alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BBC: Prabowo sebut 'tidak boleh kampanye' di Reuni 212, Rizieq serukan ...
3.4 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0462cd529a45a9118b4567/bbc-prabowo-sebut-tidak-boleh-kampanye-di-reuni-212-rizieq-serukan

BBC: Prabowo sebut 'tidak boleh kampanye' di Reuni 212, Rizieq serukan ...

Prabowo sebut 'tidak boleh kampanye' di Reuni 212, Rizieq serukan 2019 ganti presiden
2 Desember 2018

BBC: Prabowo sebut 'tidak boleh kampanye' di Reuni 212, Rizieq serukan ...
ANTARA/SIGID KURNIAWANImage captionMassa peserta Reuni 212 memadati kawasan Monumen Nasional, Minggu (2/12).

Kendati calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, mengaku tidak boleh bicara politik dan tidak boleh berkampanye dalam Reuni 212, acara tersebut tetap diwarnai nuansa politik seiring dengan seruan Rizieq Shihab agar umat mengganti presiden pada 2019.


Dalam pidato sambutannya selama hampir tiga menit, Prabowo menegaskan "tidak akan panjang bicara" karena sebagai capres Indonesia "harus patuh dan mengikuti semua ketentuan".


"Saya tidak boleh bicara politik pada kesempatan ini, saya tidak boleh kampanye. Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih bahwa saya diundang hari ini oleh panitia. Ini kehormatan bagi saya, ini kebanggaan bagi saya," papar Prabowo dalam cara Reuni 212 yang digelar di kawasan Monumen Nasional (Monas), Minggu (2/12).


Kedatangannya tersebut mendapat sambutan antusias dari para peserta. "Prabowo, Prabowo, Prabowo," teriak peserta.
Pada akhir pidatonya, Prabowo meneriakkan kata "takbir" dan "merdeka" yang disambut para peserta.


Sebelumnya, juru Bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212, Novel Bamukmin, menyebut kelompoknya memang mengundang Prabowo dan seluruh politikus yang berhaluan sama dengan mereka.

Kehadiran itu disebutnya sebagai konsolidasi internal memenangkan Prabowo pada pilpres 2019.


BBC: Prabowo sebut 'tidak boleh kampanye' di Reuni 212, Rizieq serukan ...
SAMSUDHUHA WILDANSYAH/DETIKCOMImage captionKehadiran Prabowo disambut antusias oleh para peserta Reuni 212

Dalam acara yang sama, panitia memperdengarkan suara rekaman pendiri Front Pembela Islam, Rizieq Shihab, mengingat yang bersangkutan masih berada di Arab Saudi.


Di antara ceramahnya yang berdurasi hampir 30 menit, Rizieq menyatakan bahwa "haram memilih capres dan caleg yang diusung partai-partai pendukung penista agama".


"Di pileg dan pilpres 2019, haram, haram, haraaam, kita memilih capres dan caleg yang diusung partai-partai pendukung penista agama, yang antisyariah, antiPancasila, antiNKRI, antiUUD 1945, dan antikebhinekaan."


Rizieq kemudian berseru: "Ayo kita pilih capres dan cawapres hasil ijtima ulama, ayo kita pilih capres cawapres hasil ijtima ulama...Siap pilih capres ijtima ulama? Siap pilih caleg ijtima ulama? Siap tenggelamkan partai-partai pendukung penista agama? Siap tenggelamkan mereka? Siap tinggalkan mereka? Siap tenggelamkan mereka? Takbir! Takbir! Takbir!"


Pria tersebut kemudian mengatakan, "Menurut hemat saya bahwa perubahan dalam waktu yang dekat yang ada di depan mata kita tidak lain dan tidak bukan adalah 2019 ganti presiden, 2019? 2019? 2019? Takbir!" cetusnya diiringi sahutan "ganti presiden" dan 'Allahu Akbar" oleh para hadirin.


BBC: Prabowo sebut 'tidak boleh kampanye' di Reuni 212, Rizieq serukan ...
Para peserta Reuni 212 berkumpul di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (2/12).

BBC: Prabowo sebut 'tidak boleh kampanye' di Reuni 212, Rizieq serukan ...
Sejumlah peserta acara Reuni 212 membentangkan spanduk bertuliskan '212 Kafilah Boyolali' yang merujuk pidato Prabowo beberapa pekan lalu mengenai 'tampang Boyolali'.

BBC: Prabowo sebut 'tidak boleh kampanye' di Reuni 212, Rizieq serukan ...
Sejumlah peserta Reuni 212 memakai atribut bertuliskan kalimat tauhid.

Kawasan Monas, tempat acara Reuni 212 digelar, ramai dipadati massa yang berdatangan sejak salat subuh.
Para peserta menunaikan salat subuh berjamaah sekitar pukul 04.20 WIB dan selesai pukul 04.50 WIB, menurut pemantauan laman detik.com


Sejumlah tokoh yang hadir mencakup Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid, Sekjen PKS Mustafa Kamal, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, dan juga Ketua Badan Pemenangan Nasional pasangan capres-cawapres Prabowo-Sandiaga, Djoko Santoso.


BBC: Prabowo sebut 'tidak boleh kampanye' di Reuni 212, Rizieq serukan ...
Sejumlah peserta Reuni 212 mengacungkan dua jari ketika dipotret.

Di sekitar kawasan Monas, sejumlah peserta sesekali mendendangkan shalawat dan Cumiikkan takbir sambil mengangkat bendera bertuliskan kalimat tauhid."Islam bersatu, tak bisa dikalahkan," teriak sekelompok remaja perempuan. 

"Takbir, Allahuakbar!"

Beberapa duduk di jalanan, berdesakan dengan peserta yang mencoba memasuki area Monas. Sedemikian padatnya, perlu waktu 30 menit hingga 1 jam bagi peserta untuk setidaknya melewati gerbang Monas.


Massa yang mengikuti acara ini berdatangan dari berbagai tempat, termasuk dari luar Jakarta.


Setia Budi, datang dari Boyolali, Jawa Tengah, bersama rekan-rekannya. Dia membantah mengikuti Reuni 212 guna mendukung Prabowo Subianto sebagai capres.


"Saya ke sini karena semangat persatuan umat Islam, untuk keutuhan NKRI," cetusnya seraya mengacungkan dua jari.
Hal senada dikemukakan Mimi Sumiati, yang datang bersama suaminya dari Cibinong, Jawa Barat.


"Semangat saya ke sini cuma sebatas solidaritas sesama muslim, nggak lebih, nggak ada misi apapun," ujarnya kepada wartawan BBC News Indonesia, Rivan Dwiastono.


Menjelang pukul 11.00 WIB, massa berangsur meninggalkan lokasi.


BBC: Prabowo sebut 'tidak boleh kampanye' di Reuni 212, Rizieq serukan ...
Para peserta Reuni 212 bertolak dari Stasiun Depok menuju kawasan Monas menggunakan kereta commuter line.

Acara Reuni 212 ini diikuti massa yang berdatangan sejak dini hari WIB. Pada pukul 05.00 WIB, mereka memadati Stasiun Depok. Para pria memakai kopiah dan baju koko putih, sedangkan para perempuan mengenakan jilbab putih.
Mereka antre menumpang kereta api yang akan membawa mereka menuju kawasan Monas.


BBC: Prabowo sebut 'tidak boleh kampanye' di Reuni 212, Rizieq serukan ...
Para peserta Reuni 212 menggunakan kereta commuter line dari luar Jakarta menuju kawasan Monas.

Di jalan utama Kota Depok, massa bersepeda motor membawa bendera merah putih dan bendera tauhid—yang akhir-akhir ini menjadi topik kontroversial.


BBC: Prabowo sebut 'tidak boleh kampanye' di Reuni 212, Rizieq serukan ...
Massa peserta Reuni 212 berkonvoi dari Kota Depok, Jawa Barat, menuju acara di Monas, Jakarta Pusat.

Dalam rangkaian acara yang diterima BBC News Indonesia, Reuni 212 akan diisi oleh berbagai ceramah dan sambutan, termasuk dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


Kelompok 212 berada di balik upaya yang berhasil memenjarakan Basuki Tjahaya Purnama Ahok yang saat itu menjadi gubernur DKI Jakarta atas dakwaan penistaan agama.


Setelah Ahok dipenjara, sejumlah figur belakangan memutuskan keluar dari kelompok 212. Mereka antara lain Kapitra Ampera dan Usamah Hisyam.


Calon wakil presiden yang mendampingi Joko Widodo Ma'ruf Amin mengakui ikut menggagas gerakan kelompok 212.
Tiga orang ini menganggap gerakan 212 seharusnya bubar saat Ahok divonis bersalah dalam kasus penistaan agama.
Kapitra misalnya, menyebut kelompok 212 sejak awal tidak dibentuk untuk menjadi mesin politik, apalagi menyokong pencalonan Prabowo.

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-46416341


------------------------------

Scorpions - Wind Of Change




... arah angin kayaknya ada tanda-tanda sudah mulai berubah di negeri ini ...

emoticon-Sorry
Diubah oleh shahrani2019
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Apa yang Paling Ditakuti dari Reuni 212?
14 jam lalu

BBC: Prabowo sebut 'tidak boleh kampanye' di Reuni 212, Rizieq serukan ...
Reuni 212 adalah pertanda alam bagi mereka yang tanggap ing sasmito. Romantisme dan kerinduan pada suasana Aksi 212 dan dorongan keras angin perubahan, melebur menjadi satu dalam lautan massa berpakaian putih yang membeludak memenuhi kawasan Monas dan sekitarnya 2 Desember 2018.

Oleh : Hersubeno Arief.

Angin perubahan (wind of change) itu sepanjang pagi hingga siang hari ini, Ahad (2/12) berhembus kencang dari arah lapangan Monas, Jakarta.

Hembusannya pasti terasa sangat kuat menelusup dan menebus ruang-ruang Istana Kepresidenan yang lokasinya hanya berjarak sepelemparan batu di sebelah Utara. Angin Selatan itu bahkan sesungguhnya sudah mulai terasa sejak sore, malam, hingga dinihari. Ketika massa mulai berbondong-bondong mendatangi lapangan Monas dari berbagai arah penjuru mata angin.

Mereka tidak hanya hanya datang dari kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), namun datang dari berbagai kota di seluruh Indonesia, bahkan juga kota-kota di dunia. Mereka merangsek ke pusat jantung kekuasaan di Indonesia.

Romantisme dan kerinduan pada suasana Aksi 212 dan dorongan keras angin perubahan, membawa mereka datang berbondong-bondong dengan menggunakan berbagai moda transportasi darat, laut dan udara menuju Monas. Arena yang diapit Istana Presiden, Istana Wakil Presiden, Balai Kota DKI Jakarta, dan sejumlah kantor pemerintahan, Markas Kostrad TNI dan Markas Besar TNI AD menjadi saksi besarnya kekuatan rakyat.

Tak perlu diperdebatkan, apakah jumlah massa yang hadir 5 juta, 7 juta, 10 juta, atau hanya 300 ribu seperti diberitakan CNN, atau bahkan hanya 20 ribu seperti diprediksi Ketua IPW Neta S Pane.

Melihat visual udara membeludaknya massa, jumlah peserta reuni kali ini setidaknya sama, bahkan bisa jadi lebih besar dibandingkan Aksi 212 tahun 2016. Stasiun TV One memperkirakan jumlahnya lebih besar, hal itu setidaknya dapat dilihat dari padatnya shaf ketika peserta sedang sholat.

Fakta ini menunjukkan sebesar apapun kekuatan yang dikerahkan, akan sulit melawan kehendak rakyat, apalagi kehendak alam. Seorang penguasa dalam falsafah Jawa memang seharusnya peka terhadap tanda-tanda alam. Tanggap ing sasmito. Peka terhadap hal-hal yang bersifat simbolis.

Beberapa pekan sebelum pelaksanaan acara, aparat keamanan, dan sejumlah tokoh penting, termasuk para pemuka agama mencoba membangun opini, reuni ini tidak penting dan mengada-ada. Tak cukup hanya dengan membangun opini, ada kelompok yang mengancam akan membubarkan dan membuat acara tandingan serupa.

Menariknya mereka yang melakukan ancaman ini mengadakan jumpa pers di Markas Polda Metro Jaya. Kelompok yang menamakan diri “Jaga Indonesia” ini juga mengancam akan melakukan sweeping bendera tauhid. Foto-foto para aktivis “jaga Indonesia” bersama pejabat Polda Metro Jaya tersebar luas di dunia maya.

Sejumlah spanduk yang mengecam dan mendiskreditkan reuni disebar massif di berbagai sudut kota Jakarta. Para peserta reuni digambarkan sebagai kelompok yang akan memecah belah persatuan bangsa, dan anti NKRI.

Di media sosial para buzzer kubu petahana juga diinstruksikan untuk tidak satupun menanggapi aksi reuni 212. Bahkan untuk sindiran atau satire pun tidak diperbolehkan. Mereka mencoba menenggelamkan isu tersebut di medsos dan media konvensional dengan mengangkat berbagai isu lain.

Yang coba mereka tampilkan adalah #AndaiNikahanku10M. Tagar ini diambil dari kisah pernikahan seorang anak taipan di Surabaya yang digelar secara besar-besaran. Isu ini memang tengah digoreng oleh sejumlah media online besar yang sering diketahui digunakan untuk menggoreng isu yang mendeskreditkan kelompok oposisi. (lihat tautan beritanya : Ramai Guyonan Kocak #AndaiNikahanku10M)

Selain itu para influencer dan petinggi partai pendukung petahana mencoba menggoreng isu korupsi keluarga Cendana, dan pidato Prabowo di Singapura. Semua itu hanyalah pengalihan isu, sehingga perhatian publik teralihkan dari Reuni 212.

Tak cukup hanya dengan itu, aparat keamanan juga melakukan gelar pasukan besar-besaran di Lapangan Monas, hanya dua hari menjelang pelaksanaan reuni. Yang mencolok dari gelar pasukan kali ini adalah hadirnya personil dan peralatan tempur TNI dalam jumlah besar.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian sampai mengaku terkejut dengan jumlah pasukan yang dikerahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjono jumlahnya mencapai 43 ribu. Sementara Polri hanya mengerahkan sembilan ribu personil.

Kendati dibungkus sebagai apel Operasi Lilin, yakni operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru, namun agak sulit untuk membantah, gelar pasukan itu sebagai show of force untuk menakut-nakuti kafilah yang akan hadir dalam reuni.

Pada tahun 2016 apel Operasi Lilin dilaksanakan pada tanggal 21 Desember, sementara tahun 2017 dilaksanakan pada tanggal 22 Desember. Artinya hanya beberapa hari sebelum Natal. Sementara tahun ini sudah digelar pada awal bulan Desember yang kebetulan kok hanya dua hari menjelang reuni.

Jumlah pasukan TNI yang jumlah jauh lebih besar dibandingkan Polri juga menimbulkan pertanyaan. Sebab kehadiran pasukan TNI dalam operasi semacam itu adalah perbantuan untuk memperkuat Polri. Demikian pula halnya peran Panglima TNI yang bertindak sebagai inspektur upacara. Biasanya apel semacam ini dipimpin oleh Kapolri.

Acara akbar seperti reuni 212 ini bukan kali pertama digelar. Jika dihitung sejak Aksi Bela Islam (ABI) 1, sampai puncaknya Aksi 212 yang menghadirkan jutaan orang, terbukti selalu berlangsung aman. Jadi tidak perlu pengamanan yang berlebihan, apalagi menghadirkan peralatan tempur.

Di lapangan pada hari ini, aparat kepolisian dan TNI boleh dikatakan relatif nganggur. Mereka hanya menatap kosong para kafilah yang mengalir deras ke Monas. Sebagian tergagap dan kemudian mengumbar senyum ketika diberi salam dan diajak berjabat tangan oleh para peserta reuni.

Momentum Prabowo

Mengapa pemerintah, dan aparat keamanan seperti sangat ketakutan dengan kegiatan tersebut? Mengapa mereka mengerahkan segala cara agar acara tersebut gagal, atau setidaknya pesertanya tidak membludak?

Jawabannya cukup jelas. Keberhasilan kegiatan ini adalah indikasi berhasilnya konsolidasi umat, terutama muslim perkotaan menjelang Pilpres 2019. Aksi serupa pernah berhasil menumbangkan Ahok pada Pilkada DKI 2017, maka bukan tidak mungkin juga bisa mengancam Jokowi. Apalagi Pilpres tinggal beberapa bulan lagi.

Secara afiliasi politik, para pendukung 212 adalah penentang Jokowi, karena dia dianggap sebagai pendukung utama Ahok. Dalam hal ini posisi Prabowo lebih diuntungkan. Kehadiran Prabowo pada acara reuni semakin mempertegas itu. Kendati hanya berpidato pendek karena khawatir dituding melakukan kampanye, namun kehadiran Prabowo merupakan signal politik yang sangat jelas. Apalagi kehadiran Prabowo mendapat sambutan yang luar biasa dari hadirin.

Reuni ini juga semakin menegaskan bahwa dari arah angin politik yang berhembus beberapa bulan menjelang Pilpres, sebagai penantang Prabowo mendapat momentum.

Dari dunia internasional, Prabowo mendapat angin segar dengan tampil pada forum 500 Gobal CEO yang digelar Majalah The Economist di Singapura, dan endorsement dari PM Singapura Lee Hsien Loong yang menerimanya secara resmi di kantornya. Sementara di dalam negeri keberhasilan Reuni 212 juga menunjukkan keberhasilan konsolidasi kelompok oposisi.

Publikasi survei yang menunjukkan selisih elektabilitasnya dengan Jokowi semakin menipis, menjelaskan mengapa pemerintah dengan berbagai cara mencoba mencegah Reuni 212.

Momentum kini di tangan Prabowo. Untuk kawasan perkotaan, dan muslim terdidik, Prabowo dipastikan sudah lebih unggul. Pekerjaan rumah terbesar Prabowo adalah masuk ke kelompok miskin, pendidikan rendah, dan pedesaan. Di basis suara ini, Jokowi masih sangat kuat, terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Masih ada waktu selama lima bulan yang tersisa. Prabowo harus bisa memanfaatkan momentum angin perubahan yang saat ini tengah berhembus kencang.

Seperti kutipan syair lagu Wind of Change dari Group Band terkenal asal Jerman Scorpion : The future is in the air/I can feel it everywhere/blowing with the wind of change/take me to the magic of the moment. end
https://www.hersubenoarief.com/artik...ari-reuni-212/
tampang-tampang madesu emoticon-Leh Uga
Lets hope so..
BBC: Prabowo sebut 'tidak boleh kampanye' di Reuni 212, Rizieq serukan ...
Apa ada tanda di/tii bangkit lagi gak ya?
Pnjang bnget males baca komeng ajeemoticon-Traveller
Hemm,
Mau mengagungkan kalimat tauhid tapi ada yg dipake buat pentup kepala, ada yang dipake buat penutup mulut, ada yag disangkutin di belakan motor.

Mudah2n yang seperti itu dimudahkan pikiran dan ahklaknya.
BBC: Prabowo sebut 'tidak boleh kampanye' di Reuni 212, Rizieq serukan ...

wajah2 bersih bercahaya
Quote:


will see about that...
Jumlah pendemonya turun signifikan.

Madesu

emoticon-Hammer2
Cuman acara kumpul2 aja
Mengusung pemimpin yang ga muslim banget emoticon-Big Grin yang mengangkangi ijtima ulama sendiri emoticon-Big Grin yang merupakan bagian dari rejim orba emoticon-Big Grin yang merupakan cikal bakal berkuasanya kembali keluarga cendana emoticon-Big Grin yang di usung oleh kaum2 radikal emoticon-Big Grin

Ketauan kan, anjingnya yg mana
emoticon-Ngakak
bukannya NGABALIN dan KAPITA, pindah ke JOKOWI... emoticon-Confused




next... MUNARMAN KOPI TUMPAH menyusul... emoticon-shakehand
Balasan post shahrani2019
BBC: Prabowo sebut 'tidak boleh kampanye' di Reuni 212, Rizieq serukan ...
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Kadang mau komentar tapi takut, karena yang mau dikomentari 'dibelakang' agama..
emoticon-Malu
capres apaan ini...satu ayat pun kaga disuarakan...emoticon-Cendol Gan
Bergerak dengan cara orang kapir emoticon-Wkwkwk
katanya bukan acara politik, TAPI :

yang alumni kagak diundang (jokowi, JK, maruf amin)
yang bukan alumni malah diundang (wowo, sandi, abud) emoticon-Big Grin

ada 2 capres, tapi hanya 1 yang diundang emoticon-Big Grin

katanya isinya doa, sholawat dan dzikir
tapi kenyataannya isinya teriak, gantipresiden dan wowo presiden emoticon-Big Grin

mo bilang kampanye WOWOW aja malu2 neh panitia wirog sableng

emoticon-Wkwkwk

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di