alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Tol Bocimi dan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar siap dilintasi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c04df3d9a0951cb3d8b457f/tol-bocimi-dan-tol-bakauheni-terbanggi-besar-siap-dilintasi

Tol Bocimi dan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar siap dilintasi

Tol Bocimi dan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar siap dilintasi
Sejumlah kendaraan melintas di tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (2/12/2018).
Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi I pada Sabtu (1/12/2018). Ia pun menyampaikan rasa lega karena pembangunan tol ini memakan waktu 21 tahun.

"Penetapan lelang tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ini tahun 1997. Saya tidak tahu kenapa harus memakan waktu 21 tahun untuk memulai ini," ujar Jokowi seperti dikutip Liputan6.com di Bogor, Sabtu (1/12).

Disampaikan Tribunnews, Jokowi juga sempat berkelakar apakah pemandangan indah di wilayah tersebut yang menjadi penyebab lamanya pembangunan. Kebetulan, seperti dijelaskan Okezone, pengendara akan menemui pemandangan Gunung Salak dan Gunung Gede nan asri serta area persawahan di kanan kiri jalur Bocimi.

Jalan tol ini terbentang 15,3 kilometer (km) dari Ciawi hingga Gombong 1, Bogor. Ini adalah Seksi I dari empat bagian jalan tol Bogor-Ciawi (Bocimi) sejauh total 54 km.

Lantas Seksi II sejauh 11,9 km adalah Cigombong- Cibadak. Lalu Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat 13,7 km dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur 13 km.

Tol Bocimi yang disiapkan untuk arus mudik Natal-Tahun Baru itu sempat mengalami beberapa kali pergantian investor. Mulai dari Konsorsium Bukaka Teknik Utama, Bakrie Group, MNC Group, hingga akhirnya PT Waskita Karya (Persero) melalui anak usaha Waskita Toll Road mengambil alih pada 2015.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan penyelesaian proyek jalan bebas hambatan tersebut juga diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar, terutama dari sektor industri.

Maklum jika jalan tol Bocimi telah beroperasi penuh, ujar Tempo.co, ruas tersebut akan menjadi jalan alternatif menuju Jawa Barat bagian selatan. Masalah angkutan logistik yang biasanya harus menghadapi kemacetan di ruas jalan Ciawi-Cigombong-Cicurug-Cibadak diharapkan dapat terselesaikan.

Tol Ini akan memangkas jarak 67 km dan waktu tempuh 4,5-5 jam dari Bogor ke Sukabumi melalui jalur arteri dan sebaliknya menjadi sekitar 40 menit.

"Paling tidak ini bisa mengurai kemacetan Bogor, Ciawi, sampai Cigombong. Kita harapkan nanti pada 2020 selesai kemudian diteruskan ke Cianjur dan menuju ke sana lagi di Bandung. Ada alternatif-alternatif dari Bandung ke Jakarta," ucap Jokowi.

Sebagai permulaan, seperti dikabarkan Republika, tol ini akan digratiskan selama sepekan. Setelah itu, pemerintah akan menetapkan tarif Rp1.000 per kilometer.

Tol Bakauheni-Terbanggibesar

Selain Tol Bocimi, ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung pun sudah siap dilintasi. Pengerjaan baru mencapai 90 persen, tapi sudah layak dipakai untuk pelaksanaan Operasi Lilin Pengamanan Natal dan Tahun Baru, termasuk sudah ada fasilitas lampu jalan.

Ini adalah bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Jalan tol sepanjang 140,83 km ini sudah bisa dilalui mulai 22 Desember 2018 dan menurut rencana akan tersambung hingga ke Palembang, Sumatra Selatan.
Ruas Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang tengah dirampungkan di Lampung. Panjangnya 140,83 km, dan Insya Allah selesai bulan depan. Nantinya ruas ini terhubung hingga Palembang sejauh kurang lebih 350 km. Mudah-mudahan bisa kita selesaikan pertengahan 2019. pic.twitter.com/Ub9l5IfKzH
— Joko Widodo (@jokowi) November 23, 2018
"Berdasarkan informasi dari Hutama Karya (HK) tol akan dibuka pada 22 Desember 2018 mulai dari Bakauheni sampai Terbanggi Besar," kata Kepala Sub Direktorat Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda Lampung AKBP Junaidi seperti dikutip Industry, Sabtu (1/12).

Sama seperti Bocimi, tol ini juga akan digratiskan pada awal pembukaan. Namun, Tol Bakauheni-Terbanggi Besar bebas biaya selama 10 hari dan mulai menetapkan tarif pada 2 januari 2019.

Sejauh ini, pemerintah belum menjelaskan kendaraan apa saja yang diperbolehkan melintasi jalur tol fungsional ini. Begitu juga jam operasionalnya.

Yang jelas, Patroli Jalan Raya (PJR) telah ditempatkan di beberapa titik. Berikut pula dengan dua pos PJR yang masing-masing dijaga tiga anggota kepolisian.
Tol Bocimi dan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar siap dilintasi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...siap-dilintasi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tol Bocimi dan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar siap dilintasi Kenaikan harga BBM luluh lantakkan Paris

- Tol Bocimi dan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar siap dilintasi Penerapan tilang elektronik bakal makin gencar

- Tol Bocimi dan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar siap dilintasi Percakapan putra mahkota dan sorotan G20 untuk Khashoggi

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di