alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c02a0bf529a45c55c8b4568/menangani-anak

Menangani Anak

Akhirnya masuk bulan desember, itu tandanya mau gajian eheh..

Selama 2 bulan ngajar les privat, ada banyak pelajaran yang bisa aku petik.

Pertama, walaupun ini bukan pekerjaan yang formal2 banget, gimanapun juga aku tetep punya tanggung jawab buat nyelesein pekerjaanku. Sempet seminggu dua minggu pertama insecure. Ngerasa capek banget, ngerasa gabisa bagi waktu sama belajar. Ngerasa mama dari anak yg aku ajarin gasuka sama aku. Ngerasa "buat apa sih aku ngajar2 kaya gini, toh ortuku juga ga ngebolehin" dan pengen berhenti aja. Tapi temen2ku ngingetin kalo aku udah gede dan ini tanggung jawabku, minimal aku selesein sebulan dulu kalo emg mau berenti.... dan ternyata aku masih lanjut sampai skg emoticon-Hammer

Kedua, gaji yg ga seberapa disyukuri sajaaa.... jadi belajar untuk lebih menghargai uang, nyari duit itu ga gampang hiksssss.. uang bukan segalanya tapi segalanya butuh uang, baru kuyakini itu.. rencananya gaji ngajar les mau ditabung buat pasang behel, tapi kayaknya ga mungkin emoticon-Hammer padahal pgn banget Ya Allaahh emoticon-Frown akhirnya aku putuskan untuk ditabung buat tambah2 biaya penelitian skripsi taun depan..

Ketiga, punya anak itu ga gampang. Anak yg lagi aku ajarin masih kelas 1sd, cewek, panggil aja K. Dia anak yg emm.... baik sih.. mungkin kalo ada yg tau istilah ADHD, anak ini salah satunya.. di kelas dia terkenal sbg anak yg nilainya paling rendah, moody, susah dikasih tau.. setelah aku lihat rapornya ternyata emang parah emoticon-linux2 makanya aku insecure banget, tapi semakin kesini semakin ngerasa tertantang buat cari tau sebenernya ada apa dg anak ini, gamungkin lah seorang anak dilahirkan lgsg punya sifat yg kaya gitu.. bahkan keluarganya dan laoshinya menduga si K ini autis.. parah ga tuh?

Semakin kesini.. aku makin deket sama K dan makin deket juga sama keluarga K.. ternyata mereka semua baik, aku aja yg terlalu negative thinking.. dan setelah 2 bulan ngajar, aku mulai sadar bahwa hal yg membuat K sangat moody adalah kondisi keluarganya. Ortu K LDR, aku sih gatau gimana kondisi hubungan ortunya, tapi K pernah curhat kalo ortunya mau cerai, sakit banget dengernya dari anak kecil (fyi aku jg anak broken home).. awalnya aku berusaha mengalihkan pembicaraan.. dan K jadi makin manja sama aku.. bbrp materi kelas 1 pembahasannya seputar keluarga.. dia selalu pasang wajah sedih/cuek kalo denger kata2 "ayah", kadang kalo denger cerita yg ada tokoh "laki-laki"nya dia juga gasuka, maunya tokoh perempuan.. aku jadi baper... walaupun aku juga broken home tapi rasanya trauma K lebih besar dari aku..

Kemarin kamis ada tugas buat nyeritain pengalaman bareng ayah dan ibu.. K gatau harus nulis apa.. waktu aku pancing ttg bljr naik sepeda, tamasya waktu hari libur, dateng ke pesta, ke rumah nenek, dll... K jawabannya kalo ngga "aku belajar sendiri miss" atau "sama mami aja" atau "gapernah kaya gitu miss".... ujung2nya dia pasang muka sedih sambil bilang "papa kan ga ada".. sedih banget dengernya dan aku gatau harus gimana...

Puncaknya adalah kemarin jumat. Hasil pekerjaan sekolah bahasa indonesia baru dibagiin, K dapet 15.. iya bener, dari nilai 100 dia dapetnya 15. Omanya dan maminya cerita sama aku kalo K baru dimarahin karna nilainya segitu.. terus aku lihat ternyata soal2nya persis banget sama PR yang udah dikerjain bareng aku, pdhl pas ngerjain PR dia lancar2 aja, pinter anaknya... maminya juga heran... setelah aga lama ngobrol sama K sambil belajar, baru K bilang kalo dia kepikiran papanya.. kata dia papanya baru aja menikah emoticon-Frown aku gamau percaya sih, tapi maminya juga sering pasang status galau di whatsapp... aku cuma bisa bilang K harus tetep ceria kaya si R (adek K yg masih umur 3 th yg sering bgt gangguin kita belajar).. tapi K juga gabegitu suka sama adeknya karna adeknya cowo dan maminya lebih sering mihak R.. bingung kan? K bilang kalo dia sayang bgt sama mami nya..
Hari itu, pas selesai les aku nyoba ngomong sama omanya ttg apa yg K bilang sama aku dan aku berharap spy jgn dulu cerita2 kaya gitu sama K takutnya jadi kepikiran pas belajar..
Pas aku nyampe kos rasanya ada perasaan nyesel, apa aku terlalu ikut campur yaa? Abis gimanaa...

That's all.. agan sista disini ada saran ga aku harus gimana?
Maafkan ceritaku yg terlalu panjang ini yaa.. tapi aku bener2 butuh saran ttg ngadepin si K...
Diubah oleh bellsnyaw
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
ya ndak papa..dari pada yg tau cuma kamu, tapi orang tuanya malah ga tau? mending sama2 tau. yg harusnya lebih tau kan orang tuanya..
untung kamu beri tau..
ya klo mereka tau..
klo ga tau..??
tau dah
emoticon-Hammer (S)
Post ini telah dihapus oleh sella91
mau gakau ente mesti jadi kakaknya yang baik
Yang dijadikan suri tauladan dalam sikap, perkataan dan perbuatan
Perlu banyak waktu utk menyediakan kuping mendengar keluhannya dan berdoa minta hikmat supaya dikasih tau gimana cara mengatasi masalahnya
Ujung ujungnya akan jadi teman yang sangat baik kalian berdua
K butuh kasih sayang ortunya setidaknya ibunya

Karena kalau ibunya sendiri galau melulu terus serahkan anak kandungnya ke orang lain (kamu) gimana emosional anak bisa stabil di saat membutuhan kehangatan ortu kandungnya
bener2 terjadi apa yg gw bilang di Kreator Lounge beberapa hari kemarin, thrid hatuha ancur cuma panjangnya doang isinya ga jelas emoticon-Najis
Diubah oleh batmanluck99
Quote:

Owkay.. berarti uda bener kan ya..
Quote:

Aku sih gapapa jadi teman baik K, tapi aku jg gaselamanya bisa sama dia.. harapannya si K bisa jadi lebih baik selama sama aku, minimal nilai2 dia udah ga ancur lagi dan ga moody lagi.. tapi blm banyak yg bisa aku lakuinemoticon-norose
Quote:

Itu dia... tapi susah juga jadi mamanya, anak 3, pembantu 2-3.. gaada suami pula, pasti banyak beban pikiran
Quote:

Haha. Terus mau u h2h isinya thread kyk gimana bray? Coba jelasin biar gw paham
Quote:


Yg ga kayak gini itu yg jelas emoticon-DP
Quote:

Gw minta contoh thread yg bener, bukan yg ga bener versi u
psikis terjaga otomatis mendidik akademis juga mudah. emoticon-Cool
Quote:

Andaikan semudah ituu
Quote:


mudah2an bisa ngeluangin waktu 15menit buat bikin bocah seneng/amnesia sementara dari masalah keluarganya.
anggap aja bonus kerjaan. emoticon-Stick Out Tongue
Pasti jd baper bgt deh klo ngajar murid yg curhat2 gt emoticon-Hammer2
Kasian sih masih kecil
Mungkin tiap apa yg k curhatin ke km, bisa km sampein lg ke ibunya.
Karna ya gmn pun jg, seorang ibu berhak dan wajib tahu kondisi anaknya.
Mungkin selama ini ibunya ga sadar sibuk galau sendiri sampe ga kepikiran soal trauma anaknya
wah, si Ts guru sekaligus penghubung antar anak dan ibu. dimana melihat kondisi ibunya yg "galau' juga.

lanjutkan sis.
itung itung ibadah.
Emang harus gitu, secara psikologis anak didiknya juga harus diperhatikan.
Kasihan juga lho anak kecil, punya masalah "kasih sayang"..kemungkinan besar nanti pas dewasa bisa jd trauma dll


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di