alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Proses Lelang Tol Cigatas Tunggu Trase Tuntas
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c04ef0cdcd77061648b4568/proses-lelang-tol-cigatas-tunggu-trase-tuntas

Proses Lelang Tol Cigatas Tunggu Trase Tuntas

Proses Lelang Tol Cigatas Tunggu Trase Tuntas

Bisnis.com, BANDUNG—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan proyek tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) akan segera memasuki tahap pemilihan trase sebelum bergerak ke lelang investasi.

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiartanto mengatakan pihaknya melalui Badan Pengelola Jalan Tol [BPJT] tengah melakukan persiapan lelang terkait pemilihan trase mengingat prosesnya berurutan dengan rampungnya feasibility study [FS]. “Setelah FS pemilihan trase kan,kita usulkan [penetapan] lokasi, baru lelang investasi,” katanya di Bandung, Senin (3/12).

Menurutnya lelang investasi jalan tol oleh konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) dan PT Daya Mulia Turangga tersebut diprediksi baru berjalan sekitar Maret-April 2019 mendatang. Pihaknya mengaku harus berkonsultasi kembali dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil terutama terkait percepatan izin penetapan lokasi [penlok].

“Kita berharap bulan-bulan depan sudah bisa lah [lelang investasi].  Nanti dikonsolidasikan dengan Pak Gubernur [Ridwan Kamil] untuk membantu percepatan pengadaan lahannya, khususnya izin penlok,” tuturnya.

Pihaknya memastikan rute pembangunan tol ini sementara akan diawali dari Cileunyi-Kota Banjar bukan sampai Cilacap, Jawa Tengah.

Menurutnya paling memungkinkan tol ini berakhir di ruas perbatasan menuju Cilacap. “Menjelang perbatasan Cilacap rencananya. Kalau Cilacap kan sudah ada empat jalur [jalan nasional] ke Jogja. [Untuk tol] bertahap berikutnya,” paparnya.

Tol Cigatas dipastikan akan digarap serius mengingat kawasan yang dilalui merupakan kantong ekonomi dan memiliki potensi pariwisata yang tinggi.

Selain itu proyek ini bisa menambah target panjang jalan tol dari skema prakarsa BPJT. “Kebetulan di lintas selatan Jawa yang potensi wilayah pariwisata dan ekonominya cukup tinggi,” katanya.

Di tempat yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan lelang investasi dipastikan akan digelar pada awal 2019 mendatang.

Menurutnya saat ini pihak BPJT dan pemrakarsa tengah menyiapkan dokumen dan tahapan guna mengajukan penlok pada Gubernur Jabar.

“Penloknya nanti kami ajukan ke Pak Gubernur,” ujarnya.

Menurutnya dimulainya penggarapan Tol Cigatas dilakukan mengingat untuk tol Trans Jawa bagian Utara hingga Desember 2018 ini sudah tersambung dari Merak-Surabaya.

Karena itu, Cigatas yang masuk tol Trans Jawa bagian Selatan menjadi fokus berikutnya. “Tol Trans Jawa bagian utara akan tersambung, kita juga akan melanjutkanya dengan Trans Jawa bagian Selatan,” paparnya.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum menambahkan saat dirinya menjabat Bupati Tasikmalaya pihaknya sudah melakukan sejumlah pembebasan lahan guna memudahkan pembangunan tol Cigatas tersebut. “Waktu saya [menjabat] posisinya lagi pembebasan tanah waktu itu. [Luasnya] belum tahu,” ujarnya.

Menurutnya dengan rencana lelang investasi pada 2019 oleh BPJT maka pihaknya menilai Pusat sudah menunjukan keseriusan dalam membangun akses cepat dari Selatan menuju Jabar bagian Tengah tersebut.

“Ini akan dilelangkan berarti kan itu sudah ada progress dari tahun ke tahun. Mudah-mudahan tidak meleset lagi lelangnya,” tuturnya.

Pemprov, kata Uu, dipastikan akan turut mempercepat proses pembangunan tersebut terutama dalam urusan penerbitan penetapan lokasi.

Menurutnya saat ini koridor Bandung-Tasikmalaya sudah makin padat oleh kendaraan, keberadaan tol akan memecah kemacetan selama ini. “Bukan hanya saat akhir pekan, hari-hari biasa pun padat,” katanya.

http://m.bisnis.com/industri/read/20...u-trase-tuntas

Emang rakyat mau dikasih makan beton!
Jalan tol tarifnya mahal ja dibanggain
Duit utang kok cebong mana tau




Ttd



Nasbung jabar
-----------------------
Alfin crotafterlunch
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
berarti yg tanjakan nagrek tinggal kenangan dong ya?
Alon-alon wae seng penting kelakon
Proyek tol belah gunung nih emoticon-Big Grin
Quote:


sama tol semarang-boyolali medannya berat mana bray?
Balasan post albetbengal
Quote:


Berat jabar keknya
kek nya cigatas ini bakal diperuntukkan untuk jalur pantai selatan
kalo trans jawa kan pantura
tebakan ane cigatas ntar diteruskan sampai nyambung ke solo
yg kasian orang jatim, gak punya tol. karena bukan penyumbang suara buat petahana selama ini
Balasan post prabowosandii
Quote:


masa sih ?
Jkt - Sby - Probolinggo - Banyuwangi dan Sby - Malang emangnya bukan sampai ke Jatim ?
2019 bikin Semarang - Demak lalu dr Timur meneruskan Gresik - Tuban. Pelan2 bakalan nyambung Tol Pantura, Demak - Kudus - Rembang dan Tuban - Rembang
Balasan post Uthe18
Quote:


cuma kecipratan dikit, jawa timur perbatasan masuk dikit, liat2 kantong suara nya juga
mustinya sampai ketapang donk, baru maju tuh jawa timur
Balasan post prabowosandii
Quote:


masa Banyuwangi dibilang sedikit ?
masa Malang dibilang perbatasan ?
emoticon-Amazed

oh iya jangan lupa 2019 juga dibangun rute Kertosono - Kediri lho emoticon-Wink
plus Bandara nya juga, inisiasi dr Group GG
Balasan post Uthe18
Quote:


bagus lah
ane terakhir ke daerah sana tahun lalu, jadi belum ngerasain tol nya, masih lewat hutan lindung sama paiton
tadi ane iseng liat di satelit, kek nya baru sampai SBY pasuruan dech, tapi yah mudah2an sampai ketapang lah
Quote:


emang targetnya smp banyuwangiemoticon-Big Grin
Mudah2an jalur selatan utara tersambung tol semua
klu udah terintegrasi semua enak nih buat tour de java pake wuling suv ... emoticon-Recommended Seller
Balasan post prabowosandii
Quote:


tet.. tot... salah
Pasuruan - Probolinggo (Paspro) udah 98%
https://finance.detik.com/infrastruk...ggo-nyaris-100

Gempol - Pasuruan Seksi 3 (Pasuruan - Grati) udah 95%
yang belum itu Probolinggo - Gending - Banyuwangi emoticon-Malu

tapi tenang aja... Probowangi (Probo - Banyuwangi) 95% lahan adalah hutan milik BUMN dan sawah2 petani, sisanya tanah kas dan rumah penduduk. Logikanya sih lebih mudah dalam membebaskannya, semoga emoticon-Malu
Asik lah, semoga mengurangi kemacetan.
Jangan sampai mangkrak emoticon-Malu


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di