alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
8 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar Dalam Hubungan Sosialmu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c00f896dcd77039578b4568/8-hal-kecil-yang-berpengaruh-besar-dalam-hubungan-sosialmu

8 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar Dalam Hubungan Sosialmu

8 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar Dalam Hubungan Sosialmu

Kebutuhan hidup kita sangat banyak contohnya dari sandang, pangan, papan, pekerjaan , pendidikan dan lain sebagainya. Dari semua itu, bersosialisasi tidak lepas dari semua kebutuhan tersebut misalnya pendidikan dari sd-sma kita pasti butuh teman untuk bermain bersama bahkan tugas kelompok. Kemudian pekerjaan, sama halnya dengan sekolah kita perlu bantuan sesama manusia karena kita makhluk sosial. Jadi, gimana sih caranya agar hubungan dengan teman tidak terputus dan tetap lanjut sampai tua, bukan hanya sekedar teman sekolah dan teman bekerja???


1. Mengucapkan terima kasih
8 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar Dalam Hubungan Sosialmu
Setelah kita ditolong oleh seseorang alangkah baiknya mengucapkan terimakasih, terkadang kita lupa mengucapkanya padahal kata yang dianggap sepele ini sangat besar lho... orang yang menolong kita merasa dianggap apresiasinya apalagi dia sudah rela menghabiskan waktu dan tenaganya buat kita.


2. Tidak pelit berbagi ilmu
8 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar Dalam Hubungan Sosialmu
Contohnya di sekolah, ada teman yang tidak mengerti suatu pelajaran yang sudah diajarkan guru, tidak ada salahnya kamu menjelaskan ulang agar temanmu paham, berbagi ilmu gak membuatmu bodoh kok melainkan membuatmu lebih pintar karena otakmu mengulangi lagi pelajaran tersebut dan tidak membuat lupa sehingga bisa mengasah otakmu.


3. Mengakui kesalahan
8 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar Dalam Hubungan Sosialmu
Jika kami berbuat salah pada seseorang minta maaflah, minta maaf tidak membuat harga dirimu rendah tapi membuatmu bisa membuang sikap egois dan aroganmu. Apalagi kamu sudah menyakiti perasaannya baik secara mental atau fisik, terlalu lama meminta maaf dari waktunya bisa-bisa membuat hubungan dengan temanmu renggang dan tidak pernah berkomunikasi lagi seperti orang yang tak dikenal.


4. Mendengar dengan sabar
8 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar Dalam Hubungan Sosialmu
Jika kita sedang tugas berkelompok atau diskusi sebaiknya tidak memotong perkataan orang lain. Kalau kamu mau memberikan ide lebih baik tunggu orang tersebut selesai bicara dan dengarkan baru kamu selanjutnya. Memotong pembicaraan membuat orang menilaimu tidak sabaran dan tak punya sikap menghargai, lebih baik mendengar dengan sabar baru bisa menilai.


5. Selalu siap belajar
8 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar Dalam Hubungan Sosialmu
Tidak di rumah, sekolah atau tempat kerja kita tidak habis-habisnya belajar hal yang baru, terkadang mindset kita berfikir itu gak penting atau masih bisa besok-besok untuk dipelajari seolah bersikap bodoh amat. Contohnya ada keponakan baru dirumah kita diminta untuk melihat cara menggantikan popok bayi tersebut tapi kita gak mau padahal suatu hari nanti punya anak kamu sudah tau cara mengganti popok bayi. Contoh lain ditempat kerja bos kita menyuruh presentasi didepan klien karena sekretaris nya sakit kamu harus mau, mana tau kamu bisa naik pangkat jadi sekretaris. Kamu sudah ada 1 keunggulan dari orang lain yaitu tau caranya presentasi yang benar dengan klien tanpa harus diajari lagi.


6. Memberikan kejutan sederhana untuk orang yang kamu kasihi
8 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar Dalam Hubungan Sosialmu
Bukan hanya sekedar sapa dan berkomunikasi lewat medsos aja, coba berikan kejutan sederhana untuk orang yang kamu kasihi baik orang tua, saudara atau sahabat seperti memberikan kejutan ulang tahunnya tidak harus mewah sederhana saja sudah cukup kok yang penting niatnya sudah tulus. Contoh kejutan lainnya pesta baby shower, kenaikan pangkat di perusahaannya, kelahiran bayi, prestasi yang diraihnya dll.


7. Datang tepat waktu
8 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar Dalam Hubungan Sosialmu
Nih kebiasaan banget, di Indonesia kebanyakan jam karet janjian jam 3 eh datang jam 6 minta digantung. Biasakan datang tepat waktu karena nunggu itu gak enak apalagi nunggu gebetan nembak.


8. Ingat nama orang
8 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar Dalam Hubungan Sosialmu
Ini yang lebih penting, saat berkenalan dengan teman baru usahain ingat namanya. Manusia memang pelupa kadang ingat mukanya tapi namanya gak. Pas jumpa di jalan mau nyapa eh lupa namanya kan awkward banget, yang lebih fatal lagi salah sebut namanya dari Tati menjadi Tita, kalau kamu udah salah sebut apalagi lupa, teman barumu berpikir kamu gak niat temanan dengannya dan dia gak mau berteman lebih dekat lagi denganmu.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 8 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar Dalam Hubungan Sosialmu Mengenal Singapore International Foundation & 4 Program Inspiratifnya

- 8 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar Dalam Hubungan Sosialmu [OPINI] Tuti, Agni dan Eksploitasi Manusia Sesama Manusia

- 8 Hal Kecil yang Berpengaruh Besar Dalam Hubungan Sosialmu Penting, Tingkatkan Toleransi Sosialmu Dengan 7 Cara Ini

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di