alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Infrastruktur Pondasi Ekonomi, Dimana Hasilnya!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c01896affef8760288b4569/infrastruktur-pondasi-ekonomi-dimana-hasilnya

Infrastruktur Pondasi Ekonomi, Dimana Hasilnya!

Infrastruktur Pondasi Ekonomi, Dimana Hasilnya!
Infrastruktur megah dan mewah hampir di seluruh Indonesia, namun dimana nilai ekonomi yang mendasar, ini yang menjadi masalah, membangun jalan tol kalau tidak ada yang minat membeli maka akan percuma, banyak ditemui hampir setiap desa membangun gedung yang tidak banyak manfaatnya, drainase tidak begitu penting ketimbang membangun ekonomi pedesaan, hanya menghambur- hambur kan uang.

Berharap dengan itu semua pertumbuhan ekonomi meningkat, analoginya, " ingin membangun rumah yang megah dari modal yang pas-pasan , rumah belum selesai modal habis cari pinjaman, masih belum selesai cari pinjaman lagi, rumah selesai di bangun hutang menunggu, tidak bisa bayar hutang rumah tergadaikan, tidak mampu bayar rumah di sita, bagaimana mau buka usaha kalau modal habis hutang numpuk, apa yang tersisa !!!.

Untuk membangun pasar harus ada pedagang, untuk jadi pedagang harus ada pembeli, untuk jadi pembeli harus punya uang , untuk punya uang harus punya penghasilan. Artinya! untuk membangun rumah yang megah kita perluh membangun ekonomi kita terlebih dahulu, setelah ekonomi sudah baik, maka membangun rumah yang megah berkali kalipun kita tidak perlu hutang, cukup hasil dari usaha yang sudah kita bangun terlebih dahulu.

Membangun infrastruktur itu penting tapi lebih penting membangun ekonomi kerakyatan, Ketika yang prioritas kita utamakan, seluruh akan mengikuti, bila ekonomi ikut infrastruktur, hasilnya hutang, bila infrastruktur ikut ekonomi, hasilnya bonus.

Kita tidak perlu membangun sebuah usaha harus punya modal yang besar, bahkan tanpa modal pun kita bisa membangun sebuah usaha, tidak perlu membangun infrastruktut berlebihan, manfaatkan yang sudah ada walaupun belum sempurna, dengan memanfaatkan yang ada kita bisa menggali potensi nilai- nilai ekonomi, dengan demikian infrastruktur terbangun megah bila ekonomi terlebih dahulu terbangun.

Catatan:
Jangan infrastruktur di jadikan pondasi ekonomi, tapi jadikanlah ekonomi sebagai pondasi infrastruktur. Penempatan infrastruktur sebagai pondasi ekonomi belum tepat, adanya infrastruktur bila terbentuknya ekonomi, infrastruktur hanya bagian kebutuhan yang sifatnya tidak mendesak,#ti
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di