alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menguji Pernyataan Prabowo Soal Warga Yogyakarta Tak Punya Uang
1 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c01e14694786895698b4569/menguji-pernyataan-prabowo-soal-warga-yogyakarta-tak-punya-uang

Menguji Pernyataan Prabowo Soal Warga Yogyakarta Tak Punya Uang

tirto.id - Demi mengejar menjadi sebagai orang nomor satu di Indonesia, Prabowo Subianto kerap melontarkan klaim-klaim yang menimbulkan perdebatan publik. Kali ini, pendiri Partai Gerindra itu menganggap warga Yogyakarta tidak punya uang.

Prabowo tengah mendiskreditkan Yogyakarta atau menyindir ke arah indikator-indikator ekonomi?

Juru bicara DPD Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Yogyakarta, Irsad Ade Irawan menilai, pernyataan Prabowo itu ada benarnya. Tentu jika konteksnya dilihat dari tingkat kemiskinan dan Upah Minimum Provinsi (UMP).


“Yogyakarta adalah provinsi dengan tingkat kemiskinan terbesar di pulau Jawa dan UMP-nya pun paling rendah se-Indonesia. Kalau maksud Prabowo itu, maka saya sepakat,” katanya kepada reporter Tirto, Jumat (30/11/2018).

Dalam catatan pemerintah, besaran UMP di Yogyakarta menjadi UMP dengan nilai terendah ketimbang 33 provinsi lainnya. Pada tahun 2018, UMP di Yogyakarta ditetapkan sebesar Rp1,45 juta atau di bawah rata-rata.

Baca juga:
Kelakar Prabowo Soal Wajah Rakyat Yogya & Data Kemiskinan di Sana

Setelah Yogyakarta, UMP terendah selanjutnya ialah Jawa Tengah yakni sebesar Rp1,48 juta. Sedangkan Jawa Timur Rp1,50 juta dan Jawa Barat Rp1,54 juta. Sementara UMP tertinggi adalah DKI Jakarta sebesar Rp3,64 juta, Papua Rp2,89 juta dan Sulawesi Utara Rp2,82 juta.

“Menurut survei kami, UMP Yogyakarta dengan standar KHL [Kebutuhan Hidup Layak] itu seharusnya Rp2,5 juta. Namun UMP saat ini justru di bawah Rp2 juta. Artinya buruh kurang uang untuk hidup layak,” tuturnya.

Dari sisi tingkat kemiskinan, Yogyakarta menjadi provinsi dengan angka kemiskinan di atas rata-rata nasional. Pada semester I/2018, tingkat kemiskinan Yogyakarta sebesar 12,13 persen. Jumlah itu di atas rata-rata nasional sebesar 9,82 persen.

Yogyakarta juga merupakan provinsi termiskin di Pulau Jawa . Setelah Yogyakarta, provinsi termiskin di Pulau Jawa adalah Jawa Tengah dengan tingkat kemiskinan 11,32 persen dan Jawa Timur sebesar 10,98 persen.

Baca juga:
Prabowo Singgung Sikap Warga Yogya, TKN: Lagi-lagi Guyonnya Rendah

Selain UMP rendah dan banyak warga miskin, simpanan warga Yogyakarta juga terbilang rendah. Berdasarkan data dari Bank Indonesia, simpanan atau tabungan warga Yogyakarta per Juni 2017 sebesar Rp56,39 triliun.

Angka tersebut paling rendah ketimbang provinsi lainnya di Pulau Jawa . Misalnya simpanan warga DKI Jakarta tercatat Rp2,345 triliun, Jatim Rp477 triliun, Jabar Rp437 triliun, Jateng Rp268 triliun, dan Banten Rp169 triliun.

“Inilah mengapa jika kenaikan upah tidak sesuai dengan KHL, kemiskinan menjadi abadi di Yogyakarta. Tanpa upah yang naik signifikan, kemiskinan di Yogyakarta akan selalu tinggi,” ujarnya.

Gini Ratio Yogyakarta Buruk
Tingkat ketimpangan pengeluaran atau rasio gini penduduk Yogyakarta terus memburuk. Rasio gini Yogyakarta tercatat 0,44 per Maret 2018. Angka tersebut naik dari periode yang sama tahun lalu, sebesar 0,43.

Jika dilihat dari skala nasional, rasio gini Yogyakarta itu menjadi yang terburuk ketimbang provinsi lainnya. Rasio gini Yogyakarta di atas rasio gini nasional sebesar 0,38 per Maret 2018.

Direktur Institute for Development of Economic and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati menilai, tingginya rasio gini lantaran Yogyakarta mulai menjadi pusat bisnis. Sebelumnya lebih dikenal sebagai kota pendidikan.

“Imbasnya, harga tanah di Yogyakarta ikut terkerek naik. Para pemilik lahan yang menjual lahannya untung besar. Penghasilannya kian tinggi. Sebaliknya, orang miskin penghasilannya tetap. Ketimpangan pun kian melebar,” keta Enny.

Komentar Prabowo soal warga Yogyakarta yang tidak punya uang mungkin hanya Prabowo sendiri yang mengerti. Namun, jika maksudnya, Yogyakarta banyak orang miskin, maka itu benar adanya.

https://tirto.id/menguji-pernyataan-prabowo-soal-warga-yogyakarta-tak-punya-uang-daNv

Saya sepakat.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Makanya pilih Prabowo supaya enggak kere terus.

emoticon-Recommended Sellerl
segera siapin demo pesanan kobokan
.. diprotes ama Sultan gak yaa si Wowo ngomong begini
“Inilah mengapa jika kenaikan upah tidak sesuai dengan KHL, kemiskinan menjadi abadi di Yogyakarta. Tanpa upah yang naik signifikan, kemiskinan di Yogyakarta akan selalu tinggi,” ujarnya.

...

Sok ngomong upah.

Upah karyawan lu lancar apa kaga wok?
Praboker cocok jd gubernur diy
Ndak papa gan, biar saya kalau pensiun dihari tua dengan pindah dan tinggal didaerah sekitar yogyakarta(rencananya purworejo) akan semakin muyaaah.
Terima kasih warga jogja dan jateng yang selalu adem dan hidup seadanya dan menikmati apa yang gusti berikan.
Tidak mudah dikenai provokasi hanya untuk kepentingan politik urusan duniawi semata, hidup orang jawa banget dah.
klo gk ngehina org sehari aja pasti gatal dubur dia Menguji Pernyataan Prabowo Soal Warga Yogyakarta Tak Punya Uang
eh kok jadi keenakan ya, ntar seluruh indonesia dia hina2 tampang dan kemiskinannya...
Dekai jg ump nya katanya dibawah KHL,maka nya msh pd demok... emoticon-Thinking
kerjaan hanya hina indonesia
ginian mau jadi presiden emoticon-Gila

makin yakin jokowi 2 periode

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
trus klo dia jd presiden UMP jogja naik gt jd sama kaya jakarta?
Klo UMP ente sekitar 1,5jt bahkan dibawah nya, itu tanda nya ente orang Yogyakarta emoticon-Ngakak
Gitu ngaku2 orang jakarta emoticon-Cape d... kamprettt...
Jelaslah secara mie ayam bumbu kuah kemiri harganya di sini cuma 4 rebu

Bakso beranak cuma 10rebu

Es teh cuma 500

Jelas di jogja murah semua emoticon-Cendol Gan
Balasan post silents.
Quote:


Ora sudi DIY dadi kota preman peliharaane Wowok... emoticon-DP
Dengan gaji 1.5 juta perbulan, penduduk yogyakarta udah kaya raya
Buktinya nggak ada demo buruh besar2an
soalnya di DIy pemerintahanya masih dalam bentuk kesultanan..jadi yg makmur cuma family sultan..macem dulu pas pemerintahan soharto yg makmur cuma family cendana..emoticon-Hammer2
Balasan post silents.
Wahahahaha...terus praboker mau dikasi jabatan apa dong? Masak lurah sih wahahaha
Balasan post ranttalker
Quote:


tambah kere iya gan..buat kampanye aja minta sumbangan kerakyat..
terus kalo udh jadi dia mau gk nyumbang ke rakyat..?emoticon-Bingung
Jogja upa lh rendah ..tltpi warganya demen jajan ama dolan 😂😂
amien rais kan orang jogja yah
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di