alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rumah di Jakarta 'Dilarang' Pakai Rooftop Panel Surya, Ini Alasannya
4.44 stars - based on 18 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0146d2d9d77079378b4567/rumah-di-jakarta-dilarang-pakai-rooftop-panel-surya-ini-alasannya

Rumah di Jakarta 'Dilarang' Pakai Rooftop Panel Surya, Ini Alasannya

Rumah di Jakarta 'Dilarang' Pakai Rooftop Panel Surya, Ini Alasannya
Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 27 November 2018 19:06 WIB

 Rumah di Jakarta 'Dilarang' Pakai Rooftop Panel Surya, Ini Alasannya

Quote:


Sumber : https://economy.okezone.com/read/2018/11/27/470/1983640/rumah-di-jakarta-dilarang-pakai-rooftop-panel-surya-ini-alasannya

Komen : Jadi kalo di Jakarta ga dibolehin pakai PANEL SURYA kata PLN. Mendingan beli langsung sama PLN ya. Masyarakat ga boleh pro ke energi baru dan terbarukan. Masyarakat ga boleh menghemat listrik di rumahnya dengan pasang panel surya. Miris ane sama Indonesia kalo begini cara pikirnya. emoticon-Embarrassment

Mending PLN ga usah monopoli listrik aja deh klo begini jadinya. emoticon-Embarrassment
Diubah oleh temonoid
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 13
E busyet.. Jadi org jakarta di asumsikan kaya semua gituh? Lagian pasang begituan sampe puluhan juta, emangnya org kismin dari mana yg sanggup..? emoticon-Wakaka
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 08
Parah, kacau PLN, udah monopoli pemaksaan lagi.
ga ngerti dengan pola pikir pln...

emoticon-Nohope
Kementerian ESDM baru saja menandatangani Peraturan Menteri Nomor 49 Tahun 2018 tentang Penggunaan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap oleh Konsumen PT PLN (Persero). Langkah ini juga sekaligus untuk mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan dalam hal elektrifikasi.
lahh.. koq gitu sih? emoticon-Ngakak
bapak menteri ESDM aja pasang koq


Pasang Panel Surya di Atap, Tagihan Listrik Jonan Turun 80 Persen
https://kumparan.com/@kumparanbisnis/pasang-panel-surya-di-atap-tagihan-listrik-jonan-turun-80-persen-27431110790549491
Diubah oleh tukangkredit
Balasan post 54m5u4d183
Quote:


Yang Pro nya Si Kementerian ESDM. emoticon-Embarrassment

Dalam Hal ini Si Jonan. Dia aja masang panel surya di rumahnya kalo ga salah. emoticon-Big Grin

Cari berantem mulu nih Jonan pas jadi Menteri.

Kemarin lawan Li*n Air. Kena gusur. Pindah jadi Menteri ESDM

Sekarang jadi di ESDM. Lawan PLN.

Entah bakal kena gusur juga atau enggak nih. emoticon-Embarrassment

Tapi ane dukung langah Jonan. emoticon-shakehand
yg beli panel kan sendiri, matahari juga gratis dr Tuhan d jakarta panasnya luar biasa. kalo dimanfaatin ya sah2 aja. napa larang2? takut kehilangan pelanggan? salah sendiri kenapa naikin tarif listrik ga pake mikir. langganan kabur malah mencak2.
jadi inget opang ama ojol. ga bisa bersaing malah nyalahin saingan bukannya mikir.
Untuk bisa menikmati listrik full dari panel surya, kita harus menyiapkan ruangan khusus utk baterai/aki dan peralatan inverternya. Maintenancenya pun gak sembarangan.

Tapi utk sekedar mengecas henpon atau senter sih ada panel surya portable. Kami pakai di pedalaman kalimantan. Bahkan warga dayak lokal jg pakai di rumah/kebun yg jauh dr PLN. Semua biaya sendiri.
Quote:


nyindir keras pln yg katanya merugi terus buat alasan naikin tarif.
jd inget telkom yg ngap2an wkt cell phone muncul. emang mesti dikasih saingan gitu biar ga seenaknya terus. apalg kalo panel surya makin terjangkau harganya, alamat pln bubar.
Diubah oleh suralia
Balasan post suralia
Quote:

lagipula, sekarang nih memasang panel surya jadi nilai tambah sendiri bagi pengembang properti.. menjadi daya tarik bagi pembeli rumah
kok jadi kebolak kebalik.. dulu2 di suruh hemat listrik ampe ada prabayar segala.
skrg pasokan melimpah, balik lagi ke jaman purba.
ndablek nya masyarakat disuruh boros listrik lg pake beli ac segala macem emoticon-Hammer
skrg pada mau beralih ke PLTS dilarang2 pula, pake alasan gak masuk akal..

ck ck ck gak ngerti ane.. lagian di daerah kepulauan antara sulawesi & maluku udah mulai ada PLT Surya, beberapa udah jalan n stabil listriknya.
Quote:


Nah tu dia. Harusnya saling mendukung ya gan.
Quote:


Makanya om. Sampe sekarang logikanya ga masuk ke pikiran ane. Gimana indo mau maju kalo gini terus.

emoticon-Embarrassment

Quote:


Tergantung kebutuhan sih kalo menurut ane. Kalo di tempat ane, paling buat lampu saat malem doang. pake panel 50 wp untuk 3 lampu udah cukup. pakenya lampu yg udah DC. aki nya pake yg dry. biar tahan lama. maintenancenya cuma bersih2 doang. Di tempat agan maintenancenya apa aja emang?

Keren gan. Panel surya portable berapa wp di sana?
gak mau rugi nih
monopoli bisnis kah PLN, sampe sampe source nya harus dari PLN.
oiya, PLN kan defisit ya emoticon-Ngakak
gpp.terah yang punya panel dong kok ngatur
Dirut PLN ini agak eror
lu kalo baca berita udh ditarget KPK dia, beberapa kali juga namanya disebut di persidangan PLTU riau

Tapi mungkin soalnya di Jawa itu pembangkit listrik itu surplus sih , mungkin takut nya makin tidak terserap,, dan PLN makin rugi,
emang kalo roadmap pembangkit itu agak kacau, kebanyakan proyek pembangkit yang tidak perlu

setau gue malah kantor ESDM pake solar panel buat lampu penerangan jalan juga kok
Diubah oleh sthepcurry
nih PLN maunya apa ya

apa takut ntar ga laku?

trus nasibnya kayak telpon rumah?
Quote:


ya udah bener itu.
mungkin sekarang harga panel surya masih mahal makanya jd bonus di properti buat narik pembeli drpd bonusan kitchen set.
tp ane yakin kalo peminat banyak pasti harga bakal terjangkau macem harga hp sekarang. makanya dihalang2in mulu pengembangan energi terbarukan. akal2an pln biar tetep monopoli seenak jidat mulu.
Halaman 1 dari 13


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di