alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
[LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c038699620881a65a8b457a/linimasa-reuni-akbar-212-di-monas

[LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas

[LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas

Jakarta, IDN Times - Aksi Reuni 2 Desember atau Reuni Akbar 212 digelar di kawasan Monumen Nasional Jakarta, Minggu (2/12). Penyelenggaraan reuni ini merupakan kali kedua setelah juga dilakukan pada 2017. 

Acara reuni akbar ini diawali dengan sholat Tahajud bersama pada pukul 03.00 WIB, dilanjutkan dengan sholat Subuh berjamaah, dzikir dan istighotsah. Jumlah massa diklaim mencapai jutaan orang.

Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma'arif menyebut minimal satu juta orang akan menghadiri Reuni 212. Ia mengatakan, perkiraan itu berdasarkan data yang mereka miliki di 21 provinsi.

Sebagian besar yang akan datang pada Reuni 212 hari ini adalah yang pernah hadir pada aksi 2 Desember 2016 lalu.

Seperti apa jalannya Reuni Akbar Mujahid 212 tahun ini? 

IDN Times merangkum detik-detik rangkaian acaranya berikut ini.


12.00 WIB: Puluhan peserta pingsan, sejumlah anak menangis karena terpisah dari orangtua mereka usai acara Reuni 212
[LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas
Puluhan peserta pingsan saat mengikuti Reuni 212 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (2/12). Kepala Bidang Pelayanan Palang Merah Indonesia (PMI), Oktariadi mengungkapkan, penyebab banyaknya orang yang sakit mayoritas disebabkan karena kelelahan mengikuti rangkaian acara Reuni 212.

“Banyak yang sakit, 20-an ada lah. Rata-rata pada kelelahan sama kurang makan,” jelas Okta kepada IDN Times.

Selain itu, sejumlah anak yang menjadi peserta Reuni 212, terpisah dari orangtua mereka. Terlihat beberapa anak yang menangis kebingungan. Mereka dibawa panitia dan diarahkan agar bisa bertemu orangtuanya.

Sesaat setelah acara berakhir panitia acara mengumumkan beberapa nama peserta yang terpisah dari rombongannya.


11.30 WIB: Rizieq Shihab serukan larangan pilih calon pemimpin dari partai pendukung penista agama
[LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas
Imam Besar Front Pembela Islam, Rizieq Shihab memberi pernyataan tegas dalam reuni akbar 212. Pernyataan tersebut disampaikannya melalui teleconference dari Arab Saudi.

Dalam teleconference-nya kepada umat yang memadati Monumen Nasional (Monas) Jakarta pada Minggu (2/12), ia menegaskan umat Islam tak boleh memilih calon presiden dan calon anggota legislatif dari partai yang melindungi penista agama.

"Tak ada sedikit pun keraguan, bahwasannya pilpres dan pileg kita haram memilih orang dari partai pendukung penista agama. Anti mendukung partai yang anti-syariat dan pura-pura mengusung Pancasila dan anti-kebhinekaan. Mereka justru tak bisa toleransi menerima perbedaan yang ada di umat Islam," kata Rizieq.

Ia pun menegaskan bahwa kegiatan yang diselenggarakan kali ini bukan untuk menodai Undang-Undang atau menghancurkan NKRI. Reuni Akbar 212 ini hanya bentuk pembelaan umat terhadap agamanya.

"Maka itu jangan menista dan menodai agama, saya sampaikan kepada umat dan ulama hari ini jutaan umat datang ke Jakarta bukan untuk menghancurkan kebhinekaan Indonesia juga, kami hanya membela agama," ucapnya.


10.30 WIB: Di mana Jokowi saat Reuni Akbar 212 dihelat?
[LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas
Massa reuni 212 telah memadati kawasan Monas sejak Minggu (2/12) subuh tadi. Peserta datang dari berbagai daerah. Tak ketinggalan sejumlah politikus dari partai koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga sudah terlihat berkumpul di Monas.

Lantas, bagaimana dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, apakah dia datang?

Di tengah ramainya Reuni 212, Presiden Jokowi ternyata sedang berada di Bogor, Jawa Barat. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu diagendakan menyaksikan pemasangan instalasi listrik PLN di RT 001/RW 013 Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Jokowi juga menyapa warga ketika bersepeda menuju lokasi penyambungan instalasi listrik PLN gratis melalui sinergi BUMN untuk masyarakat di Bogor.


10.00 WIB: Prabowo: Saya tak boleh kampanye di acara Reuni 212
[LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto hadir di acara Reuni 212 di Monas, Jakarta Pusat. Saat Prabowo berada di atas panggung, peserta langsung menyambut meriah dan meneriakkan namanya dengan penuh semangat.

Prabowo yang diberi kesempatan untuk memberi sambutan, mengaku tak ingin berbicara panjang lebar. Alasannya, dia tidak ingin disebut kampanye.

"Saya tidak akan panjang bicara karena kalian ketahui saya sekarang telah mendapat tugas dan amanah sebagai capres RI dan karena itu, saya harus patuh dan mengikuti semua ketentuan. Saya tidak boleh bicara politik," kata Prabowo.

Prabowo mengungkapkan, dia dilarang berkampanye di acara Reuni 212. Meski begitu, ia tetap mengucapkan terima kasih kepada panitia karena diundang.

"Saya tidak boleh kampanye. Jadi saya hanya ingin mengucapkan terima kasih bahwa saya diundang oleh panitia. Ini kehormatan bagi saya. Saya bangga melihat jutaaan umat Islam, jutaan rakyat Indonesia, jutaan tapi damai tertib," tambahnya.

Ucapan Prabowo tersebut langsung disambut teriakan peserta Reuni 212 yang memanggil-manggil namanya. "Prabowo.. Prabowo.. Prabowo.." teriak peserta.


09.35 WIB: Anies minta peserta Reuni 212 tertib, agar yang menuding acara ini kekacauan kecewa
[LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang hadir dalam acara reuni akbar 212, mengingatkan kepada para peserta agar tetap menjaga ketertiban di dalam Monas maupun di luar Monas. Hal tersebut disampaikannya agar orang-orang yang menganggap Reuni 212 sebagai kekacauan merasa malu dan kecewa karena peserta 212 tetap tertib.

"Saya harap semua yang berkumpul di tempat ini menjaga ketertiban. Mari buktikan yang mendapat izin di Monas, hadir tertib. Dan biarkan mereka yang menduga di sini kekacauan, kecewa, karena justru menghadirkan kedamaian dan ketertiban. Bukan hanya yang ada di Monas," ujar Anies dalam sambutannya di Monas, Jakarta.

Anies juga sempat menyinggung tentang insiden Sabtu (1/12) malam saat peserta yang hendak memasukin area Monas, diminta untuk menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka. Mendengar kabar itu, Anies pun mengatakan bahwa siapapun berhak masuk ke area Monas tanpa harus menunjukkan KTP.

"Tempat ini adalah tempat kita semua. Jadi tidak usah masuk menggunakan KTP. Katanya semalam beredar ya? Karena sudah pasti yang masuk ke sini WNI. Ini tetap milik umum, milik semuanya," kata Anies.


09.05 WIB: Sarapan dan bakso gratis untuk peserta Reuni 212
[LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas
Di tengah ribuan masyarakat yang mengikuti kegiatan Reuni 212 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta pada Minggu (2/12), ada hal menarik yang dilakukan sekelompok orang untuk berbuat kebaikan. 

Salah satunya yang dilakukan oleh Pondok Tahfiz Al Irsad dari Gunung Putri, Bogor yang memberi sarapan gratis bagi peserta aksi lainnya.

Kelompok tersebut terpantau membawa banyak paket yang dibagikan langsung di daerah jalan Medan Merdeka Barat.

"Kami membawa 1.500 paket. Selain itu ada juga makanan ringan lainnya, tapi belum sampai sini (Jalan Medan Merdeka Barat) karena sulit masuk. Ada juga merchandise 212 yang kami bagikan secara cuma-cuma," kata salah satu perwakilan Pondok Tahfiz Al Irsad, Deni Sahputra kepada IDN Times.

Sementara, di kawasan Senen, Jakarta Pusat, ada gerobak bakso yang ramai dikerumuni peserta Reuni 212. Di gerobak bakso tersebut, terpampang sobekan kardus bertuliskan 'gratis’. 

Kepada IDN Times, sang penjual mengaku telah membagikan bakso gratis sejak pukul 05.00 WIB. 

“Saya sediain 300 porsi gratis,” ujar Sumiyati kepada IDN Times.

Dia mengungkapkan bahwa ia biasa berjualan di salah satu sekolah dasar. Namun, khusus hari ini ia rela membagikan dagangannya secara cuma-cuma.


08.30 WIB: Peserta Reuni 212 jalan kaki 5 kilometer ke Monas
[LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas
Banyaknya orang yang hendak mengikuti Reuni 212 di kawasan Monumen Nasional (Monas), membuat sejumlah ruas jalan di ibu kota macet.

Akibatnya, banyak peserta Reuni 212 yang memutuskan untuk berjalan kaki meski Monas masih berjarak sekitar 5 kilometer.

Jauhnya perjalanan yang harus ditempuh tak memupuskan niat peserta untuk berjalan kaki menuju lokasi Reuni 212.

"Bapak-bapak yang mau jalan kaki silakan, masih ada 5 Km lagi lumayan lah,” ujar Bambang, koordinator salah satu rombongan Alumni PA 212.

Pantauan IDN Times, sejumlah peserta Reuni 212 langsung bergegas turun dari bus. Namun, tak sedikit pula yang memutuskan bertahan di kendaraan.


07.40 WIB: Prabowo naik ke atas panggung utama Reuni 212
[LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas
Setelah Anies Baswedan tiba di Monas pada pukul 07.32 WIB, tak beberapa lama Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto juga turut hadir dalam reuni akbar 212, Minggu (2/12). 

Usai Anies naik ke atas panggung, MC pun menyambut dan mempersilakan Prabowo naik ke atas panggung. Saat Prabowo tiba di atas panggung, para peserta langsung meneriakkan namanya.

"Prabowo..Prabowo..Prabowo..," teriak para peserta menyambut kedatangan Prabowo.

Kemudian, MC pun mengingatkan bahwa kehadiran para tokoh, khususnya Prabowo bukanlah ajang politik, melainkan persatuan.

"Ini ajang persatuan tokoh. Jangan provokatif kami jadi ajang politik," kata sang MC.

Selain Prabowo dan Anies, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon juga hadir menemani Prabowo. Tidak hanya itu, musisi sekaligus politisi Gerindra, Ahmad Dhani juga terlihat hadir dengan mengenakan pakaian serba hitam.


07.32 WIB: Anies Baswedan disambut takbir peserta reuni 212
[LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Monas untuk menghadiri reuni akbar 212, Minggu (2/12). Pantauan IDN Times, Anies tiba di lokasi pada pukul 07.32 WIB. 

Saat Anies tiba di atas panggung, para peserta 212 langsung mengumandangkan takbir untuk menyambut kedatangannya. Anies lalu menyalami para tokoh dan juga ulama yang hadir.

Sebelumnya, Anies telah menyatakan akan hadir dalam reuni 212 di Monas, hari ini. Ia mengatakan, meski bukan alumni aksi 212, ia tetap akan datang selaku Gubernur DKI Jakarta.


07.00 WIB: Titiek Soeharto sholat Subuh berjamaah di Monas
[LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas
Di antara ribuan peserta Reuni 212 yang melaksanakan sholat subuh berjamaah, ada sosok yang menarik perhatian. Titiek Soeharto tampak hadir mengikuti rangkaian kegiatan alumni aksi 212 di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (2/12).

Dalam foto yang diunggah salah satu staf Titiek, Rachmat Widiyanto di akun media sosialnya, tampak putri Presiden Soeharto itu mengenakan mukena berwarna putih. Ia duduk bersama jamaah lainnya di pelataran Monas.


06.00 WIB: Dalam doa bersama, peserta Reuni 212 sebut rindu Rizieq Shihab
[LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas
Usai sholat Subuh, para peserta pun membaca sholawat secara berjamaah. Kemudian, mereka berdoa bersama. Dalam doa bersama tersebut, pemimpin doa sempat menyebut bahwa para peserta alumni 212 merindukan Imam Besar FPI Rizieq Shihab.

"Kami rindu Ya Allah, kami sayang beliau ya Allah. Kami mohon kepada-Mu berikan kekutan kami," ucap sang pemimpin doa dan diikuti oleh peserta alumni 212 yang lain.


05.41 WIB: Ribuan peserta mulai memenuhi sekitar panggung utama Monas
[LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas
Rombongan peserta alumni 212 semakin memadati Tugu Monas. Adapun tokoh yang telah hadir di acara reuni 212 yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, Wakil Ketua Dewan Syuro PKs Hidayat Nur Wahid, Sekretaris Jenderal PKS Mustafa Kamal, Ketua PA 212 Slamet Maarif, Camelia Malik, dan Ustaz Felix Siauw.


05.10 WIB: Sejumlah massa mulai memadati Monas usai sholat subuh berjamaah
[LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas
Sejumlah peserta aksi Reuni Akbar 212 sudah mulai berdatangan ke sekitar kawasan Monas usai melaksanakan sholat subuh berjamaah. 


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

Baca Juga :

- [LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas Simak Alasan Pria Ini Bawa Keluarganya Ikut Reuni 212

- [LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas Puluhan Peserta Reuni 212 Pingsan Karena Kelelahan

- [LINIMASA] Reuni Akbar 212 di Monas Massa Reuni 212 Membeludak, Dagangan Pria Ini Ludes Seketika 

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di