alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Internet Service & Networking /
Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c048c5cddd7706e418b4567/perbedaan-seo-on-page-dan-seo-off-page

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

SEO on page dan SEO off page adalah bagian dari Searching Engine Optimization yang paling krusial. Pasalnya, optimasi halaman web sangat penting untuk membuat web tersebut menduduki peringkat pertama atau halaman pertama di mesin pencari terkenal seperti Google, Bing, dan lain sebagainya. Cara membuat website bisa anda lakukan dengan mudah via IDwebhost. Usaha untuk mencapai posisi teratas memang harus dilakukan dengan beberapa teknik, salah satunya adalah teknik SEO on page dan SEO off page seperti yang telah dijelaskan diatas. Dengan memanfaatkan teknik yang tepat, maka secara otomatis peluang situs tersebut muncul di halaman pertama akan lebih besar. Hal ini akan memicu timbulnya pengunjung atau visitor yang lebih banyak lagi. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang SEO on page dan SEO off page.

SEO on Page

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page


Sama seperti namanya, seo on page merupakan sebuah metode untuk menerapkan strategi SEO terhadap halaman website yang dimliki. Strategi yang satu ini biasanya diterapkan dalam hal pemberian konten terhadap situs itu sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa konten atau artikel yang berkualitas akan berpeluang menjadikan situs yang anda miliki masuk di rangking pertama mesin pencari. Kata kunci menjadi sebuah hal yang paling krusial harus dipertimbangkan ketika ingin menerapkan seo on page. Ada beberapa poin yang perlu dipertimbangkan dalam hal ini.

Pemilihan Title Tags Yang Tepat: Seo on page akan bisa diwujudkan dengan pemilihan title tags yang tepat. Pastikan untuk memasukan kata kunci di judul artikel SEO yang anda buat. Misalkan kata kunci anda adalah toko online, maka buatlah judul yang mengandung kata kunci tersebut, yakni Toko Online Terbaik di Indonesia, Tips Membuat Toko Online Menarik, Cara Menciptakan Toko Online Via Social Media, dan lain sebagainya. Jika anda perhatikan semua judul tersebut mengandung kata kunci terkait. Pastikan juga Title atau judulnya tidak kurang dari 32 karakter dan tidak lebih dari 80 karakter. Pasalnya judul yang terlalu banyak akan berpengaruh pada kualitas SEO yang diberikan.

Pilih Sub Judul Yang Pas: Pemilihan sub judul juga harus dilakukan dengan tepat agar mampu berpengaruh dalam seo on page yang anda gunakan. Adanya kata kunci pada bagian sub judul atau heading juga sangat penting. Pastikan pula heading tersebut berkaitan dengan artikel yang anda buat. Jadi mesin pencari akan bisa menilai bahwa konten yang anda isikan tersebut relevan dengan dan unik.

Penggunaan Struktur URL dan ALT Text

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page


Ciptakan Struktur URL Yang Sesuai: Seo on page juga diipengaruhi oleh faktor struktur URL yang tersedia didalamnya. Dengan adanya URL yang tepat,maka situs anda pun akan lebih mudah ditemukan searching engine secara optimal. Sebaiknya anda membuat URL yang lebih ringkas karena terlalu panjang pun juga tidak bagus untuk SEO. Tambahkan ALT Text Untuk Gambar: Hal ini juga menjadi bagian yang penting dalam seo on page. Pasalnya, konten di website tersebut akan lebih SEO jika anda menggunakan gambar yang mengandung alt text. Meskipun teks ini tak terlihat oleh pengunjung, teks ini sangat penting karena ditujukan kepada mesin pencari. Hasilnya gambar yang anda beri ALT Text tersebut akan muncul saat kata kunci terkait dimasukan.

Tampilan Yang Cepat dan Responsif: Sebuah website yang bagus akan bisa memberikan yang terbaik jika kecepatan tampilannya responsif. Dalam hal ini anda akan bisa membuat pengunjung web merasa nyaman karena mereka melihat situs anda bisa dibuka dengan cepat melalui gadget dan PC. Anda pun akan bisa mendapatkan sebuah situs yang memberikan user experience terbaik kepada para pengunjung yang ada didalamnya.

Jangan Lupa Memberikan Link Pada Website: Situs anda akan menjadi semakin seo on page jika memiliki link internal yang ada didalamnya. Link tersebut bisa anda sematkan dari konten yang sudah anda publish sebelumnya, atau mengarah ke halaman yang berkaitan dengan isi dari website anda. Mesin pencari Google pun akan melihat website anda sebagai situs yang bagus jika anda melakukan hal ini.

SEO Off Page

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page


Seo off page adalah kebailkan dari teknik seo on page diatas. Disini anda akan menggunakan teknik SEO yang ditujukan pada luar website yang anda gunakan. Proses optimasi biasanya diterapkan dengan menyebarkan link dari website anda ke social media (Facebook, Twitter, Google Plus, dan lain sebagainya), atau melalui web tertentu. Cara lain yang berkaitan dengan seo off page adalah membuat sebuah fanspage atau situs lain yang berisikan link dari situs utama yang dimliki. Pasalnya, faktor yang paling menentukan dalam seo off page ini bisa dilihat dari seberapa banyak situs yang menggunakan web utama anda sebagai link eksternalnya.

Tapi, anda bisa membuat orang lain menautkan link eksternal web anda dengan cara membuat konten atau situs yang berkualitas. Jadi apabila mereka melihat web anda merupakan tempat dari konten berkualitas, mereka tak akan segan untuk membagikan link dari web anda ke situs pribadi mereka, ke social media, maupun ke aplikasi chat smartphone. Dari sinilah sumber traffic dari seo off page akan bisa anda dapatkan. Cara lain adalah dengan membagikan ke social media. Nantinya orang yang melihat informasi tersebut dan dirasa menarik akan ikut membagikannya pula ke orang lain. Dalam kasus ini kualitas dari tulisan atau konten tetap menjadi yang utama, yakni didapatkan dari seo on page itu sendiri.

SEO On Page dan SEO Off Page Keduanya Sama-Sama Penting

Seo on page dan seo off page adalah dua hal yang tentunya sama-sama penting. Dengan adanya kedua bagian tersebut maka anda akan mampu menerapkan strategi SEO yang sesuai dengan kebutuhan. Tujuan utama pun juga akan bisa tercapai yakni membuat situs yang anda miliki masuk ke peringkat teratas dengan mudah. Tampil di halaman pertama mesin pencari pun juga adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Situs anda akan menjadi prioritas dibandingkan dengan situs lainnya. Tentu saja ini juga akan memberikan keuntungan tersendiri yang bisa juga anda rasakan dalam jangka panjang.

Sebuah website yang memiliki faktor SEO yang bagus akan bisa tampil lebih unggul di mesin pencari. Seperti yang kita ketahui bahwa persaingan SEO saat ini semakin ketat. Banyak orang yang berlomba satu sama lain untuk mampu tampil di peringkat teratas mesin pencari. Anda sebetulnya juga bisa bergantung pada Ads atau iklan untuk membuatnya langsung masuk di peringkat teratas. Namun, hal ini hanya untuk limited time atau waktu yang terbatas. Jika anda ingin website anda populer dalam jangka waktu yang lama, tentu saja caranya adalah dengan menerapkan metode seo on page dan seo off page diatas dan lihat hasilnya popularitas situs anda akan kian melejit dengan segera.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
nice info gan tar coba ane terapin ke web deh hehe


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di