alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Input & Output Dalam Kehidupan Sehari-hari
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c04055714088da7698b4567/input-amp-output-dalam-kehidupan-sehari-hari

Input & Output Dalam Kehidupan Sehari-hari


Input & Output Dalam Kehidupan Sehari-hari

emoticon-nulisah

Apa yang terpikirkan oleh kalian ketika membaca judul diatas?

Bahasa pemrograman?

"When there is an input, there should always be an output."

Ya, input dan output adalah kata yang kerap kali kita jumpai di dunia pemrograman, setiap input yang dimasukan, pasti akan ada output yang entah itu berjalan sesuai yang kita harapkan atau tidak.
Spoiler for Browsing:

Apakah kalian sering mengikuti workshop, melihat video-video dokumentasi/ tutorial di Youtube, membaca buku/blog? Ya, kita merasa puas mengkonsumsi nya dengan pemikiran bahwa kita telah mendapatkan sesuatu, ilmu baru yang akan bermanfaat bagi kita. Tetapi apalah gunanya ilmu tersebut jika kita tidak memproduksi output sama sekali.

Kita tidak selalu harus memikirkan apakah output tersebut akan bermanfaat bagi orang lain atau tidak, yang pasti bermanfaat bagi diri kita terlebih dahulu, karena saya percaya bahwa secara langsung atau tidak langsung sesuatu yang bermanfaat bagi diri kita juga akan bermanfaat bagi orang lain.
Spoiler for Drawing:

Sebagai contoh; saya suka seni, khususnya melukis. Dulu saya suka sering menonton video-video tutorial, selesai satu, lanjut dengan yang lain, begitu dan seterusnya. Akhirnya saya mengetahui berbagai macam teknik tetapi tidak dapat melakukan nya diatas kertas. Ini menjelaskan kebanyakan input tanpa output tidak akan membawa kita kemanapun.
Spoiler for :

Nah melukis jika dlihat memang hanya bermanfaat bagi saya sendiri, namun kedepan nya jika diteruskan, karya yang saya buat mungkin bisa menjadi inspirasi yang secara tidak langsung bisa memberi dampak positif bagi orang lain.

Contoh lainnya adalah tulisan ini, sebenarnya ide awal tulisan ini saya dapat dari satu kalimat yang diucapkan seorang pembicara di salah satu workshop yang saya kunjungi yaitu:

“Semua jurnal yang kamu terbitkan hanya akan berguna bagi mu jika hasilnya tidak bisa diaplikasikan dan bermanfaat bagi orang sekitar.” Lalu si pembicara menjelaskan bahwa inilah yang disebut ‘masturbasi’, melakukan sesuatu hanya untuk kepuasan sendiri.

Mungkin tidak semua ilmu yang si pembicara sampaikan diresap otak saya, akan tetapi dengan satu bait, satu kalimat yang saya dengarkan di workshop tersebut dapat melahirkan tulisan ini yang dapat memberikan pandangan baru setidaknya minimal kepada satu orang.
Spoiler for Nonton:

Bahkan sekedar menonton film yang kita lakukan sehari-hari pun dapat mengeluarkan output sekaligus mengasah kemampuan kita di bidang tertentu seperti; menulis ulasan, membuat video ulasan, mempelajari film tersebut dari teknik video nya hingga pembentukan alur cerita. Sebenarnya banyak saja yang bisa kita dapat dari hal-hal sederhana di sekitar kita asalkan kita pintar melihatnya.

emoticon-nyantai
Sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca!

Sumber Tulisan: Renungan TS
Sumber Gambar: Om Google

Diubah oleh darrenkirana
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
I/O??? maksud ente beginian? emoticon-Belo

Input & Output Dalam Kehidupan Sehari-hari


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di