alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cara Menghindari Agar Tidak Menjadi Korban Pelecehan Seksual Artikel ini telah taya
1.67 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c040cf2fcef8787348b4567/cara-menghindari-agar-tidak-menjadi-korban-pelecehan-seksual---artikel-ini-telah-taya

Cara Menghindari Agar Tidak Menjadi Korban Pelecehan Seksual

Cara Menghindari Agar Tidak Menjadi Korban Pelecehan Seksual


Jumat, 30 November 2018 04:28

WARTA KOTA, PALMERAH--- Perempuan kadang tak semuanya berani melawan secara langsung pelaku yang melecehkannya secara seksual.

Bila begitu, sebenarnya ada yang bisa dilakukan agar tak terus menjadi korban pelecehan seksual.

Rika Rosvianti dari perEMPUan dalam bincang media mengatakan, cara pertama adalah segera meninggalkan tempat kejadian dan bergeraklah ke tempat ramai.

"Segera tinggalkan tempat kejadian lalu cari keramaian. Kalau di tempat ramai, pelaku cenderung sedikit-sedikit menyingkir," kata Rika seperti dilansir Antaranews.com.

Maklumi Anda menghadapi shock sehingga jangan menyalahkan diri bila menjadi korban pelecehan seksual.

Siapa saja bisa menjadi korban pelecehan seksual, sekalipun dia aktivis perempuan.

Setelah berada di tempat ramai, cobalah menenangkan diri dan menghubungi orang yang dipercaya, entah itu teman, pasangan atau keluarga.

Menurut Rika, salah satu kunci dalam penanganan pelecehan seksual adalah bercerita pada orang yang dipercaya untuk mengurangi trauma sekaligus memperingatkan orang lain bahwa ada pelaku pelecehan di sekitar mereka.

"Orang jadi bisa tahu itu pelakunya sehingga berhati-hati. Bantu diri sendiri dulu karena terkadang orang lain tak memahami situasi sehingga malah menyalahkan korban," kata Rika.

Anindya Restuviani dari Hollaback Jakarta mengingatkan untuk menjaga keamanan diri dan setidaknya tunjukan rasa tak suka menjadi korban walau lelah mendera.

"Ingat keamanan diri. Kalau lelah merespon, setidaknya kita perlihatkan kalau kita enggak suka (dilecehkan). Kalau enggak bisa langsung melawan ya cerita. Setidaknya lakukan sesuatu," kata dia.

Rika menambahkan, sekedar pura-pura merekam pelaku juga bisa menjadi cara ampuh agar dia berhenti melecehkan Anda.

Sumber Berita: http://wartakota.tribunnews.com/2018...ecehan-seksual

===========================
Komen TS


Jujur aja gw jijik banget kalo ada seleb dan aktivis yang sok berpikiran open-minded atau sok kayak orang barat sono yang kritis, tapi aslinya logika nya cetek banget..

Apalagi yang suka berpakaian terbuka & nunjukin toketnya atau pake rok mini ketat yang nunjukin bentuk bokongnya dan paha mulusnya..

Mereka yang suka bilang:
"Kalian suruh perempuan nutup aurat biar ngga diperkosa, trus laki-laki harus nutup apa biar ngga memperkosa"

coba kita analogikan bagian tubuh perempuan itu adalah rumah

"Kalian suruh pemilik rumah nutup rumah biar ngga dimaling, trus maling harus nutup apa biar ngga maling"

Tuh kan.. goblok logikanya.. kegoblokan absolut.. Gini nih kalo keracunan pola pikir dan logika oon-nya Ngahoker kebasukian..

Sebenernya orang-orang nyuruh perempuan menutup aurat itu bukan karena menyalahkan korban. Tapi justru mengingatkan korban agar melakukan antisipasi dan memperkecil peluang pelaku pelecehan seksual untuk melecehkan perempuan..

Ini sama kyak mengingatkan pemilik rumah untuk menutup rumahnya agar tidak gampang dimaling..

Ini masalah logika yang benar.

Kalo lo punya rumah, apakah lo biarin rumah lo mudah dimasukin maling?! Apakah lo biarin aurat lo terbuka biar gampang dilecehin?

Lo bisa aja protes pada maling, baik rumah tertutup dan terbuka, siapapun ga berhak maling. Ya memang bener kalo lo berargumen gitu, tapi itu ga smart..

Berapa orang maling sih yang bakal dengerin omongan lo meskipun itu bener secara hukum.

Jadi, tindakan yang paling cerdas adalah menutup rumah lo, menguatkan sistem pertahanan dan keamanannya...

Itu lebih efektif membuat rumah lo ga gampang di maling daripada lo ngomel2 menuntut semua maling tidak coba-coba untuk maling rumah lo.

Orang cerdas jelas bisa tahu bedanya antisipasi dengan victim blaming. Mereka itu tidak memposisikan korban sebagai pelaku, tapi justru menyadarkan korban untuk tidak memberi kesempatan pada pelaku pelecehan.

Kalo lo menyuruh maling buat ga maling, itu ngayal namanya.. Delusi.. Halu.. Lo itu ngga realistis, pelecehan seksual sampe kiamat juga bakal tetep ada.

Itu sama aja lo nyuruh maling buat berhenti maling.

Lo ga cerdas.. kita ga perlu capek-capek nyuruh maling buat ga maling.. cukup kita perkuat pertahanan dan keamanan rumah kita.

Emang siapa lo bisa merubah dunia? Lo Tuhan?

Diubah oleh l4d13put
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
menarik ... emoticon-Metal
gelar tiker dulu
Bisa juga lapor polisi.
Tenang sob cebong taikers cyma doyan sesama batang..
Cara Menghindari Agar Tidak Menjadi Korban Pelecehan Seksual Artikel ini telah tayaCara Menghindari Agar Tidak Menjadi Korban Pelecehan Seksual Artikel ini telah taya
Tetap berusaha.
Quote:


jadi gimana caranya supaya orang gk jadi maling?? biasanya orang jd maling dalihnya karena ekonomi tuh
Antara TS bego, ngetroll atau emang kelewat polos?

Angka pelecehan seksual di negara bercadar rendah bukan karena cadar itu efektif. Tapi karena definisi pelecehan seksual di negara mereka itu sangat rancu.

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Rape...n_Saudi_Arabia

Malah korban pemerkosaan ada yang kena hukum cambuk

Quote:


Inget Tuti tursilawati?

Lo pernah ke Jepang? Gue yakin kagak emoticon-Leh Uga

Kenape Jepang dan negara-negara barat malah lebih aman? Malah "pengungsi" timur tengah pada milih negara barat dibandingin negara tetangganya?

Yang jelas hukum dan adab abad ke 7 udah ga bisa diaplikasikan jama sekarang coi. Coba lo sekarang kalo liat bapak-bapak umur 50 kimpoiin bocah 10 taon gimana reaksilo? emoticon-Leh Uga
Terus apa kata tawanan perang di timur tengah yang tertutup rapat itu tong? yang boleh diapain aja emoticon-Malu (S)
emoticon-Leh Uga
Balasan post lexarrio
Quote:


Gw sering ke Eropa dan Jepang.. di sana banyak bgt pelecehan seksual.. Tapi lo ga bakal tahu kalo lo cuma turis yang ngikut guide doang.. Lo harus travelling tanpa guide

Justru di Eropa itu yang rancu, nyium bibir & ngremes bokong aja ga dianggep pelecehan kalo di negara-negara Barat
Balasan post Xaruduy.dua
Quote:


betul bgt lo bro.. susah emang lurusin logika cebongemoticon-Leh Uga

Quote:


Oo gitu yah... wah wah wah ngeri banget ya emoticon-Takut

Udah tau kayak gitu, kenapa banyak pengungsi "anak-anak dan wanita" dari timur tengah pada kabur ke eropa? emoticon-Leh Uga

Lo ndiri udah tau gitu kenapa sering ke eropa dan jepang? emoticon-Leh Uga

Kok kagak ke arab atau negara bercadar lainnya yang bebas dari pelecehan seksual sama sekali? emoticon-Leh Uga

Quote:


bang54t tuh emang! emoticon-Marah Yang dicium dan diremes bokongnya dihukum cambuk kagak? emoticon-Leh Uga
Diubah oleh lexarrio
Terus logikamu menutup aurat itu gimana? Tutup semua sampe cuma keliatan mata? Atau boleh kelihatan lengan? Tumit kaki boleh gak?

Memang kalau seperti negara barat yang bisa pake lingerie di tempat umum saya juga tidak setuju karena tidak sesuai budaya asia. Tp kl pake one piece dress aku rasa masih wajar. Di indo kan kebaya dll masih dipakai.
Quote:


Dress mau kayak apa ga pengaruh

Doktrin dari pihak otorita yang lebih pengaruh. Kalo dalam kasus ini ya agama. Manusia-manusia ini dari kecil sampe dewasa dicekoki agama oleh masyarakat dan lingkungan.

Inget ungkapan dari Bupat dari daerahi paling syarii seindonsia :

Quote:


Mantab ga? emoticon-Toast

Doktrin barbar dan tolol peninggalan abad 7 mau dibangkitkan lagi di jaman sekarang ya kagak bakal nyambung emoticon-Betty
Balasan post lexarrio
Quote:


Kita analogikan tubuh perempuan itu harga yang berharga.. Misalnya Ruko dan seisinya..

Supaya ruko kita ga gampang dimaling, tindakan preventif apa yang bakal lo lakuin ke ruko lo biar ga dimaling:
a. Ditutup rapat, kasih pintu harmonika, pasang teralis semua jendela
b. Ditutup sebagian, dan dibiarkan terbuka sedikit. Jadi ditutup pake pintu biasa
c. Ditutup dikit aja, kasih tirai doang akses untuk masuk ruko
d. Ga usah dikasih pintu dan jendela, biarin terbuka aja..

Quote:


mana ada dalil kyak gitu.. itu kan buku sempak tuh yg gitu

ruko lu ga usah dikasih tutup aja bray..
Balasan post l4d13put
Quote:


Naih itu kan ruko. Ini orang,makanya aku mau tanya ditutup sampai mana.
Dan itu pun tergantung daerahmya. Kalau daerahnya orang kaya keamanan terjamin ya aku pintu sama jendela biasa. Kalau daerahnya gotham,isinya penduduknya penjahat sama orang miskin semua aku pasang pintu baja alarm sama bom sekalian. Indonesia masuk daerah yang mana bray?
tertutup atau kaga, semua orang tetep sulit menghindari sexual harrasment sederhana..
contoh: cat calling atau siulan


ane sering mengalami cat calling dari cewe sma sekitar komplek rumah, entah kenapa... mungkin karena ane terlihat tamvan..
emoticon-Leh Uga

pelecehan sexual bisa terjadi ama siapapun.. bahkan akhir² ini banyak orang mengidap nun-fetish.. makin lihat yang tertutup malah makin merangsang..
bahasa gaulnya jilboobs..
emoticon-Salam Kenal
Males baca, panjangan komen lu drpd isi berita

emoticon-Ngacir
Quote:


Gue pernah dapet debat beginian analogi yang dipake sama persis. Gampang banget matahinnya. Lo pade emang diajarin kata per kata atau gimane? emoticon-Leh Uga

Gini nyet, analogilo udah ngaco dari awal. Lo nyamain perempuan sama ruko. emoticon-Leh Uga

Yang jelas kalo mau dapet pelanggan ya ruko gue buka. Kalo ditutup pelanggan mau masuk mana? emoticon-Leh Uga

Kalo pas ditinggal pergi, ga ada yang jaga ya baru memang ditutup, dikunci rapat. Tapi ini kan ruko.

Lo ke amerika selatan yang banyak drug lordnya sama elo ke canada ya jelas beda tingkat keamanannya. Lo ke afghanistan sama ke jepang ya jelas lo bakal milih ke jepang. Ya ga?

Nah kalo banyak kasus pelecehan seksual, berarti lingkungannya yang emang ga beres. Masa iya si cewek mau lo konci pake teralis? emoticon-Leh Uga

Denial bahwa permasalahan ini ada dan malah menunjuk ke pakaian ga akan menyelesaikan masalahnya. Sama kayak india, setelah gang rape terjadi baru heboh satu negara. Padahal pakaian mereka ga ketat-ketat amat.

Bego.

Quote:


Lo ngomong gih sama nih orang :

Quote:


https://jakartaglobe.id/archive/west...e-hell-to-pay/
Quote:


Ini contohnya, cat calling. Banyak orang ga sadar cat calling itu termasuk harassment kan?

Terus kena cat calling ceweknya harus dibungkus kayak gini gitu?

Cara Menghindari Agar Tidak Menjadi Korban Pelecehan Seksual Artikel ini telah taya

Yakin sexual harassmentnya bakal berkurang? Kalo culture dan doktrinnya mengencourage pelecehan seksual sampe kiamat juga ga akan berubah tingkat pelecehannya.

Cara Menghindari Agar Tidak Menjadi Korban Pelecehan Seksual Artikel ini telah taya
Balasan post lexarrio
Quote:


Ga ada satupun tempat di bumi ini yang aman..
Gw yakin, dimana pun tempatnya, pasti ruko dikasih pintu yang kuat

Quote:


Trus kenapa di Canada ada polisi patroli kalo aman?

Kenapa too-toko di Jepang diaksih CCTV segala? kalo aman kan harusnya nyantai aja, ga perlu dikasih CCTV segala

Kenapa di sana toko atau ruko juga dikasih pintu, kenapa ga dibiarkan terbuka aja?

Maling itu bukan cuma pas tutup aja lho, pas buka juga ada


Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di