alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Dari cekcok Pilpres, Lion Air, hingga denda Sari Roti
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c02462454c07a62198b4587/dari-cekcok-pilpres-lion-air-hingga-denda-sari-roti

Dari cekcok Pilpres, Lion Air, hingga denda Sari Roti

Dari cekcok Pilpres, Lion Air, hingga denda Sari Roti
Kolase foto PSM, Lion Air, protes pernikahan anak, sidang KPPU, dan ilustrasi cekcok.
Pekan terakhir November ini diwarnai berita-berita dari dalam negeri. Penyelidikan kecelakaan Lion Air belum sepenuhnya tuntas, tapi sudah menemukan titik terang. Selain itu, cekcok soal Pilpres di media sosial akhirnya menelan korban jiwa.

Di dunia olah raga, kembalinya PSM Makassar ke puncak klasemen menarik banyak pembaca. Kemenangan ini menggeser tahta Persija Jakarta. Kasus pernikahan dini kembali menelan korban jiwa. Pernikahan yang riskan ini kembali membuat kaum perempuan menjadi korban.

Dari dunia bisnis, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mendenda Sari Roti karena telat melaporkan akuisisi. Telat 4 hari, dendanya lumayan besar, Rp2,8 miliar.

Berikut kami ringkaskan berita menarik pekan ini.
Tewas karena cekcok Pilpres di Facebook Dari cekcok Pilpres, Lion Air, hingga denda Sari Roti

Ahmad Alfateh alias Subaidi (35 tahun) tewas karena dadanya ditembus peluru. Warga di Sampang, Madura, Jawa Timur, itu tewas pada Kamis (22/11/2018), setelah sehari setelah ditembak Idris. Dua orang itu sebenarnya tak saling kenal. Tapi gara-gara cekcok di Facebook soal Pilpres, dua-duanya jadi arang. Satu tewas, satu mendekam di bui.

Kapolres Sampang Ajun Komisaris Besar Budi Wardiman menjelaskan tersangka menembak Subaidi lantaran sakit hati."Karena korban mengunggah video tersangka di Facebook disertai dengan kata-kata kasar hingga mengancam akan membunuh tersangka," kata Budi seperti dinukil dari CNN Indonesia, Senin (26/11/2018).

Dari beberapa sumber yang kami rangkai, pangkal peristiwa itu bermula dari sebuah unggahan di Facebook. Idris mengomentarinya. Si pemilik unggahan tak terima dan mendatangi Idris, pada Minggu (28/10/2018), sambil merekamnya.

Video Idris didatangi sejumlah orang itu lantas beredar di Facebook. Pengunggah video itu menggunakan akun 'Ahmad Alfateh' alias Subaidi. Di video itu disertai, kalimat yang bernada menghina Idris. Belakangan, Idris tahu jika si pemilik akun itu Subaidi, dokter gigi.

Awalnya, kepada polisi Idris mengaku ditabrak oleh Subaidi, dan terjadi perkelahian yang menewaskan Subaidi. Namun belakangan Idris mengakui menelpon Subaidi untuk minta diperiksa giginya, namun malah disambut dengan peluru.

Tersangka dijerat pasal 340 KUHP jo Pasal 56 ayat 1 ke 1e dan 2e KUHP atau Pasal 338 KUHP jo Pasal 1 ayat 1 UURI Nomor : 12/Drt/1951 dengan ancaman paling berat hukuman mati, atau penjara seumur hidup, atau paling lama 20 tahun.
Petaka pernikahan anak menelan korban Dari cekcok Pilpres, Lion Air, hingga denda Sari Roti
Aksi protes menolak pernikahan anak di Kuala Lumpur, Malaysia, 13 November 2018.
Pernikahan anak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat kembali menelan korban. Pernikahan X (16 tahun) dan Y (15 tahun) yang baru berjalan dua tahun, berujung tewasnya Y di Rumah Sakit Umum Indramayu, Jawa Barat, Jumat (21/92018).

Sekujur tubuh dan kepala Y penuh luka, begitu juga di beberapa bagian kepalanya. Polisi mencurigai X, dan sempat menahannya. Namun, penahanan ditangguhkan lantaran penyidik tidak berhasil menemukan bukti-bukti yang memperkuat dugaan penganiayaan.

Kepolisian Resor Indramayu mengaku masih menggelar penyelidikan untuk mengungkap pelaku penganiayaan.

Kasus ini mengungkit lambannya revisi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkimpoian, utamanya pasal yang mengatur batas usia. Desakan untuk menghapus praktik perkimpoian usia anak semakin menguat.

Namun, upaya itu tetap akan menemukan jalan buntu manakala aturannya tak kunjung direvisi.

Pasal 7 ayat (1) UU Nomor 1/1974 mengatur batas minimal usia perkimpoian perempuan adalah 16 tahun dan laki-laki 19 tahun. Permohonan judicial review atlas pasal ini yang diajukan sejumlah lembaga swadaya masyarakat, salah satunya Koalisi 18+, ke Mahkamah Konstitusi (MK) juga mandek. Pendaftaran uji materi kasus ini hilang dari daftar registrasi.

"Hingga satu tahun lebih, proses pemeriksaan perkara ini tidak dilanjutkan. Alasan MK malah tidak jelas. Jawaban mereka adalah 'kelanjutan persidangan masih menunggu hasil sidang musyawarah majelis hakim konstitusi," sebut Maidina Rahmawati, anggota Koalisi 18+ yang juga peneliti Institute for Criminal Justice Reform (ICJR).

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise menyatakan sudah mengoordinasikan usaha revisi itu dengan kementerian lain, seperti Kementerian Agama.

Mereka bersepakat untuk menaikkan batas usia dari 16 tahun (untuk perempuan) menjadi 18 tahun. "Menteri Agama sudah back-up saya untuk usulkan apakah revisi atau Perppu," sebut Yohane, seperti dinukil dari KOMPAS.com, Februari 2018.
Lion Air tak laik terbang Dari cekcok Pilpres, Lion Air, hingga denda Sari Roti
Petugas memeriksa turbin pesawat Lion Air JT 610 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (4/11/2018). Tim SAR gabungan menyerahkan turbin, roda dan sejumlah barang-barang temuan dari jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 kepada KNKT untuk dilakukan investigasi lebih lanjut.
Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis hasil penyelidikan awal penyebab kecelakaan pesawat Lion Air JT610 PK-LQP, bahwa pesawat itu tak laik terbang sehari sebelum kejadian.

Kepala Sub Komite Investigasi Keselamatan Penerbangan KNKT, Nurcahyo Utomo, mengatakan indikasi masalah teknis pada pesawat sudah terdeteksi pada penerbangan pesawat pada tanggal 28 Oktober 2018 dengan rute Denpasar-Jakarta.

"Dalam penerbangan Denpasar-Jakarta, pilot memutuskan untuk terbang. Menurut kami pesawat sudah tidak laik terbang, seharusnya penerbangan tidak dilanjutkan," ucap Nurcahyo dalam konferensi pers di kantor pusat KNKT, Rabu (28/11). Namun sang pilot tetap melanjutkan perjalanan dan mendarat di Bandar Udara Soekarno-Hatta Cengkareng pukul 22.56 WIB.

Padahal, sebelum terbang dari Denpasar, diketahui ada pergantian sensor Angle of Attack (AOA) yang terindikasi rusak dengan yang sensor yang baru.

Belakangan KNKT menduga, isu sensor AOA inilah yang menganggu perjalanan Lion Air JT610 rute Jakarta-Pangkalpinang. Menurut KNKT, Lion Air PK-LQP mengalami pembacaan data AOA yang berubah-ubah sesaat sebelum jatuh

Nurcahyo mengatakan, dari hasil rekaman percakapan pilot dengan petugas pengatur lalu lintas udara (Air Traffic Controller) terungkap bahwa pilot mengirim pesan bahwa penerbangan Denpasar-Jakarta pada saat itu mengalami kondisi kegagalan instrumen yang tidak normal.
PSM kembali ke puncak Dari cekcok Pilpres, Lion Air, hingga denda Sari Roti
Pemain PSM Makassar, Abdul Rahman (kiri), berupaya meloloskan diri dari kepungan para pemain Bali United dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (25/11/2018). PSM menang 4-0 (2-0).
PSM Makassar kembali merajai klasemen Liga 1 Indonesia. Mereka berhasil menggeser Persija Jakarta dari puncak klasemen pada Minggu (25/11/2018), setelah mengalahkan Bali United 4-0.

Setelah 32 pekan, PSM memimpin klasemen dengan nilai 57. Sementara Persija menguntit di belakangnya dengan perbedaan satu poin.

Di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, PSM menguasai penuh pertandingan. Gol pertama dicetak Zulham Zamrun di menit ke-10. Lantas Marc Klok menggandakan keunggulan dari titik penalti pada menit ke-39. Pinalti ini buah pelanggaran kiper Wawan Hendrawan di daerah terlarang.

Bali United berusaha mengejar ketinggalan. Karena keasyikan menyerang dan stamina yang sudah melorot, pertahanan Bali United pun menyisakan lubang. Pada menit ke-84, Ferdinand Sinaga melesakkan bola ke gawang Bali United. Di menit ke-90, Ferdinand kembali mengelabui Wawan setelah menyundul bola kiriman M Rachmat di kotak penalti.

Kemenangan bagi PSM bukan cuma mendekatkan mereka dengan gelar juara. Ini adalah kemenangan pertama mereka atas Bali United.

Sejak 2017, PSM tiga kali kalah dari Bali United dan bahkan tanpa mencetak satu pun gol. Masing-masing 0-3 pada 23 Juli 2017, 0-1 pada 6 November 2017, dan 0-2 pada 11 Juli 2018.

Kemenangan 4-0 juga skor terbesar yang pernah diraih PSM pada Liga 1 Indonesia. Sebelum ini, kemenangan terbesar mereka adalah 4-2 atas Persipura Jayapura.

Selain itu , kemenangan terbaru ini disertai dengan catatan cleansheet alias tidak kebobolan. Ini adalah perbaikan menakjubkan karena PSM kebobolan 10 gol dalam empat partai sebelum melawan Bali United.
Sari Roti kena denda karena telat lapor Dari cekcok Pilpres, Lion Air, hingga denda Sari Roti
Majelis KPPU, Dinni Melanie, Ukay Karyadi, dan Guntur S Saragih saat memimpin sidang putusan yang menghukum Sari Roti, Senin (26/11/2018) di kantor KPPU, Jakarta.
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menghukum produsen Sari Roti PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk (ROTI) denda Rp2,8 miliar karena terlambat melaporkan akuisisi perusahaan lain.

ROTI dinilai melanggar Pasal 29 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli juncto Pasal 5 Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2010 tentang Penggabungan Badan Usaha yang Dapat Menimbulkan Monopoli.

Dua aturan itu menyebut, jika ada penggabungan atau pengambilalihan badan usaha, wajib dilaporkan paling lama 30 hari. Tapi dua aturan itu tak menyebut, sejak kapan pengambilalihan badan usaha itu mulai dihitung.

Majelis Komisi menilai ROTI mengakuisisi 50,99 persen saham PT Prima Top Boga pada tanggal 24 Januari 2018. Menurut Majelis, berdasar penghitungan hari kalender, pemberitahuan akuisisi ini seharusnya diberitahukan kepada KPPU paling lambat pada tanggal 23 Maret 2018. "Namun terlapor (ROTI baru) melaporkan pengambilalihan saham pada tanggal 29 Maret 2018," tulis KPPU seperti dinukil dari situs mereka, Senin (26/11/2018).

Sedangkan ROTI punya pertimbangan lain. Merek sudah memberitahu pada 29 Maret. Rujukan mereka adalah tanggal saat Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menerbitkan putusan akhir akuisisi itu, 1 Maret.

Sebagai perusahaan dengan penanaman modal asing (PMA), ROTI harus menunggu restu dan putusan dari BKPM keluar, baru setelah itu bisa menyampaikan pemberitahuan akuisisi ke KPPU.

Namun Majelis Komisi menolak rujukan ROTI. Anggota Majelis Guntur Syahputra Saragih dalam sidang menyatakan, efektivitas akuisisi berlaku sejak berubahnya data perseroan di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).
Dari cekcok Pilpres, Lion Air, hingga denda Sari Roti


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...enda-sari-roti

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Dari cekcok Pilpres, Lion Air, hingga denda Sari Roti Hari AIDS Sedunia 2018 masih melawan mitos

- Dari cekcok Pilpres, Lion Air, hingga denda Sari Roti Prancis menolak boikot sawit Indonesia

- Dari cekcok Pilpres, Lion Air, hingga denda Sari Roti Mengenal ciri-ciri fintech pinjam meminjam ilegal

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
ya makin ribut makin rame Gan emoticon-Big Grin


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di