alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Robot Menari? Lemah Gemulai Atau Kaku Ya?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c00f16fffef872f098b4567/robot-menari-lemah-gemulai-atau-kaku-ya

Robot Menari? Lemah Gemulai Atau Kaku Ya?

Haloo...


Balik lagi di dunia robot niih. Kali ini ane mau bahas tentang salah satu aktifitas manusia yang dilakukan sama robot. Kira-kira apa ya? Ada yang tau gaa? Jawabannya adalah ...................................

MENARI!!!

 

Menurut Agan Sista semua, kira-kira robot bisa menari ga? Soalnya nih kalo ane lihat, menari itu butuh keahlian Gan Sis. Penari harus bisa menggerakkan badannya dengan lemah gemulai, gaada tuh penari yang gerakannya kaku-kaku gituu. Nah, kalau robot? Bukannya gerakan robot itu kaku ya? Terus, gimana ceritanya yaa kalo yang menari itu robot? Kaku dong?

 

Robot Menari? Lemah Gemulai Atau Kaku Ya?

 

Walaupun ga semulus tarian yang dilakukan manusia, tapi tarian yang dilakukan robot tetap bagus kok Agan Sista. Bahkan, di Indonesia sendiri diadakan perlombaan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) looh. Tema tarian yang diangkat akan berbeda setiap tahunnya. Menurut ane ada 3 kunci utama dalam membuat robot menari untuk mengikuti perlombaan ini, yaitu :

 

Gerakan Tarian Yang Sesuai


Robot Menari? Lemah Gemulai Atau Kaku Ya?


Arena perlombaan KRSTI terdiri dari 3 zona, yang setiap zona terdiri dari gerakan wajibnya masing-masing. Tema tarian sudah ditentukan oleh panitia, begitu juga jenis-jenis gerakan yang harus digunakan sudah ditentukan oleh panitia. Jadii, minimal gerakan wajib harus adaa yaa. Namanya juga gerakan wajib! Gerakan-gerakan tariannya harus selaras dengan alunan musik pengiringnya juga yaa.

 


Dapat Mendengar


Robot Menari? Lemah Gemulai Atau Kaku Ya?


Robot harus bisa “mendengar” musik menggunakan transmiter bluetooth. Jadi robot mulai menari ketika lagunya dinyalakan. Pada perlombaan ini juga akan ada saat dimana lagu akan di pause kurang lebih 10-15 detik, naah pada saat itu juga robot harus berhenti menari dan melanjutkannya kembali ketika musik sudah kembali berbunyi.


 

Dandan


Robot Menari? Lemah Gemulai Atau Kaku Ya?


Sama juga nih kayak manusia. Kalo kita mau menari kan harus pake baju sesuai tema tarian dan berdandan juga kaaan? Nah, robot kalau mau menari juga sama Agan Sista. Pakaiannya akan dibuat sesuai dengan tema tariannya, semirip mungkin dengan baju tarian yang dipakai manusia. Jadi kayak versi mininya laah. Robot-robot itu juga akan menggunakan berbagai macam aksesoris, bahkan ada yang sampe dibedakin juga looh. Biar mirip bangett!

 

 

Nah balik lagi nih, kalau ditanya kaku atau enggak sih jawabanya ya tergantung yang bikinnya Gan Sis. Bisa dibikin alus dengan ngandelin penggunaan servo (sendi) sesuai seperti sendi pada manusia. Tapi beneran, ga kalah bagus deh tarian yang dilakukan sama robot. Kalau kalian ga percaya kalau robot bisa nari dengan alus langsung aja nih cek tarian robot beberapa tema berikut ini :

 

Robot Penari Anoman Duta




 


Robot Penari Legong Keraton





 

Robot Penari Bambangan Cakil





 

Robot Penari Topeng Betawi





 

Robot Penari Gending Sriwijaya





 

Robot Penari Remo




Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di