alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / ... / Kendaraan Roda 2 /
Rem Kurang Pakem Saat Hujan? Ternyata bukan Air Penyebabnya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c00e896162ec2d62e8b4567/rem-kurang-pakem-saat-hujan-ternyata-bukan-air-penyebabnya

Rem Kurang Pakem Saat Hujan? Ternyata bukan Air Penyebabnya

Ada Faktor Lain yang Menyebabkan Kinerja Rem Berkurang


Rem Kurang Pakem Saat Hujan? Ternyata bukan Air Penyebabnya


Agan mungkin pernah mengalami kinerja rem bermasalah ketika kondisi hujan? Biasanya terjadi bagi mereka yang menggunakan motor dengan jenis rem cakram.


Banyak anggapan kondisi seperti ini disebabkan oleh air yang menyelinap diantara cakram dan kampas rem. Ternyata dugaan itu tidak sepenuhnya benar.


Menurut mekanik bengkel resmi AHASS langganan Ane, kinerja rem yang dirasa berkurang saat hujan bukan karena air. Pengaruh lebih kepada unsur kotoran yang ada di jalanan saat hujan.


Air, lanjutnya, tidak terlalu berpengaruh pada rem cakram. Kotoran yang ada di jalanan seperti genangan, bisa bercampur dengan pasir dan minyak. Ini yang dapat mempengaruhi kerja rem.


Rem Kurang Pakem Saat Hujan? Ternyata bukan Air Penyebabnya



Kotoran-kotoran itu menempel dan membuat permukaan cakram tidak sepenuhnya menempel pada kampas rem. Akibatnya pengereman tidak sempurna dan kotoran dapat menggesek cakram.


Dia menyarankan untuk langsung mencuci tunggangan usai melibas genangan atau mandi air hujan di jalan. Selain untuk kebersihan, ini juga untuk merawat bagian motor yang riskan fungsinya berkurang akibat kotoran.


Biasanya kalau habis dicuci, motor terasa enteng dan performa pengereman terasa pakem. Ini karena air yang digunakan mencuci melunturkan kotoran-kotoran yang menempel di cakram.


Selain itu mencuci sepeda motor juga menjaga kemungkinan motor terkena karat membandel. Perawatan motor saat hujan ini cukup sederhana, hanya membutuhkan niat kita aje Gan.emoticon-Cendol Gan
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di