alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bahaya 'Bom Waktu Ekonomi' Jokowi, Harga BBM dan Listrik Harus Naik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c00eb75ddd77070178b4567/bahaya-bom-waktu-ekonomi-jokowi-harga-bbm-dan-listrik-harus-naik

Bahaya 'Bom Waktu Ekonomi' Jokowi, Harga BBM dan Listrik Harus Naik

Bahaya 'Bom Waktu Ekonomi' Jokowi, Harga BBM dan Listrik Harus Naik
Jakarta - Harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi dan penugasan seperti Premium dan solar serta tarif listrik yang terus ditahan oleh pemerintah akan menjadi 'bom waktu' di tahun 2019. Oleh karena itu, siapapun presidennya nanti melakukan penyesuaian.

"Setelah pilpres, siapapun pemenangnya maka harga BBM, listrik, dan iuran BPJS perlu disesuaikan sehingga tidak gerogoti APBN. Subsidi Elpiji juga perlu diubah sistemnya sehingga tidak bocor pada kelompok menengah atas," kata Direktur Program Indef Berly Martawardaya saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (30/11/2018).

Baca juga: Harga Premium dan Listrik Tak Naik Bisa Jadi 'Bom Waktu' Jokowi

Berly menjelaskan, langkah pemerintahan kabinet kerja menahan harga BBM dan listrik membuat keuntungan dua BUMN energi yaitu Pertamina dan PLN semakin tergerus. Apalagi di tengah fluktuasinya harga minyak dunia dan kurs dolar AS yang tidak menentu.


Oleh karena itu, Berly menilai siapapun yang akan menjadi pemimpin Indonesia di tahun depan, maka sudah seharusnya menaikkan harga BBM dan listrik. Serta mengatur penyaluran Elpiji 3 kilogram (kg).

"Pilihan Presiden Jokowi untuk tidak naikkan harga BBM setahun ini tanpa tambah subsidi di APBN menyebabkan beban tinggi pada Pertamina sehingga keuntungannya tergerus," ungkap dia.

Baca juga: Siap-siap! Harga Pertamax Cs Mulai Turun Pekan Depan

SUMVER

Bahaya 'Bom Waktu Ekonomi' Jokowi, Harga BBM dan Listrik Harus Naik
Beli mobil 200juta isinya premiumemoticon-Ultah
Bahaya 'Bom Waktu Ekonomi' Jokowi, Harga BBM dan Listrik Harus Naik
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Biar hanya triton, minumannya minimal harus dexlite emoticon-Cool
biar ngak meleduk dadakan ,solusi harus beralih ke tenaga surya ato rector nuklir untk pasokan listrik emoticon-Belo
jakarta mana ada premium
nah pa prabowo harus nya terus jangan lelah menggoreng isu ginian....klo perlu gak usah pake susruk lah emoticon-Big Grin sekalian pake tangan biar greget dan viral emoticon-Cool
Tgg selesai pemilu lah baru kaboom emoticon-Big Grin

1.Jokowi kepilih lagi.. doe tenang aj naikin harga toh kgk bakal kepilih lagi ke 3 x nya

2. Wowo kepilih.. sibuk mikirin realisasi janji yg kgk mungkin tercapai klo keadaannya kek diatas.

Siapapun presidenya kena emoticon-Leh Uga

Diubah oleh ruuuruuu
Balasan post Broser
Quote:


Bahaya 'Bom Waktu Ekonomi' Jokowi, Harga BBM dan Listrik Harus Naik

masalahnya masyarakat kita ini gan
yang mau enak doang tapi ga mau susahemoticon-Leh Uga
rakyat sudah sejahtera di era jokowi.
kalau bisa bertahan ampe pilihan kagag naek pasti mantul itu
naeknya sesudah pilihan
Balasan post fahm182
Saya sepakat dengan judul artikel diatas, mengingat fakta harga minyak turun maka sudah sewajarnya pemerintah tidak melanjutkan kebijakan populis mempertahankan harga bbm menjelang pilpres.
Listrik juga berbandinglurus kok dengan harga minyak karena beberapa puluh persen sumber listrik kan masih dari BBM.

Maka dalam hal ini, saya kursng suka dengan keputusan pemerintah sesuai dengan judul diatas.
Masih sering liat Inova isi premium...
Bahkan sekelas LCGC yang musti RON92 aja masih dipaksa nenggak premium

emoticon-Cape d...
Quote:


sebetulnya diisi premium atau bbm dengan angka octane yang lebih tinggi tidak tergantung harga mobilnya atau cc-nya atau merek mobilnya..tapi tergantung compression ratio dalam silinder, jika compression ratio di bawah 1:9.0 mending pakai premium, tapi kalau sudah diatas 1:10.0 ya harus pakai octane yang lebih tinggi lagi..ada kendaraan dengan compression ratio di bawah 1:8.0 diisi pertamax katanya biar bagus biar bersih mesinnya, ya nggak cocok, malah buang-buang uang justru mesin akan kekurangan tenaga dan pembakaran tidak sempurna sehingga terjadi kerak..jadi sesuaikan saja bahan bakar dengan petunjuk yang ada pada buku manual
Diubah oleh sam86
Daripada harga bbm dan listrik naik lagi, mending si krempeng saja yg turun
Quote:


santai gan, di presentasi penghasil listrik.
Energi terbarukan yaitu peningkatan penggunaan melalui PLTMHD(micro hidro), PLTU, kincir angin serta sel surya akan ditambah presentasenya dari total penghasil listrik negara, saya pernah dengar diskusinya di acara Metro tv yaitu Ekonomy Chalengge kalau tidak salah.

walau naiknya gak signifikan, namun tetao diusahakan.
Sel surya walau harganya mahal untuj saat ini karena biaya riset, namun kedepannua lambat laun akan ada penurunan biaya produksi karena mulai massal.
Diubah oleh floriantito
Balasan post ruuuruuu
ane sih lebih masalahin listrik
Kalo bbm oke lah, ada alternatif namanya transportasi umum

Cuma kalo listrik udah kebutuhan sehari hari, orang bilang tinggal hemat lagi
Mesti sehemat apa cuy, kenaikan bbm dikasih alternatif kalo listrik enggak
Balasan post sam86
Quote:


anu maksud saya ga etis aja gitu
bisa beli mobil yang harganya 200jt tapi ngisi bbm subsidi

Naik 1jt perbulan juga gpp,toh pajak gue sehari 8jt emoticon-Cool #Nastak
jadi kudu gercep nih tim gegana emoticon-Om Telolet Om!
Balasan post fahm182
Quote:


emoticon-shakehand
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di