alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jokowi: Guru Tak Akan Tergantikan dengan Mesin Secanggih Apa pun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c034694c1d77053228b4567/jokowi-guru-tak-akan-tergantikan-dengan-mesin-secanggih-apa-pun

Jokowi: Guru Tak Akan Tergantikan dengan Mesin Secanggih Apa pun

Presiden Joko Widodo menghadiri puncak peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun ke-73 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Tahun 2018 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/12/2018). Jokowi dalam pidatonya mengucapkan terima kasih kepada guru.


Quote:


Jokowi: Guru Tak Akan Tergantikan dengan Mesin Secanggih Apa pun

Jokowi mengatakan, dirinya berterima kasih dan memberi penghargaan kepada para guru di Indonesia dalam menjaga moral anak-anak bangsa. Dia mengapresiasi guru berperan besar mengajarkan para siswa-siswi budi pekerti dan kecintaan terhadap bangsa.

Jokowi juga mengatakan, guru adalah profesi mulia. Peran guru sebagai pendidik tidak akan tergantikan mesin, secanggih apapun itu.


"Guru harus menjadi agen transformasi penguatan SDM kita. Menjadi agen-agen transformasi dalam membangun talenta-talenta anak bangsa dan sebagaimana topik acara hari ini guru dituntut untuk meningkatkan profesionalisme menuju pendidikan abad 21," ucapnya.

Jokowi melanjutkan, digitalisasi pendidikan telah membawa perubahan besar di dunia pendidikan. Kini ruang kelas bukanlah satu-satunya tempat belajar. Dunia virtual berubah menjadi 'kampus' dan Google dan buku elektronik sudah menjadi perpustakaan. Meski demikian, menurut Jokowi peran guru tidak akan terganti.

"Inilah yang harus kita waspadai dan masih banyak media digital lainnya. Kita sering terkaget-kaget anak muda kita mampu belajar secara mandiri, mereka tahu jauh lebih banyak melalui bantuan teknologi. Peran guru harus lebih dari mengajar tetapi juga mengelola belajar siswa. Guru dituntut lebih fleksibel, kreatif, menarik, dan menyenangkan bagi siswa," ucapnya.

"Namun guru haruslah tetap guru. Guru tidak bisa digantikan oleh mesin secanggih apapun. Secanggih apapun tidak bisa, guru adalah profesi mulia yang membentuk karakter-karakter anak-anak bangsa dengan budi pekerti, toleransi, dna nilai-nilai kebaikan. Guru lah yang menumbuhkan empati sosial, membangun imajinasi dan kreativitas serta mengokohkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa kita Indonesia," sambungnya disambut tepuk tangan.

Mengingat tugas guru sedemikian sentral, lanjut Jokowi, pemerintah akan berkomitmen untuk terus mengatasi kekurangan guru yang dihadapi beberapa wilayah di Indonesia.


Spoiler for Sumber:

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 2
tingkatkan lah kesejahteraan guru
atau beri payung hukum supaya guru tidak di injak2 seenaknya sama siswa dan orang tuanya
gak sekalian bikin pernyataan: Otak ku tidak bisa digantikam dengan mesin secanggih apapun.
Haduh cebong
Tanya KEMENPAN-RB aja
Lebih murah guru daripada mesin..
Guru 200 rb perbulan

Maintance dan operasional mesin bisa lebih.

Guru bisa dijadikan pengurus/admin/operator,tukang bersih bersih,baby sister,life guard,tukang antar jemput.
Butuh berapa mesin untuk ini?

Gimana bisa guru diganti dengan mesin?

Jokowi tak akan tergantikan dengan prabowo apapun.
tapi pekerja indon bisa lu gantikan sama pekerja ilegal dari menlen kan jok.. emoticon-Peace
pertanyaannya apakah guru indonesia layak ngajar? dulu pas SMK satu sekolah guru produktifnya yg ngerti apa yg dia ajar cuma seorang, yang lain ngga ada yg ngerti,
Tapi bisa diganti kan oleh guru import
Jokowi: Guru Tak Akan Tergantikan dengan Mesin Secanggih Apa pun
otak isi tai ya kayak gini
Kata siapa..emoticon-Embarrassment
Quote:


namanya sapa gan? wiwi aja kagak tau namanya..!? apalagi gw.. emoticon-Mewek
SEMUA ORANG JUGA TAU.. WKW

LALU KEMARIN PAS DI DEMO GURU HONORER KOK MALAH KABUR??
Balasan post sik4tgigi
Quote:


Doi tau kok namanya, kalo dikasih teks
kadang heran juga yg bawa2 masalah honorer, padahal udah jelas SK pengangkatan aja dari level kepsek, itu pun rawan nepotisme.
dari awal niatnya aja udah honor atau sukarela dulu biar berapa tahun diangkat jd PNS. emoticon-Hammer
pegawai pemerintah non PNS kementerian, SK menteri, kerja di pelosok gak ada diiming2 diangkat jadi PNS. tetap harus ikut CPNS pada umumnya.
ujug2nya kok minta presiden buat kebijakan pengangkatan jd PNS?
skrg pun PG untuk honorer K2 aja lbh mudah dibanding yg umum.
Diubah oleh entecavir
tinggi bner bahasanya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

guru?---

sama mesin?---


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


cm cari muka depan guru? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
human gak bisa diganti machine

machine alat bantu emoticon-Smilie
Quote:


vangkeeeeee bener... emoticon-Wkwkwk
naikkan pendapatan guru, tingkatkan kesejahteraannya, karungin guru yang sekedar suruh baca buku, ngerjain lks trus pergi emoticon-Hansip
Kualitas basa inggria situ ditingkatin
Kasian gurunya, capek2 ngajar ampe insinyur kok gitu2 doang
Ngomongnya Selevel sama ane lulusan smp emoticon-Ngakak (S)
Halaman 1 dari 2
×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di