alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Zaman Now Harus Tahu Perbedaan Karat dan Kadar Emas agar Tak Tertipu Saat Beli Emas
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c016c20c0d770cd6b8b4568/zaman-now-harus-tahu-perbedaan-karat-dan-kadar-emas-agar-tak-tertipu-saat-beli-emas

Zaman Now Harus Tahu Perbedaan Karat dan Kadar Emas agar Tak Tertipu Saat Beli Emas

Zaman Now Harus Tahu Perbedaan Karat dan Kadar Emas agar Tak Tertipu Saat Beli Emas


Halo agan semua selamat datang, sebelum agan lihat THREAD ini  jangan lupa kunjungi HOT REVIEW dan SUKSES STORIES NYA di bawah ini DULU ya :









Toko emas merupakan tempat paling umum seorang membeli emas, terutama ibu-ibu. Terlebih apabila toko emas terletak di tempat-tempat yang memang sering dikunjungi oleh ibu-ibu seperti pasar atau pusat perbelanjaan (mall). Padahal, ada beberapa perbedaan emas yang dijual di toko emas biasa dengan emas dari Antam.
Apa saja?
Sabaaar, sebelum mengetahui jenis-jenis emas yang dijual, ada faktor penting dalam menentukan nilai emas, yaitu kadar dan karat. Yuk, kita bahas apa itu kadar dan karat serta bagaimana kedua hal tersebut dapat mempengaruhi nilai dari emas.
Kadar Emas:
Ibu-ibu di Indonesia tampaknya kurang begitu peduli dengan hal satu ini. Begitu punya uang langsung kalap dengan membeli emas sebanyak-banyaknya tanpa peduli dengan kadar emas yang dibelinya. Hal ini diamini oleh seorang petinggi di salah satu toko emas ternama.
Tidak peduli kadar emas sebenarnya akan membawa pada banyak kerugian. Paling nyata adalah penipuan kandungan kadar emas di dalam perhiasan. Misalnya emas ditawarkan oleh sebuah toko emas di pinggir pasar dan diakui sebagai emas dengan kadar 75% padahal begitu dilakukan pengukuran kadarnya ternyata kurang dari 75%.
Fenomena ini berbeda dengan yang terjadi pada ibu-ibu di China ketika membeli emas. Di China, para ibu-ibu terbiasa dengan melakukan cek kadar emas meskipun harus membayar. Alasannya sederhana, mereka takut kadar emas yang dibelinya ternyata tidak sesuai dengan kenyataan. Bahkan, pemerintah China sampai membuat dan mengeluarkan aturan yang menyatakan bahwa toko emas yang kedapatan melakukan penipuan kadar emas bisa di bawa ke pengadilan.
Sebenarnya apa arti dari kadar emas:
Asumsikan emas diakui mengandung 75% kadar emas. Itu artinya 75% kandungan logam mulia emas terdapat di dalamnya, sisanya 25% berupa kandungan bahan lainnya, seperti nikel, tembaga, dan lain-lain.
Lalu bagaimana agar ibu-ibu masa kini tidak lagi tertipu dengan kadar emas yang dibelinya? Lakukan uji kadar emas yang biasanya dilayani di toko-toko emas ternama. Mereka memiliki alat khusus untuk mendeteksi kandungan kadar emas. Siapkan pula dana karena layanan ini biasanya tidak gratis.
Karat Emas
Karat artinya pengukuran yang dilakukan untuk menentukan tingkat kemurnian emas. Lalu dari mana kemurnian emas diukur? Pengukuran kemurnian emas didapat berdasarkan persentase emas murni dalam suatu logam.
Fisik emas murni terasa lembek, itulah sebabnya untuk didapatkan emas berbentuk perhiasan diperlukan pengolahan berupa penambahan unsur logam lain, seperti perak atau tembaga sehingga emas benar-benar memiliki durabilitas untuk bisa digunakan sebagai perhiasan sehari-hari.
Karena sifat emas yang lembek itulah, kemurnian emas dapat dinilai. Semakin lunak emas, semakin tinggi kemurnian yang dikandungnya. Inilah bagaimana karat dalam emas didapat. Pertanyaannya kemudian, bagaimana ibu-ibu di Indonesia memahami hal semacam ini?
Sayangnya, di Indonesia masih belum jelas terkait cara penentuan dan patokan dalam menentukan kadar dan karat kandungan emas. Hal ini dikarenakan berbedanya tia-tiap toko emas mengenai karat emas. Contoh sederhananya, toko emas di Jakarta dan toko emas di Jawa mengalami perbedaan penafsiran. Kadar emas 22 karat yang diakui sekitar 80% ketika dites di toko lain sangat mungkin hasilnya hanya emas 22 karat dengan kadar 75%.
Kadar merupakan tingkat keaslian emas atau jumlah kandungan kemurnian emas.
Kadar emas dinyatakan dalam “karat.”

Bagaimana contoh hitungannya:
Kadar 24 karat dinyatakan sebagai emas murni. Ini artinya kadar 23 karat berarti tingkat kemurniannya adalah 23/24 X 100% atau sekitar 95,8%.
Sehingga emas dengan kadar 22 karat dan berat 15 gram maka kandungan emas murninya: 22/24 x 15 = 13.75 gram.
Adakah cara lain untuk mempermudah menentukan karat berdasarkar kadar? Acuannya adalah standar SNI 13-3487-2005 yang menetapkan standar karat sebagai berikut:

Karat Kadar Emas
  • 24 Karat artinya memiliki kandungan emas murni sekitar 99,00% s.d. 99,99%
  • 23 Karat artinya kandungan emas murni 94,80% s.d. 98,89%
  • 22 Karat artinya kandungan emas murni 90,60% s.d. 94,79%
  • 21 Karat artinya kandungan emas murni 86,50% s.d. 90,59%
  • 20 Karat artinya kandungan emas murni 82,30% s.d. 86,49%
  • 19 Karat artinya kandungan emas murni 78,20% s.d. 82,29%
  • 18 Karat artinya kandungan emas murni 75,40% s.d. 78,19%
  • 14 Karat artinya kandungan emas murni 58,3% s.d. 41,7%
  • 10 Karat artinya kandungan emas murni 41,7% s.d. 58,3%


Ibu-ibu tidak ingin ditipu? Jangan ragu untuk untuk menanyakan berapa kadar emas dalam persentase (%) sebab sesungguhnya kandungan kadar emaslah yang dijadikan patokan harga dan nilai emas dalam perhiasan. Pastikan pula membeli emas di tempat jual dan beli emas yang terpercaya


sumber :https://www.tamasia.co.id
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 08
mantab tips nyaemoticon-Cool
trit yang bagus tapi tolong bahasanya dirapihkan lagi emoticon-Hammer (S)


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di