alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Meraba Bisnis Anak-Mantu Presiden Jokowi
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c00e910ddd77081618b4567/meraba-bisnis-anak-mantu-presiden-jokowi

Meraba Bisnis Anak-Mantu Presiden Jokowi


Sudah tak asing lagi bahwa anak-anak bahkan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki kegemaran di dunia wirausaha yang juga menjadi salah satu sumber pundi-pundi pendapatan mereka.


Dikutip dari berbagai sumber, setidaknya ada 13 usaha yang digeluti baik dibidang kuliner, fashion hingga aplikasi oleh anak-anak dan menantu Presiden ke-7 RI ini.
Mulai dari Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep, dan menantunya Bobby Nasution ternyata sudah memiliki berbagai usaha baik rintisan sendiri, kerja sama hingga hasil kolaborasi ketiganya.

Putra sulung Jokowi, yakni Gibran Rakabuming Raka mulai dikenal publik sebagai pebisnis yang memiliki gurita usaha di mana-mana. Pria yang akrab disapa Gibran ini merintis usaha pertamanya pada tahun 2010 lalu di Solo adalah katering Chili Pari.

"Saya melihat kesempatan pasarnya ada. Pernikahan orang kan pasti, event pernikahan ada terus. Apalagi saya punya gedung pernikahan sendiri. Jadi satu paket. Pasarnya jelas, pembelinya jelas ada," ujar Gibran saat wawancara eksklusif dengan Kompas.com, di Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/8/2017).

Meraba Bisnis Anak-Mantu Presiden Jokowi

Bobby Nasution (kiri), menantu Presiden RI Joko Widodo, serta kedua anak Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, saat grand opening Kedai Rakyat di Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu (26/5/2018).Tribun Medan/M Andimaz Kahfi



Hingga saat ini, Chili Pari tidak hanya terbatas pada katering saja, tetapi juga wedding organizer hingga pengadaan suvenir, undangan, dan foto pre-wedding.



Selain Chili Pari, Gibran pun melebarkan sayapnya mendirikan Martabak Kotta Barat (Markobar) yang saat ini memiliki 37 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Outlet terakhir diresmikannya awal minggu ini di wilayah Medan, Sumatera Utara.



Gurita usaha kuliner Gibran masih berlanjut, ia pun merambah olahan ceker ayam dengan nama Cakar Dheer dan Pasta Buntel. Ada pula bisnis kerja sama dengan rekannya Dhimas Aji Kurniawan yakni Mommilk dan yang terbaru diresmikannya Juli 2018 lalu adalah minuman Goola.



Kemudian, putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep atau kerap disapa Kaesang juga mengekor kakaknya. Kaesang menjajal usaha clothing ketika menginjak bangku sekolah menengah atas. Sayangnya, ia gagal dua kali saat itu karena kurang mengetahui secara teknis mengenai bisnis clothing tersebut. Dari sana, Kaesang mengaku selalu berkonsultasi dengan kedua orang tuanya ketika akan memulai sebuah bisnis.


Usaha rintisan Kaesang yang cukup menyita perhatian publik adalah kaos Sang Javas di tahun 2017. Selain itu, ada pula bisnis kuliner Sang Pisang yang diresmikannya dipenghujung tahun yang sama. Saat ini, outlet Sang Pisang sudah membuka puluhan outlet di seluruh Indonesia.


Ketika bertandang ke Pangkal Pinang bulan Juli 2018, Kaesang mengaku alasannya untuk memilih kuliner olahan pisang.



“Durian kan mahal, tergantung musim. Kalau Pisang harganya murah dan tersedia sepanjang tahun. Apalagi di Bangka saya lihat pisangnya banyak,” kata Kaesang seusai pembukaan outlet Sang Pisang Pankal Pinang, Sabtu (7/7/2018).



Selain usaha baju dan kuliner, bisnis board game pun ikut digelutinya bersama sang kakak yakni Gibran dan rekan mereka Erwin J. Skripsiadi lewat Hompipa! Games. Kemudian, hasil kolaborasi kakak-beradik Kaesang dan Gibran juga menciptakan jas hujan dengan merek Tugas Negara Bos! dan mengembangkan aplikasi jual beli makanan bernama Madhang Indonesia.



Bisnis Kedai Kopi

Rupanya tak hanya Gibran dan Kaesang yang gemar mendirikan usaha sendiri. Menantu laki-laki Presiden Jokowi, yang merupakan suami dari Kahiyang Ayu yaitu Bobby Nasution pun ternyata tak mau kalah. Pria yang kerap disapa Bobby ini sudah berbisnis kedai kopi sejak 2013 lalu yang diberi nama Veteran Coffee. Diakuinya pada bulan April 2018, pihaknya tengah fokus untuk mengembangkan bisnisnya tersebut.


"Kami lagi fokus mengembangkan kafe kopi ini, dengan mengedepankan varietas kopi lokal Sumatera," kata Bobby di acara Makerfest 2018 di Kota Medan, Sabtu (7/4/2018).


Setelah Veteran Coffee, Bobby pun kembali mendirikan usaha yang masih berkutat dibidang kuliner khusunya kafe kopi bertajuk Kopi Jolo pada tahun 2014. Bulan September 2018 kemarin, Kopi Jolo membuka cabangnya di Palembang, Sumatera Selatan.



Puncaknya, yang sempat jadi bahan perbincangan bulan Mei 2018 ialah pembukaan Kedai Rakyat yang diusung Bobby, Gibran dan Kaesang di Medan, Sumatera Utara. Di kedai ini, para pembeli bisa menikmati menu andalan dari Markobar milik Gibran, Sang Pisang milik Kaesang, dan Kopi Jolo milik Bobby sekaligus.


"Kedai Rakyat adalah outlet kolaborasi pertama kami. Dibuka perdana di Medan. Bisnis kuliner di sini sangat ketat. Banyak brand-brand sudah duluan ada. Tapi kami optimistis bisa bersaing," kata Gibran saat pembukaan Kedai Rayat di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (26/5/2018).





Penulis: Putri Syifa Nurfadilah
Editor: Bambang Priyo Jatmiko
Copyright Kompas.com

https://www.msn.com/id-id/ekonomi/bisnis/meraba-bisnis-anak-mantu-presiden-jokowi/ar-BBQgWRe?ocid=spartanntp
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
bagus dong

asli gw salut , ... mereka mampu menghindar dari iming2 duniawi yg disodorkan oleh orang2 atau kelompok yg ingin memanfaatkan mereka
emoticon-shakehand
hmmmm....
bisa jd inspirasi buat yg pengen buka usaha
monggo
Semoga sukses
princess untuk 5 tahun lg emoticon-Coblos
mending anak mantunya nyaleg...lebih joss emoticon-Shutup
kreatip inovasi dan tau tuntutan apa yg di mau masyarakat, bukan mau nya nuntut doang sambil teriak2 klo ente gak mau berubah ente bakalan jd org miskin permanen yg hidupnya penuh dendam dan dengki serta iri hati emoticon-Traveller
Gibran martabak, Tomi martembak emoticon-Malu
beda ya sama anak mantan presiden sebelumnya..
Bagus dan semoga sukses bisnis nya,Mas....emoticon-2 Jempol
Beda dgn sebelah yg mengandalkan nama besar bapaknya dan terjun ke politik emoticon-Cool
Mas Didit juga jualan baju tuh
Gibran mantab nih, ga kyk yang satunya bacot mulu
Harusnya jadi politisi, ngikut orangtuanya ngurusin Partai Keluarga..
Hal inilah yang identik dengan Pak Jokowi, kesederhanaan.
Dan tak ayal media senang meliputnya dan dijadikan bahan pembanding dengan anak presiden atau tokoh lainnya.
Makanya jokowi dipandang seringnya pencitraan oleh lawan, padahal ini karena media sendiri yang suka dan nyaman melakukan peliputan soal ini.
Mumpung lagi di atas ..bisa masuk berita gratis...ya sikay aja ...siapa cepat di dapat. Gue kalo keluaraga gue lagi di atas jiga begitu kwkw
Pencitraan tai !!

Ngapain keluarga presiden bisnisnya ecek-ecek gitu. Pura-pura bisnis yang membumi. emoticon-Busa

Modal ada, networking ada, masih aja sok-sokan pura-pura kaga mau. Buapakmu iku presiden loh.
Mbok ya, nyaleg, main proyek, bikin perusahaan tambang, atau bikin yayasan dan minta negara subsidi yayasan itu.
bagus lah usaha dia sendiri ini
gimana pun juga nama jokowi pasti ada efeknya biarpun anak anaknya ga menggunakan kewenangan bapaknya

mantappppp

yg penting ga korupsi aja


emoticon-I Love Indonesia emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2
Alay2 flashmob gua liat rela antri beli martabak markobel
jualan nama kodok biar omset naik, ngakunya sih ga mendompleng jabatan ortu emoticon-Najis (S)
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di