alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Manchester United, dari Pembangkang Tuhan sampai Setan Merah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c01439b54c07a28338b4567/manchester-united-dari-pembangkang-tuhan-sampai-setan-merah

Manchester United, dari Pembangkang Tuhan sampai Setan Merah

Halo gan salam Premier League

Logo dan julukan klub memang menarik untuk ditelusuri. Biasanya julukan dan logo itu punya riwayat dan histori. Julukan bagi klub Inggris tergolong unik-unik kan gan. Ada Meriam London sampai julukan Setan Merah bagi Manchester United. 

Nah gan, ada riwayat menarik nih julukan Setan Merah dilabelkan pada Manchester United. Menurut riwayat yang bertebaran gan, julukan ini malah awalnya dari klub rugbi dari Salford, area sekitar satu kilometer dari pusat kota Manchester. Kok bisa sih gan?  

Nah ceritanya nih gan, klub rugbi ini digdaya era 1930-an. Suatu waktu klub rugbi ini mengadakan tur ke Prancis pada 1934.

Manchester United, dari Pembangkang Tuhan sampai Setan Merah 

Permainan klub rugbi ini membuat decak kagum warga Prancis kala itu. Sampai-sampai kekaguman itu keluar jurnalis Prancis yang menyebut klub ini sebagai Les Diables Rouges atau artinya The Red Devils. 

Tiga dekade kemudian, julukan Setan Merah pada klub rugbi itu menarik perhatian dari legenda Manchester United, Sir Matt Busby. Instingnya bermain. 

Kala itu, MU punya julukan yang tak kalah garang gan, yakni The Heathens atau pembangkang ajaran tuhan. Julukan ini memang bertujuan untuk memberi shock therapy sekaligus perang saraf kepada lawan klub MU. 

Manchester United, dari Pembangkang Tuhan sampai Setan Merah

Tapi Sir Matt merasa cocok kalau julukan Setan Merah disandang klubnya. Apalgi kan gan, sama-sama sekota nih satu daerah, tak apalah pikirnya mungkin sih gitu. 

Makanya pada 1970, MU mulai mengambil julukan Setan Merah dan dipatenkan. Julukan baru itu diikuti dengan pembuatan maskot yang menyesuaikan dengan Setan Merah, yakni maskot beruang merah bertanduk. 

Seiring itu, klub juga mulai menjual aksesori 'Setan'. 

Sampai kini Setan Merah dipakai. Dalam sebuah riwayat Setan Merah dipakai supaya lawan keder dan memberikan kesan intimidatif kepada lawan.   
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di