alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Soal Ceramah Habib Bahar, Mahfud MD: Dakwah Harusnya Menyejukan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c04a27812e25703098b4572/soal-ceramah-habib-bahar-mahfud-md-dakwah-harusnya-menyejukan

Soal Ceramah Habib Bahar, Mahfud MD: Dakwah Harusnya Menyejukan


Mantan Ketua Mahkamah Agung, Mahfud MD menanggapi isi ceramah Habib Bahar bin Smith yang dianggap menghina Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Habib Bahar saat ini telah dilaporkan ke polisi karena ceramahnya diduga mengandung penghinaan.


Menurut Mahfud MD, ceramah yang disampaikan oleh Habib Bahar bukanlah sebuah dakwah. Sebab, dakwah bertujuan untuk menyejukkan tidak dengan memaki-maki kelompok maupun individu.

“Apa dakwah caranya begitu? kan dakwah harusnya menyejukkan gak memaki-maki orang," ujar Mahfud MD saat bertemu dengan Kyai Haji Zubair Maimun, di hotel Royal Ambarukmo Plaza, Yogyakarta, Minggu (2/12/2018).

Mahfud melihat penyataan Habib Bahar dengan memaki orang adalah sebuah tindakan yang tidak baik. Baginya agama apapun tidak ada yang mengajarkan untuk menghina martabat seseorang.

“Saya sih melihat dari segi etika sebagai warga negara, memaki orang itu tidak baik, agama apapun tidak mengajarkan cara begitu,," kata Mahfud.

Dalam konteks hukum, menurut Mahfud, penyataan yang dilontarkan oleh Habib Bahar bisa masuk kategori penghinaan terhadap pejabat publik yang diatur pada pasal-pasal yang ada di dalam Kitab Undang-Undang hukum Pidana (KUHP).

“Tapi hukum ada kalau penghinaan terhadap pejabat publik ada pasalnya di dalam KUHP, biarlah kita gak usah memperkeruh suasana itu,” terangnya.

Soal Ceramah Habib Bahar, Mahfud MD: Dakwah Harusnya Menyejukan



Ia meminta kepada politisi maupun tokoh publik figur ketika melakukan manuver politik haruslah secara sehat dengan cara beradu argumen serta mengadu program, bukan sebaliknya dengan menghina serta menjelekkan seseorang di hadapan publik yang itu menggunakan medium agama atau ceramah.



“Kita imbauan saja bagaimana sih kalau berpolitik itu adu argumen lah, bukan saling menghina dan mencerca itu sekarang sudah ada yang menangani jangan terpencing," imbuh Mahfud.



Sementara KH Zubair Maimun mengatakan, seorang penceramah haruslah dapat membimbing dan menasehati umatnya seperti yang sudah diatur dalam kitab suci dan hadist nabi.


“Ya (Ceramahnya harus-red) mau’idhoh hasanah,’’ ujar Kyai Maimun.





https://www.msn.com/id-id/berita/nasional/soal-ceramah-habib-bahar-mahfud-md-dakwah-harusnya-menyejukan/ar-BBQp5fv?ocid=spartanntp

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
si bahar itu sesungguhnya sudah mempermalukan ISLAM , sekaligus menista

anehnya kenapa malah umat 212 membela orang laknat spt itu ? emoticon-Bingung (S)








Soal Ceramah Habib Bahar, Mahfud MD: Dakwah Harusnya Menyejukan

Soal Ceramah Habib Bahar, Mahfud MD: Dakwah Harusnya Menyejukan
Diubah oleh kasbos
Menyejukkan kok..
Cuma gaya nya aja yg berapi api mirip bung karno..
Bahar tukang BH. Yang kiri dan kanan dijual terpisah.
emoticon-Ngakak
itu kan bukan dakwah, hanya kritik pemerintah biar Prabowo terpilih....
jadi gini.. sejuk.. emng es cendol

apakah uang bisa membuatmu bahagia?
Soal Ceramah Habib Bahar, Mahfud MD: Dakwah Harusnya Menyejukan
Quote:


Jangan samakan dengan Bung Karno, najis. Bung Karno berapi api itu ketika beliau berpidato sebagai seorang nasionalis, beda dengan dakwah.
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
wah kagag laku klo yg sejuk2 gitu
menyejukkan itu ngantuk
kalo kebencian dan perang kan bakar semangat, apalagi kalo umat dijadiin anak tk yg nyambung kata, makin kaga ngantuk
takbir?.....takbir
bentar lagi ada yg teriak:
kriminalisasi ulama emoticon-Big Grin
Mantab Pak.
Sekeras-kerasnya Umar Bin Khattab R.A. ga pernah keluar kata-kata kotor dari lisannya...
Nah ini yang ngaku2 keturunan Rasulullah Muhammad S.A.W malah ... ah... sudahlah...

emoticon-Cape d...
banci ngatain orang banci emoticon-Entahlah
btw udah jadi digarap sama pak pol kah?
emoticon-Ngacir
dasare preman disebut habib,yo koyok ngene iki wes emoticon-Leh Uga
Silahkan Gus Mahmud dakwah duluan...
Fatwa ente nihil, gak ngaruh gak ngefect alias om kos.
nunggu pengikut gobloknya bela2in preman ini emoticon-Big Grin
Coba cek nasab nya, kalau benar ya seperti potongan Al Quran, makna yang terkandung bisa bias tapi tetap harus dihormati. Habib lain yang bisa jadi panutan kan masih banyak. Misal habib umar, habib lutfi, cara dakwahnya bener-bener adem
Sesuai ajaran pak
Dimaklumin aja pak namanya cacing kremik
emoticon-Wakaka
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di