alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Debat Pilpres bakal digelar lima kali
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c01d15d14088d9c7c8b4569/debat-pilpres-bakal-digelar-lima-kali

Debat Pilpres bakal digelar lima kali

Debat Pilpres bakal digelar lima kali
Pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto- Sandiaga Uno saat menghadiri Deklarasi Kampanye Damai dan Berintegritas di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (23/9/2018). KPU akan menggelar lima panggung buat mereka berdebat.
Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar lima kali debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) sebelum pemilihan presiden (Pilpres) pada 17 april 2019.

Menurut Ketua KPU Arief Budiman, penentuan waktu debat disesuaikan dengan tanggal pemungutan suara pada 17 April 2019. KPU akan memilih tanggal 17 atau hari Rabu sebagai waktu pelaksanaan debat. "Untuk mengingatkan, Rabu itu hari Pemilu atau tanggal 17," kata Arief, ditemui di kantor KPU RI, Jumat (30/11/2018) seperti dinukil dari Tribunnews.com.

Arief menjelaskan, debat akan dilaksanakan satu kali di bulan Januari dan bulan Februari. Bulan Maret akan digelar dua kali debat. Pada bulan April hanya satu kali debat. "Januari tanggal 17, Februari tanggal 17, Maret tanggal 17 dan 30, April tanggal 13," ujarnya.

Persiapan perencanaan debat Pilpres ditargetkan selesai pada Desember 2018 agar debat pertama bisa digelar Januari 2019. Sedangkan debat sesi selanjutnya akan dikerjakan sambil jalan. "Tapi desain besarnya sudah kami selesaikan sekarang," ujar Arief seperti dipetik dari Kompas.com.

Baik capres maupun cawapres, nanti akan mendapatkan sesi debat semua. "Nanti capres tiga kali, cawapres dua kali. Kami akan membahasnya lagi dengan masing-masing tim kampanye," kata Arief seperti dikutip dari republika.co.id, Jumat (30/11/2018).

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan sebelumnya menyatakan, untuk debat sesi kelima capres dan cawapres akan tampil bersama.

Namun, jadwal ini masih berupa rancangan dan bisa berubah. Arief menyebutkan, KPU masih harus berkoordinasi dengan sejumlah pihak seperti lembaga penyiaran yang akan menyiarkan debat hingga lokasi penyelenggaraan. Selain itu juga ketersediaan tempat.

Untuk tempat pelaksanaan debat akan dilangsungkan di DKI Jakarta dan Surabaya. Dua tempat itu dipilih agar suasana debat kandidat tidak hanya dirasakan di ibu kota negara, tetapi juga di tempat lain. "Nuansa Pilpres itu tidak hanya dirasakan di kota, tetapi di tempat lain juga. Tidak hanya di Jakarta, paling dekat mana, oh, Surabaya," kata dia.

Debat ini akan menjadi ajang publik mengetahui apa sebenarnya program kedua pasangan capres-cawapres ini. Selama ini, kampanye banyak diwarnai dengan isu remeh, pelaporan UU ITE, hoaks, hingga nyinyir yang tak berfaedah. Mulai dari Tampang Boyolali hingga Gendruwo.

"Akhirnya, publik kita hanya ribut soal ungkapan yang sebenarnya tidak perlu," kata Pengamat Politik Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti kepada Republika, Sabtu (10/11/2018).

Menurut Ray, wajah kampanye yang terjadi saat ini hanya memperdebatkan persoalan yang remeh-temeh dan belum masuk dalam persoalan yang lebih substansial. Bahkan, saking tak substansial, panasnya dukungan tanpa memperhatikan program itu sudah memakan korban jiwa di Sampang, Madura, Jawa Timur.

Kedua pasangan, menurut Peneliti Departemen Politik Centre for Stretegic and International Studies (CSIS), Arya Fernandez, kehilangan narasi ihwal program yang ditawarkan. Sehingga, yang bermunculan kemudian adalah narasi-narasi bernada marah atau negatif.

Sebagai petahana ataupun penantang, Jokowi dan Prabowo semestinya saling adu gagasan jika ingin menang. "Namun berdasarkan riset sejumlah lembaga, publik tidak mengetahui program yang ditawarkan kedua pasangan," kata Arya kepada Tempo, Minggu (11/11/2018).
Debat Pilpres bakal digelar lima kali


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...elar-lima-kali

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Debat Pilpres bakal digelar lima kali Pemerintah akan tetapkan tarif kebersihan pada wisatawan

- Debat Pilpres bakal digelar lima kali Polemik korupsi di Indonesia ibarat kanker stadium 4

- Debat Pilpres bakal digelar lima kali Hari ini IHSG anjlok, minus 0,84 persen

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 08


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di