alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c01f96ac1d770e9418b4567/melipat-sepotong-kertas-sampai-103-kali-tebalnya-bisa-setara-diameter-alam-semesta

Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta

Tahukah gan/sis, kalau kita mempunyai secarik kertas, berapakah rekor gan/sis dalam melipatnya sebanyak mungkin? 5 kali? 6 kali? Melipat kertas menjadi setengah itu tidak semudah yang kita pikir.emoticon-Ngakak
Rekor terbaru dalam melipat kertas ini yaitu 11 kali lipatan, dimana rekor sebelumnya yaitu hanya 7 kali lipatan. Untuk kertas ukuran A4, dilipat 6 kali aja kertasnya udah kayak kayu, susah untuk dilipat lagi. Nah, secara matematik, melipat kertas lebih dari 11 kali tampaknya adalah sesuatu yang cukup mustahil. Itupun kalau kalian mempunyai energi yang cukup untuk melipatnya sampai sebnyak itu. Namun kalau kita bisa melipat kertas sampai dengan 103 kali lipatan, maka tebal kertas yang dihasilkan akan setara dengan diameter alam semesta. Kenapa bisa begitu? Nah ini yang menarik untuk dibahas.
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta

source: zmescience.com

Fenomena ini tejadi melalui prinsip pertumbuhan secara eksponensial (exponential growth), atau berpangkat ketika secarik kertas dilipat menjadi setengahnya. Setiap kali melipat kertas, maka ketebalannya akan berlipat ganda, serta energi yang lebih besar dibutuhkan ketika melipatnya lagi.
Dr. Karl dari abc.net telah melakukan perhitungan sehingga kita bisa mendapatkan gambaran dengan lebih mudah. Pernyataan berikut dengan mengacu pada kertas A4 dengan panjang 300 mm dan tebal 0,05 mm.
Quote:

Lalu bagaimana jika kita melipatnya terus-menerus dengan asumsi kita bisa melakukannya? Mari berhitung. emoticon-Big Grin
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta

Quote:

Sementara diameter alam semesta sementara ini adalah 93 milyar tahun cahaya. Jadi, jika kita bisa melipat kertas hingga 103 kali lipatan kita akan mendapatkan kertas dengan ketebalan melebihi diameter alam semesta. CMIIW
Bingung? emoticon-Bingung
Kalo bingung sama itung-itungan di atas, begini itungan kasarannya. emoticon-Ngakak (S)
Melipat kertas tiga kali akan menghasilkan ketebalan kuku.
10 lipatan akan menghasilkan tebal sekitar lebar tangan.
23 lipatan akan menghasilkan ketebalan satu kilometer.
30 lipatan akan membawa agan ke luar angkasa. Ketebalannya sekitar 100 km.
Terus lipat. 42 lipatan akan membawa agan ke bulan.
Sekarang maju cepat menjadi 81 kali lipat dan kertas Anda akan menjadi 127.786 tahun cahaya, hampir setebal Galaksi Andromeda.
Dan akhirnya, pada 103 lipatan, agan akan keluar dari alam semesta yang dapat diamati, yang diperkirakan mencapai 93 miliar tahun cahaya dalam diameter.

Tentu saja, semua perhitungan di atas dapat terjadi jika kita mengabaikan variabel-variabel lainnya semisal panjang kertas, energi yang dibutuhkan, dan lain sebagainya. Namanya juga perhitungan teoritis, jadi kita bisa berandai seliar mungkin tanpa ada batasan tertentu.
Untuk melihat rekornya, gan dan sis bisa tonton tayangan berikut ini. Kertas selebar lapangan dilipat sebanyak 11 kali. emoticon-Matabelo


Sekian dari ane, mari kita renungkan sejenak tentang betapa memukaunya matematika dan sains. Terima kasih emoticon-Shakehand2
Melipat Sepotong Kertas Sampai 103 Kali Tebalnya Bisa Setara Diameter Alam Semesta
Sekian.
El. Psy. Congroo.
Diubah oleh arai01
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
buseytttt breeee
Ayo melipat kertas sampai 103 kali kalau mau ke ujung alam semesta.

Sudah berhasil melipat 11 kali, tinggal melipat 92 kali lagi.
Quote:

Mind-blowing gannn
Quote:

"Tinggal" emoticon-Ngakak
Quote:


Matematika sains itu ciptaan tuhan. Jd tuhan yg hebat.
Quote:

Yap tapi disini kita bisa mengagumi ciptaan-Nya. Dengan mengagumi ciptaan-Nya, maka kita dapat bersyukur gan emoticon-Shakehand2
Diubah oleh arai01
banyak juga ya
Agak puyeng ane liat hitung"an gitu emoticon-Hammer
Secara pandangan ane ga bakal bisa gan
Karena bagian luar dari lipatan kertas pasti udh sobek duluan karena tebalnya yg terlampau gede

Sekian hasil pengamatan dari ane, smoga bermanfaatemoticon-afro
menuju tak terhingga............
Oke tak langsung praktekin


Eh gak jadi deh, pegel soalnya
Quote:


Dan alangkah baiknya jangan quote seluruh artikelnya gan

Edit: loh masi pekiwan emoticon-Sundul Up
Diubah oleh blegedex
mitos dulu : ga bisa lipat kertas sampe 7x lipatan

trus dibantah sama mythbuster

n sekarang dah bisa sampe 11x lipatan malah
Belum 103 laki yang ada pegel tangan ane gan..... emoticon-Hammer2
Terus bisa jadi 11juta gimana cara ngitungnya?
ada yang udah coba gan? :v
Balasan post Mansyur36
Quote:


Temen bang ipul 103 laki
Wew kok bisa?
wihhhhh ternyata susah juga yak buat lipet kertas
Kalo Compound interest itu gimana gan
Quote:

Yah ane typo...... emoticon-Wakaka
Sorry gan... emoticon-Wakaka
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di