alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Diminta Tak Libatkan Anak, PA 212: Reuni 212 Bukan Kampanye
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c026808feef879e218b456a/diminta-tak-libatkan-anak-pa-212-reuni-212-bukan-kampanye

Diminta Tak Libatkan Anak, PA 212: Reuni 212 Bukan Kampanye

Diminta Tak Libatkan Anak, PA 212: Reuni 212 Bukan Kampanye
Foto: (Lisye-detikcom)

Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta panitia acarareuni 212 tidak melibatkan anak-anak. Komisioner KPAI Jasra Putra menyebut membawa anak dalam acara tersebut melanggar undang-undang.

"Undang-Undang 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak sangat tegas menyatakan bahwa anak-anak memiliki hak untuk beristirahat, bermain, berekreasi, berkreasi dan berkarya seni budaya. Membawa anak dalam kegiatan tersebut berpotensi melanggar hak-hak anak terutama hak anak mendapatkan waktu luang untuk beristirahat," ujar Jasra dalam keterangan tertulis, Sabtu (01/12/2018).

Atas pelibatan anak-anak dalam acara itu, KPAI menerima laporan dan memantau media sosial. Laporan tersebut diduga anak-anak dibawa untuk mengikuti acara reuni 212 di Monas. Foto yang beredar di media sosial, anak-anak berjalan kaki dengan alasan penyedia jasa transportasi tidak mau membawa rombongan. 

"Apalagi anak-anak diajak menempuh perjalanan yang cukup panjang tanpa memperhatikan kesehatan, keselamatan serta kebutuhan makan anak yang sangat mendasar selama perjalanan tersebut," sambung dia.

Selain itu, Jasra juga mengaku mempunyai laporan kegiatan acara 212 dan aksi bela tauhid melibatkan anak-anak. Tujuan pelarangan melibatkan anak-anak agar tidak menyalahgunakan kegiatan politik mendukung pasangan capres. 

"Padahal Undang-Undang Perlindungan anak pasal 15 sangat jelas menyatakan bahwa anak-anak memiliki hak untuk tidak dilibatkan dalam penyalahgunaan anak dalam kegiatan politik.Selanjutnya banyak pandangan dan pendapat serta kajian awal KPAI terjadi pro dan kontra bahwa kegiatan tersebut sulit dilepaskan dari suasana tahun politik yang sedang berlangsung. Namun KPAI berpandangan dan berpihak kepada anak agar pusaran pro dan kontra tersebut tetap memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak secara komprehensif," kata dia.

Lebih lanjut, ia meminta pemerintah daerah dan pusat yang akan menghadiri acara itu tidak membawa anak-anak. Sebab cuaca di Jakarta dan kondisi keramaian berpotensi menimbulkan masalah kesehatan dan kenyamanan anak-anak.

"Sebab situasi dan kondisi keramaian dan cuaca Jakarta yang tidak mendukung pelibatan anak dalam kegiatan tersebut, hal ini berpotensi terhadap pelanggaran hak-hak anak dalam hal kesehatan, kenyamanan, dan kondisi fisik anak tentu tidak sama dengan kondisi fisik orang dewasa, serta mencegah terhadap hal-hal yang tidak dinginkan, seperti keterpisahan dari orang tua, kondisi berdesak-desakan pengunjung yang ramai, serta potensi pelaku kejahatan anak melakukan aksi mengambil kesempatan dalam kegiatan tersebut," ujar dia.

Untuk peserta yang ikut acara itu, KPAI meminta menitipkan anaknya kepada keluarga atau tetangga. Sehingga peserta acara itu bisa menghadiri reuni 212 dan tetap melindungi hak-hak anak.

"Bagi keluarga yang memiliki anak dan berencana mengikuti kegiatan tersebut maka sebaiknya menitipkan anak-anaknya kepada keluarga dan tetangga terdekat yang bisa dipercaya. Sehingga kegiatan tersebut bisa berjalan secara baik dan anak-anak tetap terlindungi hak-haknya," tutur Jasra.

Sementara itu, Ketum PA 212 Slamet Ma'arif sekaligus panitia acara reuni 212 mengaku tidak bisa memastikan untuk melarang peserta tidak membawa anak-anak. Tapi dikatakan Slamet, acara reuni itu bukan kampanye dan kegiatan politik. 

"Kalau untuk bawa anak-anak, kan kita juga gak bisa memastikan, nggak bisa melarang ibu bawa anaknya atau ibunya pengen dateng kemudian di rumah nggak ada orang. Tetapi ini bukan demonstrasi ini bukan kampanye, ini silaturahim, ini ngaji jadi nggak ada larangan," ujar Slamet di d'Consulate Resto, Wahid Hasyim, Jakarta, hari ini. 

(fai/aan)

sumber

Mungkin yang terjadi di Gaza kurang lebih seperti itu ya. Pimpinan Hamas bilang kepada anak-anak, remaja, dan ibu-ibu "Tenang ya semuanya. Ini cuma acara asyik-asyikan aja. Nggak ada maksud politik apalagi perang"

Saat aksi asyik-asyikan dimulai, diam-diam Hamas kirim ratusan rudal ke Israel. Serangan balasan dari Israel langsung menyerang ibu-ibu, anak-anak dan remaja yang ada di baris terdepan.

Kebiasaan!
Ibu-ibu & anak-anak selalu dipakai buat tameng


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Mau kampanye jg gpp emoticon-nyantai

Tapi ya baiknya klo dah bilang nggak ya nggak.. emoticon-nyantai
ora iso pamer yen anake akeh emoticon-Big Grin
Met reunian semoga acaranya lancar
Mantaf

Diminta Tak Libatkan Anak, PA 212: Reuni 212 Bukan Kampanye
Diminta Tak Libatkan Anak, PA 212: Reuni 212 Bukan Kampanye
Diminta Tak Libatkan Anak, PA 212: Reuni 212 Bukan Kampanye
Diminta Tak Libatkan Anak, PA 212: Reuni 212 Bukan Kampanye
Quote:


Apa iya omongan kampret bisa dipegang? emoticon-Bingung
Quote:


Nggak bisa pun kan bakal jd bukti klo omongannya g bisa d pegang..
Ya bisa d jadiin alat buat serang ke mereka sendiri toh.. emoticon-nyantai
Kalau mau bawa bocah pindah lokasi aja ke Ancol, masa reuni di tempat gratisan mulu, miskin amat
emoticon-Leh Uga
kayak piknik dong, kemana-mana bawa anak emoticon-Big Grin
emang udah jadi cita2 cuy
Diminta Tak Libatkan Anak, PA 212: Reuni 212 Bukan Kampanye
Diminta Tak Libatkan Anak, PA 212: Reuni 212 Bukan Kampanye
Balasan post lexarrio
Quote:


Belom jg ente pegang, ente udah di patok
emoticon-Leh Uga
reuni para zombie.

mengerikan bre
Diminta Tak Libatkan Anak, PA 212: Reuni 212 Bukan Kampanye
Balasan post lexarrio
Quote:


ukhti dedek gemes jilbab putih benar2 menggairahkan emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngacir

pasti ad yg bakalan ngerusuh, bawa bendera, promo paslon, giliran di amankan pasti playvictim dituduh agen pemerintah dzalim dan thogut emoticon-Leh Uga
para inlender hobi beranak pinak di silahkan merapat emoticon-Traveller
yakin nih bukan kampanye?
farah farah farah
emoticon-Ngacir
Dasar ortu nggak sayang anak.
Jangan libatin anak2 sama hal2 yg nggak sepatutnya mereka alami

emoticon-Blue Guy Bata (L)
bawa anak nanti berat di logistik nasi bungkusnya
Diubah oleh bawel69
Ngeles terus
Diubah oleh codimo
Quote:


Lebih emes sama yang ini kaka

Diminta Tak Libatkan Anak, PA 212: Reuni 212 Bukan Kampanye

emoticon-Peluk
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di