alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Teknik /
PERBEDAAN INTEGRASI DATA DAN SISTEM INTEGRASI
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c049b729e7404cd768b4568/perbedaan-integrasi-data-dan-sistem-integrasi

PERBEDAAN INTEGRASI DATA DAN SISTEM INTEGRASI

Perusahaan yang berkecimpung dalam sistem informasi tentu tahu kalau dalam sistem informasi terdapat istilah integrasi data dan integrasi sistem atau integrated system. Kedua istilah ini walau sekilas terlihat serupa tetapi sebenarnya sangat berbeda.

Integrasi data merupakan proses penggabungan atau penyatuan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukung manajeman informasi serta mendukung pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik atau lebih sempurna. Data yang akan diintergrasikan biasanya berasal dari berbagai sumber pusat data yang berbeda. Proses pengintegrasian ini dilakukan untuk menyelaraskan data sehingga setiap pusat data memiliki data yang sama. Ini juga dilakukan untuk mempermudah akses dan mendapatkan data yang sama.

Pengintegrasian data biasa dilakukan oleh perusahaan yang memiliki banyak divisi atau cabang perusahaan. Tanpa melakukan integrasi maka efisiensi dan produktivitas perusahaan menurun dan bukan tidak mungkin akan menyebabkan kerugian. Melakukan integrasi data juga akan meningkat keuntungan perusahaan karena dapat meminimalisir kesalahan yang disebabkan manusia misalnya menggunakan data yang salah atau sebagainya. Namun integrasi data saja tidak cukup. Perusahaan yang baik harus didukung dengan integrasi sistem agar dapat mengoptimalkan seluruh sumberdaya yang dimiliki.

Integrasi sistem merupakan konsep sistem di mana setiap sistem yang terhubung dalam sistem induk saling berhubungan satu dengan yang lain sesuai dengan kebutuhan. Pengintegrasian sistem akan bermanfaat jika data atau informasi yang dimiliki oleh suatu sistem dibutuhkan juga oleh sistem lainnya. Tidak hanya itu, pengintegrasian sistem juga akan sangat dibutuhkan seandainya output dari satu sistem merupakan input bagi sistem lainnya. Dengan melakukan integrasi sistem maka perusahaan tidak hanya menghemat waktu dan sumber daya melainkannya juga dapat menekan biaya operasional. Keuntungan lain yang tidak dapat dipungkiri adalah dengan melakukan integrasi sistem maka arus data dan informasi dalam perusahaan semakin membaik. Hal ini ditandai dengan semakain banyaknya informasi relevan untuk meningkatkan efektivitas pekerjaan.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di