alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
PMP sedang ditinjau untuk kembali masuk kurikulum
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c00d9dfdac13ee23b8b4571/pmp-sedang-ditinjau-untuk-kembali-masuk-kurikulum

PMP sedang ditinjau untuk kembali masuk kurikulum

PMP sedang ditinjau untuk kembali masuk kurikulum
Ilustrasi kegiatan belajar mengajar
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) baru saja menginformasikan bahwa saat ini mereka tengah mengkaji kemungkinan penerapan kembali pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) di bangku sekolah.

PMP sendiri adalah mata pelajaran wajib yang diajarkan di jenjang SD, SMP, SMA, Sekolah pendidikan Guru (SPG), dan Sekolah Kejuruan, mulai dari 1975 hingga 1984. Mata pelajaran itu dihadirkan untuk menggantikan Pendidikan Kewarganegaraan yang diajarkan sejak 1968.

Kembalinya PMP dalam kurikulum sekolah dimaksudkan untuk menekan munculnya paham radikalisme dan berbagai ideologi lain yang bertentangan dengan norma Pancasila sebagai dasar negara.

Menurut rencana, mata pelajaran ini akan diterapkan pada 2019, dimulai dari jenjang pra-Sekolah Dasar.

"Penerapan mata pelajaran PMP sedang dikaji. Kami masih carikan solusi jangan sampai menambah pelajaran," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (30/11/2018).

Proses pengkajian pun dilakukan dengan bekerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya adalah Pusat Pengkajian Pancasila Universitas Negeri Malang, di Kota Malang, Jawa Timur.

Pengkajian ini juga dilakukan karena permintaan dari berbagai pihak. Misalnya seperti Institut Demokrasi Republikan telah sepakat dengan rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menghidupkan kembali mata pelajaran PMP. Namun, mereka memberikan sejumlah catatan kepada Kemendikbud.

Contohnya saja penegasan tujuan terkini diterapkannya kembali pelajaran yang hidup pada masa Orde Baru tersebut, yakni untuk penguatan Pancasila melalui dunia pendidikan.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla meminta Kemendikbud agar tidak gegabah untuk langsung memasukkan PMP. Menurutnya, pengamalan Pancasila bukan hanya lewat pelajaran yang didapat dari sekolah melainkan juga membutuhkan peran guru dan orang tua.

Kemendikbud juga diminta untuk meninjau kembali beberapa hal dari PMP, mulai dari konten kepancasilaan dan konsep moralitas dalam Pancasila.

Sebab, di masa Orde Baru, moralitas Pancasila diartikan sebagai kebaikan perilaku warga negara yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yang harus patuh kepada negara atau mengintegrasikan diri ke dalam kebijakan serta desain pembangunan.

Pihak Kemendikbud juga harus merumuskan ulang pengertian moralitas Pancasila dari "integrasi warga negara ke dalam kepentingan nerara" dengan "penumbuhan kesadaran tentang etika publik".

Apalagi definisi moralitas Pancasila dalam PMP juga dianggap membatasi moralitas individual, hingga negara mengatur pola perilaku individu.

Untuk itu, jika jadi diterapkan ke dalam kurikulum, moralitas Pancasila harus bersifat publik. Pelajar harus dididik untuk menjadi pribadi yang memahami kebajikan publik (public virtue) dan memiliki kesadaran untuk mengamalkannya dalam kehidupan bersosial.

Direktur Eksekutif ID Republikan, Syaiful Arif mengatakan, nantinya pelajaran tersebut harus diturunkan dari rumusan Wawasan Pancasila. Sebab sejak pascareformasi, pedoman Pancasila seperti itu belum dirumuskan kembali oleh pemerintah.

Ia juga meminta Kemendikbud lebih teliti untuk memperhatikan kelemahan pelajaran itu agar tidak mengulangi kekurangan pada era sebelumnya.

Direktur Jenderal Guru dan Teknologi Kependidikan Kemendikbud, Supriano, berpendapat serupa.

Menurutnya, pelajaran Pancasila zaman now harus dibuat lebih menyenangkan. Sebab, siswa tidak hanya sekadar mengejar nilai akademis tapi juga pendidikan karakter.

"Jika muatan kurikulum sudah cukup, tinggal bagaimana mengubah cara guru dalam menyampaikan proses pembelajaran Pancasila, untuk zaman sekarang," kata Supriano, seperti dikutip CNNIndonesia.com, Rabu (28/11).

Saat ini Kemendikbud juga tengah menggarap model pembelajaran yang lebih sesuai dengan era terkini, misalnya dengan menjelaskan butir-butir Pancasila menggunakan media video, dan sebagainya.
PMP sedang ditinjau untuk kembali masuk kurikulum


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...asuk-kurikulum

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- PMP sedang ditinjau untuk kembali masuk kurikulum Deutsche Bank kena getah Panama Papers

- PMP sedang ditinjau untuk kembali masuk kurikulum Bogor melarang tas keresek, Jakarta dan Bandung menyusul

- PMP sedang ditinjau untuk kembali masuk kurikulum Terbongkarnya penjualan cula badak ilegal

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di