alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pemerintah Pastikan Motor Gesits Akan Difungsikan Secara Maksimal
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c02176160e24bcc138b4577/pemerintah-pastikan-motor-gesits-akan-difungsikan-secara-maksimal

Pemerintah Pastikan Motor Gesits Akan Difungsikan Secara Maksimal

Sepeda motor listrik 'Gesit' yang siap diproduksi massal bakal menjadi kendaraan bermotor di instansi pemerintahan. Sebelum resmi diproduksi massal, Pemerintah telah menginisiasi untuk menggunakan 'motor listrik' karya anak bangsa tersebut untuk kendaraan di instansinya.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M Nasir mengatakan lintas kementerian terkait sudah melakukan rapat dengan DPR di bawah koordinasi Menko Maritim. Terkait dengan motor listrik sekarang sudah dalam tahap masuk industri setelah sebelumnya prototipe dari kendaraan roda dua ini sudah dicoba oleh Presiden di Istana Negara.

Pemerintah Pastikan Motor Gesits Akan Difungsikan Secara Maksimal

Usai mencoba, kata dia, Presiden sempat menanyakan motor listrik tersebut jauh lebih halus dan tidak seperti motor listrik yang pernah dicoba oleh Presiden. “Saya bilang, ini teknologinya sangat tinggi sekali. Karena speedometer-nya yang bisa memantau kecepatan sekaligus baterai, ini yang luar biasa,” katanya usai memaparkan 4 tahun Kinerja Kemenristekdikti, di gedung Prof Soedharto, kumplaks kampus Universitas Diponegoro (Undip) Tembalang, Kota Semarang, Jumat (30/11).

Bahkan, begitu motor itu diberhentikan, speedometer bisa dikeluarkan dan berfungsi sebagai smartphone. Ini merupakan teknologi motor listrik pertama kali di dunia, yang mulai Januari 2019 nanti, rencananya sudah akan diproduksi massal.

Terkait dengan regulasinya, Menristekdikti juga mengaku tidak masalah. Semua sudah ditandatangani oleh Menteri Perindustrian dan Menristekdikti juga telah meminta pendampingan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK mendampingi supaya ini diusulkan masuk industri.

“Menteri Perindustrian sudah setuju, Menteri Perhubungan –karena ini harus di jalan—juga bakal memberikan izin dan mereka akan melakukan hal ini,” kata Nasir.

Di sisi lain, ia juga menyampaikan, target pertama motor listrik itu akan diproduksi massal mulai 2019. Pabrik bakal memproduksi 60 ribu unit kapasitas dalam satu tahun untuk satu line. Nantinya ada empat line namun yang difungsikan baru satu line.

Jika satu line nanti tidak memenuhi kebutuhan dalam negeri maka akan ditambah line kedua. Kapasias produksi per bulan bisa mencapai 5.000 unit motor listrik. Baterai motor tersebut menggunakan lithium hasil riset dan inovasi yang dikembangkan oleh UNS dan speedometernya buatan dari ITB dan motor penggeraknya dari ITS Surabaya.

Menristekdikti juga mengakui, jika motor listrik ini diproduksi massal bakal menyaingi industri otomotif. Ia bahkan mengakui, pada saat mau meluncurkan motor listrik ini sudah ada industri motor dunia yang mengintip, seperti dari Taiwan, Jepang, dan Cina.

Bahkan ada yang menanyakan harga jual motor listrik tersebut. Namun Menristekdikti tidak menjawab, kecuali menyampaikan harganya kompetitif. Artinya tidak jauh berbeda dengan harga motor pabrikan yang saat ini sudah banyak di pasaran dan harganya di atas Rp 15 juta.

Menurutnya, harga itu tidak masalah. “Karena seluruh komponennya sudah dibuat di dalam negeri,” kata Nasir.



Spoiler for Sumber:



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Smartphonenya keren juga yang buat speedometer, sayang pakai Snapdragon 450..
tapi ya sesuai fungsinya buat alat bantu di motor dan pengaman
Diubah oleh anarchy0001
Coba diaplikasikan dulu dalam suatu komplek atau daerah anti polusi, setelah itu baru dicoba dipre order baru kalau respon bagus selanjutnya buat pabrik besar2an.
Kalau bisa gaji engineer supervisor 8jtan ane daftar deh.
Bagus, pastikan dengan baik.
btw ni pakai mode siluman apa tidak brew?!
Kalau :
Harga 15 jutaan
Spareparts gampang dicari
Service centre banyak

Yakin banyak yg mau beli deh
Diubah oleh songhyekyo
Coba dicek penggunaan saat hujan lebat dan banjir, tuh motor listrik bakalan nyetrum nggak. Kalau nyetrum kan bahaya
Balasan post app.developer
Quote:


pertanyaan nya arus nya DC apa AC



emoticon-linux2
Quote:


2tahun terakhir udah test drive trus.

Jangankan motor listrik, motor n mobil sekarang jg ada listriknya gan, nyetrum gak pas ujan?

Quote:


2014mulai riset dan kerjasama ITS dan Garansindo, 2015mulai jalan. 2016 preorder dibuka. 2017-2018 uji turun dijalan. 2019 siap produksi

Kl ente anak ITS sih dr kmrin2 udah ngelamar or direkrut gesits mungkin
Diubah oleh kakidal27
Mana yg pada mau ganti motor listrik, sini TMax sama PCX Hybrid ente ane beli 200 rebu sebiji
Quote:


Anggep angin lalu kl ente gak percaya.

2021 keatas, atpm besar mulai jualan motor listrik
Balasan post kakidal27
Be u el es i te
Balasan post app.developer
betul, tapi batre dalam enclosure gitu aman kok.
apalagi ada protection circuitnya.
belum pernah ane denger berita luar soal mobil ato motor ato sepeda listrik yg nyetrum.
Quote:


Ga bs buat maen pubg dong bray emoticon-Sorry
Kalo bisa di ekspor ke negara tetanga.
Jadi devisa


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di