alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Legend Banget! 7 Kuliner Malang Tempo Dulu yang Wajib Kamu Coba
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c011846947868505e8b457f/legend-banget-7-kuliner-malang-tempo-dulu-yang-wajib-kamu-coba

Legend Banget! 7 Kuliner Malang Tempo Dulu yang Wajib Kamu Coba

Legend Banget! 7 Kuliner Malang Tempo Dulu yang Wajib Kamu Coba

Malang memang menjadi salah satu kota yang menyimpan banyak pesona. Bukan hanya ramai dengan tempat wisata modern, di kota apel ini juga terdapat banyak peninggalan zaman dulu berupa gedung berusia ratusan tahun peninggalan Belanda yang kemudian diubah menjadi tempat wisata seperti museum sampai aneka kuliner tempo dulu yang masih eksis hingga saat ini.

Eits jangan salah, meski usianya sama tuanya dengan kakek kita, kuliner jadul di kota Malang ini masih ramai diburu pembeli lho! Salah satu rahasianya bukan hanya pada suasananya yang mengusung konsep tempo dulu tapi juga cita rasa makanannya yang tidak pernah berubah sama sekali. Nah buat kamu yang pengen wisata kuliner di Malang sekaligus nostalgia dengan cita rasa Malang jaman dulu, berikut ini tujuh kuliner jadul di Malang yang wajib kamu coba!


1. Toko es krim Oen
Legend Banget! 7 Kuliner Malang Tempo Dulu yang Wajib Kamu Coba
Enggak perlu sibuk mencari mesin waktu kalau kamu mau mencicipi rasa es krim pada jaman kolonial Belanda dulu, cukup mampir ke toko es krim Oen yang ada di Malang. Toko es krim ini sudah buka sejak tahun 1930. Dulu, toko es krim ini menjadi salah satu tempat favorit orang Belanda untuk hangout bersama teman atau keluarga.

Sekarang pun, toko es krim ini masih populer bukan hanya di kalangan warga Malang tapi juga turis asing. Begitu masuk, kamu akan merasa tertarik ke masa lalu karena suasana toko yang dibiarkan jadul. Mulai dari radio kuno disudut, kursi dan meja, sampai pelayan yang menggunakan busana khas zaman kolonial dulu. Selain es krim, di sini kamu juga bisa menikmati aneka makanan seperti steak, chicken salad, nasi goreng dan aneka dessert berupa cake dan kue tart.

Alamat: Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 5, Kauman, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119


2. Putu Lanang Celaket
Legend Banget! 7 Kuliner Malang Tempo Dulu yang Wajib Kamu Coba
Kue putu menjadi salah satu kue jadul yang masih eksis hingga sekarang. Buktinya kamu akan selalu mudah menemukan kue satu ini di berbagai kota di Indonesia termasuk di kota Malang. Di sini selain penjual kue putu keliling, ada juga kedai atau toko kue kecil yang menjual kue putu namanya Putu Lanang Celaket.

Kedai kue ini sudah buka di tahun 1935 dan menjadi kedai favorit tentara Belanda dan Jepang yang ditugaskan di kota Malang. Sekarang, Putu Lanang Celaket masih jadi kesukaan banyak orang Malang. Enggak tanggung-tanggung, dalam sehari kedai putu Lanang Celaket ini bisa menjual sampai 1.000 kue putu lho!

Alamat: Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 73, Gang Buntu RT.03, Klojen, Samaan, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65112


3. Warung tahu lontong Lonceng
Legend Banget! 7 Kuliner Malang Tempo Dulu yang Wajib Kamu Coba
Seumuran dengan kedai putu Lanang Celaket, warung tahu lontong Lonceng juga ‘lahir’ tahun 1935. Dinamakan warung tahu lontong Lonceng karena dulu lokasi jualan warung ini berada di dekat tugu Lonceng. Ada tiga menu yang bisa kamu cicipi di warung lontong legenda ini yaitu tahu telur nasi, tahu telur lontong, atau tahu lontong biasa.

Meski menunya sederhana, cita rasa tahu lontong ini tidak perlu diragukan lagi karena pemiliknya masih mempertahankan resep yang sama seperti saat pertama kali buka. Harganya? Tenang, tahu lontong di sini enggak akan bikin kantong bolong kok karena untuk satu porsi tahu lontong kamu hanya perlu membayar Rp. 9.000 saja, murah banget kan?

Alamat: Jl. Martadinata, Kotalama, Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur 65118


4. Es tawon Kidul Dalem
Legend Banget! 7 Kuliner Malang Tempo Dulu yang Wajib Kamu Coba
Enggak ada yang bisa mengalahkan enaknya es dicampur kacang hijau, cincau, dawet, mutiara, blewah yang disiram sirup merah dan diminum saat udara panas. Di Malang ada satu warung es legendaris namanya warung es tawon Kidul Dalem. Tenang, es tawon di sini bukan dibuat dari tawon betulan kok!

Disebut es tawon karena dulunya warung ini berjualan di bawah pohon asam yang ada sarang tawonnya. Karena sirup yang digunakan terbuat dari gula asli, lama-kelamaan tawon-tawon yang tadinya ada di sarang jadi sering ‘mampir’ ke warung es ini. Oh ya, warung ini sudah ada dari tahun 1955 lho, gimana legend banget kan?

Alamat: Jl. Zainul Arifin No.15, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119


5. Depot Hok Lay
Legend Banget! 7 Kuliner Malang Tempo Dulu yang Wajib Kamu Coba
Lunpia atau lumpia memang menjadi makanan khas Semarang, tapi kalau kamu berkunjung ke kota Malang kamu juga bakal menemukan kedai lumpia. Enggak tanggung-tangggung, di kota ini ada sebuah kedai lumpia legendaris bernama depot Hok Lay yang berdiri sejak tahun 1946.

Campuran antara potongan rebung dan wortel yang kemudian dibungkus dengan kulit lumpia yang krispi plus saus tauco selalu berhasil bikin pengunjung ketagihan dan balik lagi. Oh ya, selain lumpianya, kamu juga wajib memesan Fosco yaitu minuman susu full cream dan coklat yang konon sudah ada sejak zaman Belanda. 

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan No.10, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65118


6. Ronde Titoni
Legend Banget! 7 Kuliner Malang Tempo Dulu yang Wajib Kamu Coba
Musim hujan memang paling enak kalau ditemenin sama aneka kuliner hangat seperti ronde. Jajanan satu ini memang sudah ada sejak dulu, sayangnya semakin ke sini ronde semakin sulit ditemukan. Meski begitu, di beberapa kota masih ada penjual ronde keliling atau kedai ronde salah satu yang paling tua adalah kedai ronde Titoni yang ada di Malang.

Dulu di tahun 1948, ronde ini sama seperti ronde lainnya yang berjualan keliling dan berhenti di sebuah toko jam bernama Titoni. Baru di tahun 1985, ronde ini akhirnya membuka kedai di daerah Kudusan. Meski tempatnya pindah, tapi rasa ronde Titoni tidak pernah berubah sampai sekarang. Ada dua pilihan ronde yang bisa kamu coba yaitu ronde dengan campuran angsle, roti goreng, cakwe dan disiram dengan kuah jahe atau ronde kering yang dilumuri bubuk kacang dengan kuah terpisah. Enggak perlu bingung mau milih ronde kering atau basah, karena keduanya sama-sama enak!

Alamat: Jalan Zainul Arifin No.17, Sukoharjo, Klojen, Sukoharjo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119


7. Pos Ketan Legenda 1967
Legend Banget! 7 Kuliner Malang Tempo Dulu yang Wajib Kamu Coba
Berkunjung ke Malang enggak akan lengkap rasanya kalau kamu belum main ke alun-alun Kota Batu. Beda dengan alun-alun kota lainnya, di kawasan Batu ada banyak wahana permainan dan aneka jajanan salah satunya adalah Pos Ketan Legenda 1967. Sesuai dengan namanya, di sini kamu bisa menyantap ketan baik itu ketan putih atau hitam. Yang bikin istimewa adalah, ketan di sini diberi tambahan aneka toping dari mulai ayam, keju, coklat, kacang, sampai unti kelapa. Yang perlu kamu lakukan adalah memilih toping mana yang jadi favorit kamu.

Alamat: Jalan Kartini No. 6, Ngaglik, Batu, Sisir, Kec. Batu, Malang, Jawa Timur 65311

Nyammm, jadi lapar yaa lihat foto aneka kuliner ini!


Sumber : https://www.idntimes.com/food/dining...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Legend Banget! 7 Kuliner Malang Tempo Dulu yang Wajib Kamu Coba Uenak Tenan! 8 Rekomendasi Sarapan Favorit di Kota Malang

- Legend Banget! 7 Kuliner Malang Tempo Dulu yang Wajib Kamu Coba Enak Banget, 6 Kuliner Khas Bojonegoro Ini Bisa Bikin Kamu Ketagihan

- Legend Banget! 7 Kuliner Malang Tempo Dulu yang Wajib Kamu Coba 5 Kuliner Khas Jawa Timur yang Unik dan Legendaris, Nagih Banget!

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di