alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Internet Service & Networking /
Bisakah membuat vpn didalam vpn?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c04e5629e7404fa308b4571/bisakah-membuat-vpn-didalam-vpn

Bisakah membuat vpn didalam vpn?

Agan agan ijinkan newbie untuk bertanya.

Jadi kantor ane anak perusahaan BUMN, nah kantor ane punya cabang nih, terus, Kantor ane dapet koneksi VPN dari Pusat untuk akses ERP (Electronic Resource Planning), tetapi untuk cabang cabang di kantor ane kagak dapet gan.

Bisa gak si, ane bikin VPN Server di salah satu komputer kantor, agar kantor cabang ane bisa akses ERP yang ane akses?


Terima Kasih banyak agan agan yang mau membantu.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Kalau VPN didalam VPN sudah pasti bisa-bisa saja.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah soal routingnya, misalkan sebuah "komputer" (perangkat apapun yang bisa menggunakan dan terkoneksi jaringan vpn) sudah terkoneksi dengan VPN A, kemudian ingin juga terhubung dengan VPN B. Dimana VPN B ini hanya bisa diakses dari alamat di jaringan VPN A.

Dari kondisi ini saja, apabila VPN B sudah bisa terkoneksi, maka ini sudah disebut jaringan VPN didalam VPN. Jadi client yang sudah terhubung ke VPN B ini, maka umumnya default gateway secara otomatis akan berubah ke interface yang digunakan untuk terhubung ke VPN B.

Nah soal bagimana caranya, kemungkinan ini bisa ditempuh dengan berbagai macam cara atau metode, tergantung dari kondisi masing-masing jaringan saat ini, dan bagimana 2 jaringan internal yang berbeda ini apakah bisa terhubung secara langsung atau tidaknya.

Hal lainnya lagi yang mesti diperhatikan adalah soal class subnetnya. Apabila 2 jaringan internal yang berbeda menggunakan subnet yang sama, maka bisa repot soal routingnya.

Contohnya gini:
Misalkan tadinya sebuah komputer memiliki alamat ip 192.168.0.1. Dimana komputer ini juga dapat mengakses komputer lain yang ada di jaringan X yang memiliki subnet 192.168.1.0/24 (192.168.1.1 - 192.168.1.254).

Nah ketika komputer ini dihubungkan ke VPN A yang kebetulan didapatkan client ip 192.168.1.22 dan gatewaynya adalah 192.168.1.254, maka setelah VPN A terhubung, komputer ini tidak lagi bisa mengakses jaringan X, karena default gateway diarahkan ke interface VPN A. Jadi routing jaringan untuk menuju subnet 192.168.1.0/24 saat ini akan diatur oleh server VPN A.

Quote:


Bisa banget, tp pertanyaannya adalah, kl ente kasih akses ke cabang yg oleh induknya gk dikasih akses, apakah legal? Ente siap kl ternyata dengan ente kasih akses ilegal kemudian jaringan ente jadi gk secure dan terjadi hal2 yg tidak di inginkan, misal kebocoran data. Kl siap dengan konsekuensinya, go ahead.
Cara ter aman adalah ente buat request ke induk untuk buka akses erp ke cabang yg blm ada akses.
Balasan post venantius
Quote:


Waduuh agan jelasinnya advance banget yaa.. maaf gan ane masih kurang ngerti dengan penjelasannya, bahasanya terlalu tinggi gan buat ane emoticon-Smilie)

Tapi selama itu bisa direalisasikan, untuk cara dan metode, ane bakal usaha cari sendiri gan.

Makasih banget gan sama jawabannya yang ngebantu banget
Balasan post ogeng98
Quote:


Emang ilegal si gan, ane udah coba buat request minta buka akses erp untuk cabang, tapi sama dia gak dikasih tanpa alasan apapun.

Ane sendiri pun jadi bingung gan, pusat gamau ngasih tapi manajer udah ngotot banget minta dikasih akses emoticon-Frown(
Balasan post legendnoobz
Quote:


Ente benturin aja manager ente dengan manager it.
Jangan ente yg dijepit. Kl ente req via e-mail, cc bos ente. Kl di reject lagi, ente bilang bos ente untuk ngomong sesama bos di pusat.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di