alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Reuni 212: 'Tak perlu' menurut NU dan Muhammadiyah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c038b3d9a0951a06f8b4567/reuni-212-tak-perlu-menurut-nu-dan-muhammadiyah

Reuni 212: 'Tak perlu' menurut NU dan Muhammadiyah

Reuni 212 yang direncanakan di Monas, Jakarta, pada Minggu (02/12) dinilai tak perlu oleh dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, yakni Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

Menurut dua organisasi ini acara ini tak relevan lagi karena misi yang dibawa kental dengan nuansa politis yakni dukungan terhadap salah satu calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Robikin Emhas, mengatakan secara organisasi NU tidak akan terlibat dalam reuni 212 jika pesan yang disuarakan berisi politisasi agama, adu domba, dan menimbulkan perpecahan di masyarakat.

"Perlu kami tegaskan, niat naik reuni yang sedianya mempererat persaudaraan dengan menjunjung tinggi etika dan tata cara bersilaturahmi, jangan dicederai dengan politisasi agama, jangan juga mau diadu domba, dipecah belah," ujar Robikin Emhas kepada wartawan Quin Pasaribu untuk BBC News Indonesia, Kamis (29/11).

"Karena itu sama dengan merendahkan agama," sambungnya.

Sikap NU tersebut, katanya, sudah disampaikan secara internal kepada warga NU. Sehingga dia berharap, warga NU bisa mengikuti sikap organisasi.
"Warga NU sangat paham merepresentasikan diri. Jadi tidak perlu ada arahan detail karena kami yakin mereka sudah paham dan bisa memilah mana yang diikuti," jelasnya.

Meski begitu, jika ada kader NU yang ikut dalam aksi reuni 212, dilarang untuk membawa atribut bendara organisasi dan tidak melakukan tindakan yang melawan hukum.

"Jangan melakukan hate speech atau tindakan yang menimbulkan permusuhan. Sebab niat baik memperat persaudaraan itu harus dilakukan dengan menjunjung tinggi etika dan tata cara dalam bersilaturahmi."


Sejalan dengan Nahdlatul Ulama, Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, juga menyebut secara organisasi Muhammadiyah tidak terlibat dalam reuni 212. Namun di sisi lain, membebaskan kadernya ikut dalam aksi tersebut.

"Kalau sebagai warga negara ada warga Muhammdiyah ikut aksi, maka tindakan itu merupakan sikap pribadi. Maka segala konsekuensinya, merupakan tanggung jawab pribadi," jelas Abdul Mu'ti kepada BBC News Indonesia, Kamis (29/11).
Karenanya, kata dia, warga Muhammadiyah yang ikut dalam aksi reuni 212 dilarang membawa maupun menggunakan atribut dan fasilitas organisasi.

Abdul Mu'ti juga mengatakan, misi seperti "bela Islam" yang disuarakan oleh kelompok 212 sesungguhnya tidak relevan dengan kondisi yang ada. Baginya, nuansa politis justru lebih terasa ketimbang unsur agama.

"Itu (reuni 212) muatan politik sangat tinggi. Tapi kepentingan politik itu dilegalkan atau diberikan endorsement dari agama, khususnya agama Islam," jelasnya.

Beberapa tokoh Muhammadiyah, diakui Abdul Mu'ti, akan nimbrung di Monas. Namun ia enggan menyebut nama mereka. Hanya saja jika berkaca pada reuni 212 tahun lalu, mantan Ketum Muhammdiyah Amien Rais ikut serta dan turut berbicara di atas panggung. Saat itu, Amien meminta Presiden Jokowi agar tidak menjual aset negara kepada pihak asing.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas, menyebut tak ada sikap resmi lembaganya terhadap aksi reuni 212 kali ini.
"Hanya kalau mau menyampaikan pendapat dilakukan dengan baik, jangan mencela, menghina, apalagi mengejek," tambahnya.

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-46387707

pantesan cuma 40 ribu orang, udah bertobat jadi cebong emoticon-Smilie
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Perlu sekali, untuk nambah2 pengelaman pada CV nasbungers:
Reuni 212: 'Tak perlu' menurut NU dan Muhammadiyahemoticon-Wakaka
Diubah oleh i71lm4c4n
Balasan post i71lm4c4n
Quote:


lol emoticon-Ngakak
Perlu lah..proposal udah diajukan Den Bibib biar ada bagi2 rejeki ke laskar.

Lagian kan cara dongkrak popularitas si Mr. Bunder and Blunder ya dgn cara kaya gini doang.
huahahahaha ketinggalan gerbong wan
Yah mau gmana lagi. Sebagian besar yg hadir diluar anggota organisasi NU dan Muhammadiyah.

Quote:


Emang pengalaman ikut ini ke dunia kerja apa yah? Ini kalo ditolak perusahaan gmana reaksinya? Jangan2 kena demo
Balasan post taufandilog
Quote:



Husssh gak boleh gitu... nanti mayatmu gali kubur sendiri lho....
Sak karepmu.
Quote:


Ampun...
Aku percaya 212...Aku BOSAN...Aku L
emoticon-Big Grin
Balasan post i71lm4c4n
Quote:


kalau ada lamaran kerja dimeja g dengan latwt belakang seperti CV tadi, langsung g buang ke tong sampah CV nya emoticon-Big Grin
Balasan post taufandilog
Quote:

Mungkin aja dia ngelamar pekerjaan ke perusahaan yg emang kerjanya gitu Gan, kayak yg punya Eli sugigi gitu.
Quote:



Sumpah gila......jangan jangan yg dipanggil ustad jg alumni alumni kek gitu.....
judulnya mengecoh emoticon-Ngakak
Balasan post Muzmuz
Quote:


itu sudah ada banyak yg dipanggil ustad, ada ust.sharkman, ust.wowo, ust.unok, ust al ngenthot, dsb. yg penting bisa bacot dan ngajak umat sembah monas...emoticon-Wakaka
Balasan post inreallifeasu
Quote:


mayat lu harus sholat dan mandi sendiri nantiemoticon-Wakaka
pendatang mau acak-acak pribumi nih......

emoticon-Wakaka
Balasan post i71lm4c4n
Quote:


wanjay ... emoticon-Leh Uga

cocoknya kerja jadi preman minta jatah THR aja ini mah emoticon-Ngakak

kualitas2 penghuni bumi datar emoticon-Wkwkwk
Diubah oleh ba.dum.tss4
Balasan post taufandilog
Quote:


harus dicek dulu itu perusahaan punya orang tapir bukan? emoticon-Ngakak
kan kmauan insan klen orba
Toh sdh berlangsung ....

biarkan saja ..... nanti lihat bgmn perkembangannya
Balasan post ba.dum.tss4
Quote:


tapir gak tapir tetep aja nyusahin punya karyawan kek gitu gak sesuai mau dia bisa demo mulu...emoticon-Wakaka
Diubah oleh i71lm4c4n
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di