alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
negaramaju dah lama berlaku pinjaman bank untuk pendidikan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c02b924fcef87b1358b4567/negaramaju-dah-lama-berlaku-pinjaman-bank-untuk-pendidikan

negaramaju dah lama berlaku pinjaman bank untuk pendidikan

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo meminta pemimpin perbankan di tanah air untuk membuat skema pinjaman kepada pelajar guna mendanai pendidikannya (student loan). Jenis kredit seperti itu telah diterapkan di sejumlah negara maju, seperti Amerika Serikat.

Jokowi meyebut total pinjaman kartu kredit di AS mencapai US$800 miliar. Sementara itu, pinjaman kepada pelajar mencapai US$1,3 triliun.

"Saya ingin memberi PR dengan namanya student loan (ke perbankan). Kaget saya membaca informasi kredit pendidikan di AS," ucap Jokowi di Istana Negara, Kamis (15/3).


Lihat juga:Agar Duit Tak Lari Keluar, Jokowi Buka Pintu Buat Bank Asing

Menurutnya, hal itu perlu diterapkan di Indonesia sehingga sifat konsumtif masyarakat bisa pindah ke hal-hal produktif, seperti pendidikan. Pinjaman untuk pelajar diyakini bisa menjadi produk finansial bank di Indonesia.

"Tolong ini dipelajari. Ini bisa jadi produk baru perbankan. Jadi tolong potensi inovasi menjadi perhatian serius," tuturnya.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengungkapkan kredit untuk keperluan pendidikan sebenarnya sudah ada di Indonesia, tetapi tak khusus diberikan pada pelajar. Kredit tersebut biasanya dikemas secara umum dalam bentuk Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Lihat juga:Warga Minta Tambahan Modal usaha ke Jokowi

"Nanti akan kami kembangkan secara khusus (pinjaman untuk pelajar). Bunganya tentu harus rendah dan sangat murah," terang doa.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menyambut baik tugas baru yang diberikan Jokowi. Pinjaman bagi pelajar, diakui Kartika, merupakan hal yang lumrah di luar negeri, tapi belum direalisasikan di Indonesia.

"Karena tidak ada elektronik identifikasi kadang-kadang perpindahan susah. Mahasiswa pindah-pindah. Nanti kami coba gagas ini berbasis perguruan tinggi," kata Tiko....... (agi/bir)https://www.google.co.id/url?q=https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20180315132702-78-283245/jokowi-minta-perbankan-siapkan-kredit-untuk-pelajar&sa=U&ved=2ahUKEwjUx5bKh__eAhWGWX0KHSehAksQFjAFegQIAxAB&usg=AOvVaw1jOLsYo4tGrN6qpIl1sGi_....emoticon-Leh Uga .biar pemerintah bertanggung jawab andai lulusan tak dapat kerja dan tidak bisa bayar cicilanemoticon-Ngakak selama ini enak amerrr
Diubah oleh ranganu
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 08
Kalau memang program ini bagus untuk pendidikan dan mencerdaskan Bangsa,kenapa harus berkata tidak...asal penggunaannya dapat dipertanggungjawabkan...Gan emoticon-Shakehand2
Balasan post eyefirst2
intinya di sini bre setelah lulus sekolah/ kuliah pemerintah wajib menyediakan lapangan kerja buat kita2 biar kita bisa nyicil pinjaman sewakktu kita sekolah/kuliah dengan begini pemerintah ada tanggung jawabnya kasih kita lapangan kerja solusi 50 win2
indo kenapa cuma jadi follower ikut2an bikin skema pinjaman pendidikan.. emoticon-Cape d... (S)

Coba sekali2 jadi pionir d dunia menjadi negara pertama yg bank centralnya memiliki skema pinjaman buat nyapres.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
San setelah lulus kedodoran buat bayar utang, la womg lulusan S1 aja banyak yang jadi grab kok.... Hehehehe
pinjaman modal nyapres kgk dsebut?


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di