberadaan Negara Indonesia Timur dan enggan kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Oke langsung ke cerita terjadinya pemberontakan.
            Andi Azis adalah seorang mantan perwira KNIL yang bergabung dengan APRIS ( ANGKATAN PERANG INDONESIA SERIKAT) dan diterima menjadi perwira APRIS. Pelantikannya disaksikan oleh Letkol Ahmad Yunus Mokoginto.
Karena para mantan serdadu KNIL kecewa karena pasukannya digabung kedalam APRIS Bersama Pasukan TNI berdasarkan hasil Konferensi Meja Bundar (KMB), terjadilah pemberontakan yang dipimpin oleh Andi Azis yang pada saat itu adalah perwira APRIS, ia menggerakan pasukannya dari mantan perwira KNIL lainnya untuk menyerang markas APRIS, meyandera sejumlah perwira APRIS, termasuk letkol A.Y. Mokoginto. Setelah ia menguasai makasar yang menjadi tempat dari markas APRIS, dia menyatakan bahwa NIT ( NEGARA INDONESIA TIMUR ) harus dipertahankan. Ia menuntut agar perwira APRIS (dari para mantan KNIL) bertanggung jawab atas gangguan yang terjadi di wilayah NIT Yang menurutnya didalangi oleh pemerintah.
            Pada tanggal 8 April 1950 pemberontakan Andi Azis meletus di kota Makasar. Lalu pemerintah membuat ultimatum agar Andi Azis datang ke Jakarta, dan meminta agar ia mempertanggung jawabkan perbuatannya dalam waktu 4 x 24 jam. Apabila Andi Azis mengacuhkan ultimatum tersebut, dia diancam bahwa kapal laut Hang Tuah akan mem-bom kota Makassar, Namun ultimatum tersebut tetap diacuhkan. Setelah batas waktu terlewati, pemerintah kemudian mengirimkan pasukan dibawah pimpinan Kolonel Alex Kawilarang. Dan akhirnya pada tanggal 15 April 1950, Andi Azis datang ke Jakarta dengan janji dari Sri Sultan Hamengkubowono IX bahwa ia tidak akan ditangkap. Tetapi ketika ia sampai di Jakarta malah dia langsung ditangkap. Setelah sidang, Andi Azis di hokum 15 tahun penjara.
            Pemberontakan ini menyebabkan semakin kuatnya tuntutan agar Negara Indonesia Timur dibubarkan dan bergabung dengan NKRI.

Oke Guys mungkin itulah sejarah pemberontakan yang saya tau, mohon maaf atas segala kekurangan yang ada dalam konten ini mungkin kalian bisa crosscheck link di bawah ini(referensi artikel)

https://id.wikipedia.org/wiki/Peristiwa_Andi_Azis
https://titiknol.co.id/peristiwa/5-april-1950-peristiwa-pemberontakan-andi-azis/

Terimakasih atas segala perhatiannya sampai jumpa di artikel berikutnyaemoticon-Big Grin

------------------------------------------------------------------------------------------
Muchilsh Choeruddin merupakan siswa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak 1, dan Didi Sopyan Sutardi adalah guru mata pelajaran Sejarah Indonesia di SMKN 1 Subang.
Diubah oleh mumu144
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
OMG, lumayan singkat jg isi topik sejarah ini, gan... ??

andi azis ditangkap oleh pemerintaha pusat di ibukota, gara2 ybs telat datang sesuai perintah dr jakarta ya, gan ??
Iya bang, sampe harus di grebek dulu sama kolonel Alex Kawilarang beserta pasukannya, baru dia menyerah dan pergi ke Jakarta.
ada yg bisa melengkapi dengan seksama ane penasaran sangat
Boleh tanya satu?

Apa yg bikin serdadu ex KNIL dari NIT ga mau digabung ke TNI?
https://tirto.id/pasukan-andi-azis-menolak-tentara-dari-jawa-cmbD

Quote:
Can we have another source, diluar tirto 😅 ?
Quote:


Wikipedia ??.
Diubah oleh mamorukun


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di