alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Lapas Lambaro Aceh bobol, 113 napi melarikan diri
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c0106e4642eb670078b456d/lapas-lambaro-aceh-bobol-113-napi-melarikan-diri

Lapas Lambaro Aceh bobol, 113 napi melarikan diri

Lapas Lambaro Aceh bobol, 113 napi melarikan diri
Petugas kepolisian keluar dari Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, Jumat (30/11/2018). Satu hari sebelumnya, lebih dari 100 narapidana dilaporkan melarikan dari penjara tersebut. Beberapa di antaranya berhasil ditangkap kembali.
Salat magrib berjemaah di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Banda Aceh, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Aceh, Kamis (29/11/2018), berakhir ricuh.

Dalam suasana hujan deras, ratusan narapidana (napi) merusak kawat pembatas di ruang kunjungan serta menghancurkan tiga jendela berjeruji besi dengan menggunakan barbel dan benda tumpul lainnya.

Pertahanan berhasil dirubuhkan. Sebanyak 113 dari 726 napi serta tahanan berhasil kabur dengan berlari ke arah persawahan di sekitar lapas yang minim cahaya.

Mengutip Serambinews.com, Kepolisian Sektor Ingin Jaya langsung mengerahkan aparatnya mencari dan membawa kembali para napi yang kabur. Suasana sekitar lapas mencekam, suara tembakan senjata sempat beberapa kali terdengar.

Aparat kepolisian bersenjata lengkap dan dibantu satu peleton Brimob berjaga di setiap sudut jalan.

Sampai artikel diturunkan, baru 25 napi yang berhasil diamankan. Kapolsek Ingin Jaya Iptu Tri Andi Dharma menyebut penangkapan pertama terjadi sekitar pukul 23.00 WIB dan berhasil membawa pulang 20 napi. Lima lainnya menyusul pada Jumat (30/11/2018) dini hari.

“Ke-20 orang ini adalah napi narkoba. Mereka ditangkap dari berbagai lokasi, seperti perumahan, loteng rumah warga, dan bahkan di dalam lumpur sawah,” sebut Iptu Tri.

Belum ada keterangan resmi terkait penyebab kaburnya para napi. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh Agus Toyib kepada BBC Indonesia menduga kaburnya para napi karena dua alasan, pertama spontanitas dan kedua memang sudah direncanakan.

Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Trisno Riyanto juga membantah simpang siur yang menyebut ada kerusuhan di dalam lapas pada malam kejadian.

Siaran pers Ditjen Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Aceh yang dikutip KOMPAS.com menyebut ada 10 petugas yang berjaga pada malam kejadian. Perinciannya, tiga pegawai senior dan tujuh calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Budi, salah satu sipir yang berjaga di parkiran, sempat dipukuli napi yang melarikan diri. Namun kondisinya tidak mengkhawatirkan.

Napi merampas dua unit sepeda motor milik warga yang sedang melintas di depan lapas. Warga pertama adalah Nurlaila, karyawan Permodalan Nasional Madani (PNM) dan satu warga lainnya adalah Mahyuddin, warga Gampong Bayu.

Melalui kesaksian Mahyuddin, pada saat kejadian ada tiga terduga napi yang menjegat motornya. Mahyuddin tak berani melawan karena kondisi saat itu sedang sepi. Lagipula, salah satu terduga napi sempat menarik bajunya hingga robek.

Ketiga pelaku kemudian membawa lari motornya ke arah Gampong Reuloh yang memiliki jalan tembus ke berbagai arah, seperti Bayu dan pasar Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya.

Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utama memerintahkan jajarannya untuk meningkatkan pengamanan di rutan maupun lapas, terutama saat jam rawan.

Selain itu, Sri Puguh juga meminta para petugas memastikan warga binaan berada di dalam kamar yang berada dalam kondisi terkunci.

Puguh juga berharap pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk menambahkan kekuatan pengamanan untuk jajarannya di rutan atau lapas.

Kericuhan bukan baru pertama kali terjadi di Lapas Kelas II A Lambaro. Kericuhan hebat yang menyebabkan bagian depan lapas terbakar terjadi pada awal Januari 2018. Para napi juga membakar satu unit mobil milik aparat kepolisian.

Bukan hanya infrastruktur yang rusak, beberapa dokumen yang disimpan pada salah satu ruang administrasi juga hangus tak bersisa akibat kebakaran.

32 napi diamankan karena dianggap sebagai provokator, namun hanya 11 di antaranya yang ditetapkan sebagai tersangka kerusuhan.
Lapas Lambaro Aceh bobol, 113 napi melarikan diri


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...melarikan-diri

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Lapas Lambaro Aceh bobol, 113 napi melarikan diri G20 di tengah tensi perang dagang dan politik dunia

- Lapas Lambaro Aceh bobol, 113 napi melarikan diri Harga minyak dunia anjlok, harga Pertamax pun patut turun

- Lapas Lambaro Aceh bobol, 113 napi melarikan diri Perda Pariaman ancam denda waria dan LGBT

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di