alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Peta Wilayah Terdampak Gempa Sulteng Segera Rampung
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0455e4ddd77010228b4568/peta-wilayah-terdampak-gempa-sulteng-segera-rampung

Peta Wilayah Terdampak Gempa Sulteng Segera Rampung

Peta Wilayah Terdampak Gempa Sulteng Segera Rampung

Palu: Badan Informasi Geospasial (BIG) menargetkan pembuatan peta dasar di sejumlah wilayah terdampak gempa Sulawesi Tengah rampung pada akhir Desember 2018. Saat ini, tim masih mengumpulkan data dan pengambilan gambar udara di Kota Palu, Sigi, Donggala, dan Parigi Moutong.


'Jadi setelah gempa Palu, BIG mendapat tugas untuk memetakan area yang terdampak untuk kebutuhan tata ruang, itu kita akan buat peta dasar skala 1 banding 1000 dan 1 banding 5000,' kata Kepala Bidang Pemetaan Rupabumi Skala Besar BIG, Batoro Wisnu di Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, Kota Palu, Sulawesi Tengah, Minggu, 2 Desember 2018.


Wisnu menjelaskan, pengambilan gambar dilakukan tiga pesawat khusus untuk luas wilayah sekitar 2.064 kilometer persegi. Pesawat tersebut sudah disiapkan dengan segala kebutuhan survei, seperti kamera khusus dan peralatan penunjang lainnya.


Wisnu menegaskan dalam prosesnya, tim BIG harus terlebih dahulu melakukan akuisisi data dengan menggunakan foto udara. 'Untuk akuisisi data diharapkan akhir Desember ini selesai, jadi 28 Desember selesai. Data yang sudah selesai diolah akan kita lanjutkan langsung dengan proses pemetaan dan diharapkan akhir Januari selesai untuk pemerataan nya,' ungkap Wisnu.


Baca: Peta Potensi Gempa Bumi Diperbaharui


Wisnu mengatakan, dalam praktik di lapangan, anggota melakukan pemetaan udara dengan menggunakan foto udara atau Lidar (Light Detection and Ranging). Foto udara itu akan digunakan sebagai data untuk peta dasar.


Setelah data terkumpul dan diproses oleh tim, data tersebut akan diperlukan untuk tata ruang maupun pembangunan.


Menurut Wisnu, data dalam bentuk tiga dimensi tersebut akan sangat membantu pemerintah untuk menentukan wilayah yang laik untuk pembangunan maupun keperluan lainnya.


'Nanti hasil dari peta dasar nya itu kemudian digunakan sebagai informasi dasar untuk kebutuhan macam-macam, apakah kemudian relokasi, kamudian juga rencana tata ruang dan macam-macam yang dibutuhkan pascagempa ini,' pungkas Wisnu.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/peristiw...segera-rampung

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Peta Wilayah Terdampak Gempa Sulteng Segera Rampung Pemulihan Trauma Korban Gempa Sulteng

- Peta Wilayah Terdampak Gempa Sulteng Segera Rampung Gempa Mamasa Berkorelasi dengan Palu, Sigi & Donggala

- Peta Wilayah Terdampak Gempa Sulteng Segera Rampung Tunjungan Senilai Rp76,2 Miliar untuk Guru di Sulteng Mengucur

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di