alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Muatan politik dalam Reuni 212
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c03b959e4ef87d15c8b4568/muatan-politik-dalam-reuni-212

Muatan politik dalam Reuni 212

Muatan politik dalam Reuni 212
Peserta aksi Reuni 212 di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (2/12/2018).
Muatan politik tak bisa dihindari dalam Reuni 212, yang digelar pada Minggu (2/12/2018) di lapangan Monas, Jakarta. Dalam acara ini, aroma politik terkait pemilihan presiden (pilpres) sangat menusuk hidung.

Presiden Joko 'Jokowi' Widodo harusnya ikut dalam Reuni 212. Sebab, pada Aksi 212 dua tahun lalu, Jokowi ikut bergabung, bahkan naik panggung bersama Rizieq Shihab. Panitia Reuni 212 menyatakan, tak mengundang Jokowi karena menurut mereka Jokowi anti 212.

Justru yang diundang adalah Prabowo Subianto, rival Jokowi dalam Pemilihan Presiden 2019. Prabowo, dalam pidatonya yang tak panjang, sadar tak boleh mengutarakan hal-hal berbau politik, apalagi kampanye.

Namun bukan berarti acara ini bebas dari muatan politik. Rizieq, dalam rekaman suara yang disiarkan menyatakan, jangan memilih capres dan calon anggota legislatif yang menurutnya mendukung penista agama. Pernyataan ini ia ulang tiga kali.

Menurutnya, Indonesia sedang karut-marut. Untuk mengubahnya, dengan ganti presiden. Selain itu, ada dua lagu 'Astagfirullah Punya Presiden Si Raja Bohong' yang diputar dalam acara itu.

Beberapa alumni 212 menilai reuni ini ajang kampanye Prabowo-Sandi. Ketua Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Usamah Hisyam dan Pengacara Rizieq Shihab, Kapitra Ampera, menolak bergabung dalam reuni ini.

Menurut Usamah, acara ini hanya kendaraan politik. "Ini kampanye Prabowo-Sandi. Bukan aksi 212 dalam konteks agama ini," kata Kapitra yang kini menjadi caleg PDIP kepada Tirto.

Menurut Kapitra, dulu Aksi 212 bertujuan membela agama. Kini hanya bertujuan membela Prabowo-Sandiaga. "Ini panitia itu timses Prabowo-Sandi semua. Kami dulu itu dukung untuk bela agama dan penistaan, tapi sekarang sudah berubah," kata dia.

Secara personel, Gerakan 212 dan pendukung Prabowo memang lekat. Beberapa tokohnya menempati posisi strategis di Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan capres-cawapres Prabowo-Sandiaga. Slamet Ma'arif, yang menjadi Penanggung Jawab Reuni 212, juga menjadi Wakil Ketua Dewan Pakar BPN Prabowo-Sandiaga.

Andi Arief, anggota BPN Prabowo-Sandiaga, menilai tidak ada unsur kampanye dalam Reuni 212. Tapi, muatan politis tak bisa dihindari dalam acara tersebut. “Politik itu semua sah, asal jangan kejahatan,” kata Andi kepadaTempo, Minggu (2/12//2018). Menurut Andi, rekaman Rizieq itu bukan kampanye, tapi muatan politis yang tak terhindarkan karena masyarakat yang juga terpolitisasi oleh keadaan.

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade juga membantah menunggangi acara itu untuk mengkampanyekan Prabowo. “Habib Rizieq berhak menyampaikan pendapatnya,” ujar dia. Menurut Andre, jika banyak peserta yang meneriakkan ganti presiden, Prabowo Presiden dan sejenisnya, hal itu sama sekali tidak ada yang mengarahkan. “Kami kan enggak bisa mengontrol semua orang,” ujar dia.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta menilai acara itu tak ada kampanye terselubung. Menurut anggota Bawaslu DKI Jakarta Puadi, baik alat peraga maupun substansi acara, mereka sama sekali tak menemukan yang bermuatan kampanye.

Soal rekaman Rizieq, menurut Puadi itu adalah rekaman dua tahun lalu. Padahal ada dua rekaman. Rekaman dua tahun lalu dan rekaman yang memang dikhususkan untuk Reuni 212. Puadi hanya menilai rekaman dua tahun lalu, yang menurutnya tak melanggar.

Soal lagu, Puadi juga menilai tak masalah. "Sepanjang dia bukan tim kampanye, pelaksana, dan peserta, itu tidak ada hubungannya dengan kami, itu penyampaian pendapat mereka," ujarnya seperti dipetik dari detikcom, Minggu (2/12/2018).

Namun, jika ada yang menemukan pelanggaran di Reuni 212, Puadi berharap mereka melapor ke Bawaslu DKI Jakarta.
Muatan politik dalam Reuni 212


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...alam-reuni-212

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Muatan politik dalam Reuni 212 Aktivitas Gunung Anak Krakatau mereda

- Muatan politik dalam Reuni 212 Kenapa Basarah sebut Soeharto guru korupsi

- Muatan politik dalam Reuni 212 George H W Bush, Ayah dan pelayan terbaik bagi AS

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di