alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Schwerer Gustav: Pistol Terbesar Dunia yang Pernah Dibangun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c02adb7fcef8794088b4567/schwerer-gustav-pistol-terbesar-dunia-yang-pernah-dibangun

Schwerer Gustav: Pistol Terbesar Dunia yang Pernah Dibangun

Hitler memiliki beberapa gagasan besar dan ide gila — mulai dari pembunuhan massal orang Yahudi dan menaklukkan Eropa, membangun kembali Berlin dan menguras laut Mediterania . Bahkan untuk menunjukkan betapa hebatnya Nazi Jerman, Führer dan para jendralnya suka melakukan hal-hal dengan gayanya yang khas. Mereka bahkan berencana membangun hotel terbesar di dunia , tetapi proyek itu harus dibatalkan karena ada hal-hal yang lebih mendesak, seperti menyerang Prancis.
Pada tahun 1930-an, Perancis membangun serangkaian benteng dan rintangan besar yang disebut Jalur Maginot untuk melindungi negara dari serbuan dari timur. Benteng-benteng itu adalah yang terkuat pada ada saat itu terldapat di bunker bawah tanah, menara yang bisa ditarik kembali, tempat penampungan infantri, barikade, artileri dan meriam senjata anti-tank dan sebagainya. Tidak ada Wehrmacht Jerman di gudang senjata mereka yang mampu menembus pertahanan yang tangguh ini. Jadi Hitler pergi ke pembuat amunisi Krupp untuk mencari solusinya.
Schwerer Gustav: Pistol Terbesar Dunia yang Pernah Dibangun


Adolf Hitler (kedua dari kanan) dan Albert Speer (kanan) menginspeksi senapan kereta api Gustav 800 mm pada tahun 1943.


Insinyur Erich Müller menghitung bahwa untuk menembus tujuh meter beton bertulang atau satu meter pelat baja penuh, mereka akan membutuhkan senjata dengan dimensi besar. Senapan itu harus memiliki diameter internal lebih dari 80 cm, dan panjangnya lebih dari 30 meter jika itu untuk menembakkan amunisi seberat 7 ton masing-masing dari jarak lebih dari 40 kilometer, di luar jangkauan artileri Perancis. Senapan itu sendiri memiliki berat lebih dari 1.300 ton dan harus dipindahkan menggunakan rel kereta api. Ketika hal ini diberitahukan kepada Hitler, dia pun menyetujuinya dan proyek besar itu dimulai pada tahun 1937.
Dalam waktu kurang dari dua tahun, senjata super itu sudah siap. Alfried Krupp membawa Hitler ke Rügenwalde Proving Ground pada awal 1941 untuk menyaksikan uji tembak senjata. Alfried Krupp menamai pistol Schwerer Gustav, atau "Gustav yang Berat".
Schwerer Gustav adalah monster dari sebuah senjata. Karena ukurannya sangat besar dan berat, pistolnya tidak bisa dipindahkan secara keseluruhan. Solusinya, senjata itu dipecah menjadi beberapa bagian dan diangkut dalam 25 gerbong barang ke tempat penempatan, di mana dia akan dirakit — tugas yang mengharuskan 250 orang dan hampir tiga hari untuk menyelesaikannya. Peletakan jejak dan penggalian tanggul itu sendiri membutuhkan waktu berminggu-minggu dan membutuhkan 2.500 hingga 4.000 orang yang bekerja.
Schwerer Gustav: Pistol Terbesar Dunia yang Pernah Dibangun

Merakit senjata membutuhkan tenaga yang besar. Di sini laras diturunkan menggunakan dua gantry crane.


Schwerer Gustav: Pistol Terbesar Dunia yang Pernah Dibangun

Beberapa jalur persimpangan stasiun harus disetting di mana pistol itu akan ditempatkan.


Schwerer Gustav bergerak di jalur trek paralel yang membatasi mobilitasnya. Selain itu, laras senapan hanya bisa membidik secara vertikal. Tujuan horisontal terkunci di sepanjang arah trek. Ini membutuhkan rel di tikungan sehingga setiap kali tujuan horisontal perlu diubah, seluruh senapan dipindahkan di sepanjang trek yang melengkung. Meskipun kekuatan menembak yang luar biasa, Schwerer Gustav tidak memiliki sarana untuk melindungi dirinya sendiri. Maka dua batalyon Flak ditugaskan untuk menjaga senjata dari kemungkinan serangan udara.
Untuk semua waktu dan uang yang dihabiskan untuk membangun senjata, justru di medan perang melawan Prancis tidaklah seperti yang awalnya dibayangkan. Jerman telah menyerbu Perancis pada tahun 1940, sebelum senapan siap digunakan. Mereka melakukannya hanya dengan mengelilingi Garis Maginot dan menjadikan pertahanan yang rumit itu tidak berguna.

Schwerer Gustav malah ditempatkan di Front Timur di Sevastopol di Rusia selama pengepungan pada tahun 1942. Diperlukan 4.000 orang selama lima minggu untuk menyiapkan senjata api untuk menembak. Dalam empat minggu ke depan, Gustav menembakkan 48 peluru yang menghantam benteng jauh dan menghancurkan sebuah magazine amunisi bawah laut yang terletak 30 meter di bawah laut setidaknya 10 meter didalam perlindungan beton. Pistol itu kemudian dipindahkan dekat Leningrad tetapi serangan itu dibatalkan.
Schwerer Gustav: Pistol Terbesar Dunia yang Pernah Dibangun


Schwerer Gustav: Pistol Terbesar Dunia yang Pernah Dibangun

Gustav sedang dimuat untuk ditembakkan. Butuh 20 hingga 45 menit untuk mengisi kembali senapan dan mempersiapkannya untuk menembak.


Krupp membangun senjata lain dengan dimensi yang sama. Yang ini bernama Dora, nama istri dari chief engineer perusahaan.
Dora didirikan di sebelah barat Stalingrad pada pertengahan Agustus 1942, tetapi buru-buru ditarik pada bulan September untuk menghindari penangkapan. Ketika orang Jerman memulai retret panjang mereka di rumah, mereka membawa Dora dan Gustav bersama mereka. Pada tahun 1945, dengan kekalahan yang mungkin terjadi, Jerman meledakkan Dora dan Gustav untuk mencegah serangan pasukan Sekutu dari mengambil senjata itu, sehingga mengakhiri kisah supergun Nazi yang hebat.
Dalam hal kaliber, Gustav dan Dora dilampaui oleh dua senjata lainnya yaitu Mortar milik The British Mallet (dibuat tahun 1857) dan Little David Amerika (dibuat selama Perang Dunia Kedua) keduanya adalah senjata berjenis 914 mm. Tetapi hanya Gustav yang ada andil di medan perang dan tetap menjadi senjata terbesar yang pernah digunakan dalam perang sebuah rekor yang mungkin bertahan selamanya.
Schwerer Gustav: Pistol Terbesar Dunia yang Pernah Dibangun

Tentara sekutu berpose di depan proyektil yang digunakan oleh senjata Gustav.


Schwerer Gustav: Pistol Terbesar Dunia yang Pernah Dibangun

Seorang tentara AS mengukur laras sisa senjata Gustav setelah diledakkan oleh Jerman.
Schwerer Gustav: Pistol Terbesar Dunia yang Pernah Dibangun

Sebuah cangkang senapan Gustav di Museum Tentara Angkatan Bersenjata Amerika Serikat. Kredit foto: Mark Pellegrini / Wikimedia


sumber
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
manstab... pistulnya..
tp sayang diancurin..
bangsa aria masuk ras cerdas disamping ras yahudi
Hanya karena bhs inggris nya railway gun, bukan berarti bhs Indonya jadi pistol Schwerer Gustav: Pistol Terbesar Dunia yang Pernah Dibangun

Niat bangun buat hancurin Maginot Line, eh pas Battle of France ternyata belum siap. Malah muter ke utara lewat negara netral Schwerer Gustav: Pistol Terbesar Dunia yang Pernah Dibangun

Ujung"nya si Gustav malah buat nyerang papa Stalin Schwerer Gustav: Pistol Terbesar Dunia yang Pernah Dibangun
kok pistol sih nyebutnya
harusnya meriam
meriam terbesar di dunia


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di