alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Aktivitas Gunung Anak Krakatau mereda
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c03a16c1a9975b3178b456e/aktivitas-gunung-anak-krakatau-mereda

Aktivitas Gunung Anak Krakatau mereda

Aktivitas Gunung Anak Krakatau mereda
Kantor Pengamatan Gunung Anak Krakatau (GAK) merilis foto salah satu letusan yang terjadi pukul 04.15 WIB di Serang, Banten, Minggu (2/12/2018). Status GAK masih tetap pada level Waspada dan warga dilarang mendekat dalam radius 2 kiilometer.
Gunung Anak Krakatau mengalami tiga kali gempa disertai asap tebal sejak Sabtu (1/12) hingga Minggu (2/12) dini hari.

Jumlah tersebut menurun dari catatan terakhir pada 27 November, ketika terjadi 18 kegempaan letusan dalam satu hari. Kendati demikian, letusan di gunung yang terletak di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, ini masih dalam skala kecil hingga sedang dan tak merusak.

Saat ini, sejak Sabtu hingga Minggu dini hari tadi, asap tebal kehitaman membumbung setinggi 400-500 meter dari atas puncak kawah. Seperti dilansir AntaraNews, gempa tersebut beramplitudo 58 mm, durasi 61-82 detik. Petugas mengamati kegempaan tremor menerus dengan amplitudo 18-58mm (dominan 56 mm).

Suara dentuman dan getaran membuat getaran pada kaca dan pintu di Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau yang berada di Pasauran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Sementara itu, pengamatan secara visual, asap kawah saat ini berwarna putih dan kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 50-100 meter di atas puncak kawah. Angin bertiup lemah ke arah timur laut dan timur. Suhu udara 24-32 derajat Celsius dan kelembapan udara 65-94 persen, dan tekanan udara 0-0 mmHg. Cuaca di sekitar gunung terpantau cerah.

Dengan adanya aktivitas tersebut, saat ini gunung bertinggi 338 m dpl itu masuk ke level II yang berarti waspada. Karenanya, masyarakat dan wisatawan pun diimbau untuk tak mendekat dalam radius 2 kilometer.
Masyarakat tak perlu khawatir
Aktivitas yang baru saja terjadi terbilang cukup kecil ketimbang yang pada 6 Juni 2018. Gunung setinggi 338 meter dari permukaan laut (m dpl) ini meletus sebanyak 745 kali. Letusan tersebut tercatat sebagai yang titik peningkatan intensitas letusan pada 2018.

Angka ini lalu disusul dengan letusan terbanyak kedua sebanyak 576 kali pada 18 Agustus 2018. Tinggi letusannya bisa mencapai 100 hingga 500 meter dari puncak kawah.

Angkanya pun berangsur menurun pada Oktober 2018.

"Rekomendasi PVMBG, masyarakat tidak boleh mendekati GAK (Gunung Anak Krakatau) dalam radius 2 kilometer dari kawah. Masyarakat di wilayah Pantai Banten dan Lampung harap tenang. Jangan mempercayai isu-isu tentang erupsi GAK yang akan menyebabkan tsunami," jelas petugas pos pantau, Deny Mardiono, seperti dikutip Suara.com, (03/10).

Letusan dan gempa yang kerap terjadi di Gunung Anak Krakatau memang tak perlu dikhawatirkan. Apalagi, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga kini tak ada peningkatan status. Sebab, level II sudah ditetapkan sejak 26 Januari 2012.

Status Waspada artinya aktivitas vulkanik di atas normal sehingga terjadinya erupsi dapat terjadi kapan saja. Tidak membahayakan selama masyarakat tidak melakukan aktivitasnya di dalam radius 2 km.

Erupsi tersebut juga merupakan hal normal. Sebab, hingga saat ini, gunung yang baru muncul pada 1927 setelah letusan Krakatau pada 1883 itu masih dalam tahap pertumbuhan.

Gunung ini pun masih aktif dan akan terus meletus untuk tumbuh besar dan tinggi dengan melakukan erupsi dengan energi yang tak terlalu besar. Rata-rata pertambahan tingginya bisa mencapai 4-enam meter per tahun.

Menurut para ahli, peluang untuk terjadi letusan besar seperti Gunung Krakatau juga sangat kecil, nyaris tak mungkin.

Gunung Anak Krakatau sendiri merupakan salah satu dari 127 gunung berapi yang masih aktif di Indonesia yang termasuk dalam cincin api (ring of fire).
Aktivitas Gunung Anak Krakatau mereda


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...rakatau-mereda

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Aktivitas Gunung Anak Krakatau mereda Kenapa Basarah sebut Soeharto guru korupsi

- Aktivitas Gunung Anak Krakatau mereda George H W Bush, Ayah dan pelayan terbaik bagi AS

- Aktivitas Gunung Anak Krakatau mereda Pabrik baterai kendaraan listrik dibangun tahun depan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Serem Gan... Semoga gak terjadi sesuatu...


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di