alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Polemik korupsi di Indonesia ibarat kanker stadium 4
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0110bde4ef874d0a8b4568/polemik-korupsi-di-indonesia-ibarat-kanker-stadium-4

Polemik korupsi di Indonesia ibarat kanker stadium 4

Polemik korupsi di Indonesia ibarat kanker stadium 4
Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto memberikan paparan dalam Indonesia Economic Forum 2018 di Jakarta, Rabu (21/11/2018).
Pernyataan yang mengibaratkan korupsi di Indonesia sebagai kanker stadium empat terus menuai polemik. Dalam suasana menjelang pemilu, pernyataan itu pun kian menegaskan perkubuan politik antara kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Prabowo menggambarkan korupsi yang terjadi di Indonesia saat berbicara pada acara The World in 2019 Gala Dinner yang diselenggarakan majalah The Economist di Hotel Grand Hyatt Singapura, Selasa (27/11/2018).

Calon presiden nomor urut 2 itu berjanji, jika terpilih nanti, akan mendorong reformasi bagi pemerintah yang bersih dan tidak korup. Pemerintahan yang bersih dan tidak korup akan menarik bagi dunia usaha.

Tak perlu menunggu waktu lama, pernyataan itu pun "disambar" tim sukses Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Juru bicara timses Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, menyebut Prabowo terlalu naif.

"Terlalu naif, hanya karena ingin mendapatkan kepercayaan dari negara lain, dengan menjelek-jelekan bangsanya sendiri," ujar Ace melalui Detikcom.

Ace mengatakan, tak etis Prabowo menjelek-jelekan bangsa sendiri di hadapan bangsa lain. Forum The World in 2019 Gala Dinner di Singapura dihadiri oleg tokoh dari negara lain. Seharusnya, kata Ace, Prabowo menarik investasi ke Indonesia investor bersedia menanamkan modalnya.

Tak hanya dari sisi etis, kubu Jokowi pun menyoroti soal sikap partai besutan Prabowo, Gerindra. Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto, mengatakan, ada ketidaksesuaian antara pidato Prabowo dengan sikapnya di internal partai.

"Jadi orang melihat beda antara retorika dan sebuah tindakan nyata. Ini yang kami sayangkan. Mencoret caleg eks koruptor saja Pak Prabowo tidak bisa. Kemudian, mengatakan kita stadium 4 dalam korupsi," ujar Hasto melalui Kompas.com.

Hasto mempertanyakan sikap Prabowo yang tidak mencoret caleg eks koruptor dalam Partai Gerindra. Padahal, hal itu bisa dilakukan dengan mudah oleh Prabowo. Berdasarkan keterangan KPU, Partai Gerindra tetap mengusung enam caleg eks koruptor.

Kritik serupa dilontarkan politisi PDI-P, Ahmad Basarah. Maraknya korupsi di Indonesia, kata Basarah, dimulai sejak era Presiden Soeharto. Oleh karena itu ia menyebut Soeharto sebagai guru dari korupsi di Indonesia.

Dengan menyinggung permasalahan korupsi, Prabowo seperti memercik air di dulang terpercik muka sendiri. Menurut Basarah, Prabowo yang merupakan mantan menantu Soeharto, menjadi bagian dari kekuasaan Orde Baru.

Pernyataan Basarah pun berbuntut lagi. Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto akan menempuh jalur hukum atas pernyataan Basarah. Partai Berkarya telah menyatakan dukungannya kepada kubu Prabowo.

Menanggapi berbagai reaksi atas pidato Prabowo, Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria mengatakan tak ada niatan Prabowo menjelekkan negara sendiri karena negara lain sudah mengetahui masifnya korupsi di Indonesia.

Riza mengatakan, negara lain umumnya melakukan survei ke negara tetangga untuk membuat perbandingan. Riza menyebut, dalam pidatonya Prabowo hanya menegaskan masalah yang terjadi di Indonesia dan akan dibenahi Prabowo jika berhasil memenangkan Pemilihan Presiden 2019.

Ihwal caleg koruptor yang tak dicoret Gerindra, Ketua DPP Partai Gerindra Sodik Mudjahid menilai tidak ada persoalan. Pasalnya, orang tersebut sudah menjalankan hukuman dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi.
Polemik korupsi di Indonesia ibarat kanker stadium 4


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...nker-stadium-4

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Polemik korupsi di Indonesia ibarat kanker stadium 4 Hari ini IHSG anjlok, minus 0,84 persen

- Polemik korupsi di Indonesia ibarat kanker stadium 4 Lapas Lambaro Aceh bobol, 113 napi melarikan diri

- Polemik korupsi di Indonesia ibarat kanker stadium 4 G20 di tengah tensi perang dagang dan politik dunia

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di