alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?
4.09 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c02002f14088db87d8b4571/quotenak-jamankuquot-atau-enak-sekarang

"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?

"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?

Menjelang pemilu yang akan berlangsung tahun depan, romantisme orde baru kembali digelorakan. Adalah Titiek Soeharto yang kali pertama mencuit pernyataan ingin kembali pada kesuksesan masa Orde Baru jika pasangan yang diusung partainya, Partai Berkarya, Prabowo Subianto mampu memenangkan kontestasi pemilihan presiden tahun depan.

Meski banyak pihak yang merasa "jualan" romantisme masa orde baru sudah tak laku dimasa sekarang, namun tak sedikit pula yang merasa bahwa hidup di era orde baru jauh lebih enak dibandingkan dengan jaman sekarang. Romantisme semacam ini terutama dirasakan oleh orang - orang berumur yang pernah merasakan hidup di era orde baru. Bagi mereka, hidup di era Presiden Soeharto jauh lebih nyaman dan sejahtera di banding hidup di era reformasi. Bahkan sering kita temui meme Pak Harto tersenyum dengan tulisan "Enak jamanku to?" yang sering digunakan untuk menggambarkan "enaknya" hidup di era itu.

"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?
Padahal jika ditelusuri kembali, apa sih enaknya hidup di masa itu, serempak pasti akan menjawab karena kebutuhan pokok kala itu dirasa mudah didapat, harganya terjangkau, dan sehingga mereka merasa hidupnya nyaman dan sejahtera. Lalu, jika di compare dengan keadaan jaman now bagaimana? Apakah diera reformasi ini sebegitu sulitnya hidup sampai - sampai banyak pihak yang ingin mengulang kembali romantisme era orde baru?

Jawabannya, bisa iya, bisa pula tidak. Kenapa begitu? Coba bayangkan, apa sih standar orde baru yang membuat mereka merasa nyaman? Apakah hanya kebutuhan pokok yang merupakan kebutuhan primer saja? Bagaimana dengan kebutuhan sekunder dan tersier? Apakah tercukupi juga? Apakah dulu semua orang punya pesawat televisi seperti sekarang? Apakah dulu semua orang hampir punya sepeda motor seperti sekarang? Telepon? Mobil? Dan sebagainya?

"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?
Jikapun dimasa itu orang sudah merasa sejahtera karena tercukupi kebutuhan primernya, itu tidak salah. Sehingga oleh karenanya, jika ada orang lain yang mampu memenuhi kebutuhan diluar kebutuhan primernya, misalnya saja ada orang yang mampu membeli sepeda motor maka pada saat itu orang tersebut sudah dianggap mampu dan kaya. Kalau sekarang, apakah masih berlaku hal yang sama? Tentu tidak, karena standarnya sudah berubah. Sekarang punya mobil kijang lawas aja dianggap nggak mampu. Sehingga karena standar kemakmuran yang berubah itulah, maka standar nyaman dan "enak" nya hidup juga berubah.

Hidup diera Pak Harto, jika sandang, pangan, dan papannya sudah tercukupi maka ia sudah merasa enak hidupnya. Tapi hidup diera sekarang yang katanya apa - apa mahal, kebutuhan semakin tak terjangkau, tapi hampir sebagian besar masyarakat kita mampu membeli smartphone yang notabene bukan kebutuhan primer. Hampir semua orang mampu membeli kendaraan, meski harus mencicil. Bahkan dalam satu keluarga saja tak hanya satu kendaraan yang dimiliki. Lalu, sebenarnya kalau dipikir-pikir masih lebih "enak" jaman sekarang atau dulu sih?

"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?

"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?

Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Opini Pribadi TS dan Ini
Sumur Gambar : Om Google




"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 11
"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?
PertamaxforTS

"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?
"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?

"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?
lebih enak jaman purba,apa-apa gratis
pengen daging,tinggal berburu mammoth emoticon-Ngakak
jamn dulu belum tau sih
belum ngerasain juga emoticon-Big Grin
yah walau jaman harto ane keluar masuk penjara gara gara demo masih enak dari jaman sekarang sih ....jaman dulu mobnas mash bisa dilihat jaman sekarang invisible 😂😂😂😂
Quote:

Bener jugak sih Gan..

emoticon-Leh Uga
Quote:


Berarti enak jaman now Gan, udah bisa ngaskus..

emoticon-Leh Uga
Quote:

Maksudnya Timor kah Gan?
enak jaman pak harto
ane dulu mw minta ap2 tgl minta, skrg kudu kerja dulu nyari duit
emoticon-Ngakak (S)
kalo jaman dulu katanya protes dikit langsung ilang bray


"Enak Jamanku" Atau Enak Sekarang?
Quote:

hidup juga nomaden emoticon-Ngakak
Quote:


ya serba internet emoticon-Big Grin
sebagai generasi jaman now, ane cukup menyimak sahaja
emoticon-Baby Boy 1
Diubah oleh grenademan24
Enak jaman mbah harto gan karena ane kalo minta apa-apa dikabulin ma emak ma bapak.. emoticon-Leh Uga emoticon-Hammer2
Quote:

Bener juga sih Gan..
Dulu masih bocah, sekarang udah tuwir ya musti cari ndiri..

emoticon-Goyang
Quote:


Quote:

Monggo Gan...

emoticon-Monggo
Quote:


Idem Gan..
Skrg musti usaha sendiri kan ya?

emoticon-Cape d...
Quote:


Udah cari sendiri banyak halangannya pula.....emoticon-Wakaka
orang yg merindukan masalalu tidak siap dengan perubahan, dan ketika perubahan datang dia pasti mengeluh .

semua enak Gan

kalo gak enak artinya emang nasib buruk emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
kata ortu ane dulu harga2 pada murah, tapi duit ga ada, jadi pecuma harga murah tapi ga ada duit emoticon-Ngakak (S)
skarang harga pada naik, tapi alhamdulillah masi bisa kebeli emoticon-Malu (S)
jaman dulu belom ada tanos gan.. tor masi bayi keknya..
jaman skrg kesenjangan antara kaya & miskin lbh gede dibanding dulu . scara kualitas & kuantitas
jmn dulu moge CBR, GSX , sportcar mewah porche ferari lambo jrg bgt yg punya
sekarang bejibun
sdgkan yg miskin tetap aja gk bisa beli mobil
Jaman dlu punya tivi atau yg ntn tv dirumah masng kudu bayar
Kata emak ane sih begitu
Halaman 1 dari 11


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di